Tips Menjaga Rambut Tetap Sehat Meski Sering Dicatok

Siapa sih yang tak mau punya rambut lurus dan indah?

Setiap perempuan pasti ingin terlihat cantik, salah satunya dengan memiliki rambut lurus yang indah. Rambut yang lurus tentu akan menjadi ‘mahkota’ yang indah dan cantik. Namun, terkadang rambutmu sulit diatur dan tidak sesuai dengan keinginan.

Maka tidak heran jika ada perlakuan khusus yang juga dilakukan untuk rambut salah satunya dengan alat pelurus rambut atau yang lebih sering dikenal dengan alat catok. Hanya dengan alat catok ini, kamu bisa memiliki bentuk rambut yang kamu inginkan dengan cara yang instan. Tapi, seringkali rambut malah menjadi kering dan pecah-pecah. Bahkan  lambat laun rambutpun terlihat rusak dan tidak seindah yang diharapkan.

Lalu bagaimana cara mencatok rambut agar tetap sehat? Berikut ini 6 cara benar saat mencatok rambut:

Jangan Mencatok Rambut dalam Kondisi Basah

Sebelum mencatok rambut, kamu harus terlebih dahulu mencuci rambut dan pastikan rambutmu bersih dari debu dan kotoran lainnya. Namun ingat, jangan mencatok rambutmu dalam keadaan yang masih basah. Biarkan terlebih dahulu rambut yang selesai dikeramas kering terlebih dahulu. Baru setelah itu kamu bisa mencatoknya. Mencatok dalam keadaan basah akan menimbulkan aroma seperti terbakar dan merusak rambutmu.

Gunakan Krim untuk Menutrisi Rambut

Gunakan krim khusus untuk menutrisi rambut, lalu keringkan dengan hair dryer lalu rambut siap untuk dicatok. Penggunaan krim sebelum mencatok rambut sangat dianjurkan karena dengan menggunakan krim tersebut maka hasil yang diberikan akan lebih bertahan lama dan terlihat cantik mempesona.

Perhatikan Suhu Alat Catok

Penggunaan alat catok yang terlalu panas kurang baik bagi kesehataan rambut, karena rambut akan terlihat kusam dan patah akibat suhu yang terlalu panas. Jadi perhatikan suhu alat catokmu yah ladies!

Cukup Sekali Saja

Mulailah mencatok rambut hanya dengan sekali tarikan, maksudnya adalah usahakan untuk mencatok dari pangkal hingga ujung rambut dalam satu tarikan saja. Mengulang proses pencatokan pada rambut ditempat yang sama dapat merusak kutikula rambut.

Bagi Rambut Menjadi 4-6 Bagian

Sebelum mencatok, bagi rambut menjadi 4-6 bagian dengan penjepit rambut. Mencatok rambut dengan sedikit demi sedikit akan memberikan hasil yang lebih maksimal dari pada mencatok rambut dalam jumlah yang banyak sekaligus. Cara ini akan memberikan hasil yang maksima saat mencatok.

Gunakan Sisir Khusus

Saat mencatok sebaiknya kamu menggunakan sisir dengan ujung yang runcing. Sisir ini berguna untuk mengambil bagian rambut sedikit demi sedikit. Sehingga rambut kamu akan tercatok secara merata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Masalah Rambut Sekarang