Solusi Tepat untuk Perawatan Jenis Rambut Kombinasi

Kondisi rambut setiap orang berbeda-beda satu sama lain. Perawatan setiap jenis rambut pun tidak bisa disamakan satu sama lainnya. Jenis rambut memang berbeda-beda, ada yang normal, kering, berminyak, bahkan kombinasi. Tapi, bagaimana cara mengetahui jenis rambut kita?

  • Cuci rambutmu dengan sampo.
  • Ambil tisu dan lakukan tekanan pada bagian tengah, belakang dan samping kepala.
  • Jika terdapat minyak pada tisu, itu artinya rambutmu termasuk jenis rambut berminyak, tetapi jika sebaliknya tentunya jenis rambutmu adalah jenis rambut kering.

Ada juga teori yang menjelaskan bahwa pada umumnya jenis rambut dapat dilihat dari faktor berikut:

  • Orang kulit putih umumya memiliki jenis rambut normal.
  • Orang kulit hitam memiliki jenis rambut keriting atau ikal.
  • Namun Jika kamu mempunyai kulit kepala yang berminyak tetapi pada ujung rambut kering dan mudah patah maka tergolong jenis rambut kombinasi.

Teori di atas bukan untuk menjadi acuan ya, hanya sekedar pendapat yang di lihat secara garis besar saja. Kemudian, bagaimana cara melakukan perawatan untuk jenis rambut kombinasi?

Perawatan yang Bisa Kamu Lakukan untuk Jenis Rambut Kombinasi

  • Gunakan sampo untuk jenis rambut normal. Kenapa demikian? Karena jika kamu menggunakan sampo untuk jenis rambut berminyak maka akan membuat rambutmu yang memiliki jenis rambut kombinasi semakin kering. Oleskan sampo pada bagian kulit kepala saja, kemudian pijat dengan ringan. Biarkan busa jatuh dengan sendirinya ke helaian rambut agar tidak over clean dan membuat rambut semakin kering. Hindari penggunaan air panas saat membasuh rambut.
  • Gunakan pelembab rambut (conditioner) di bagian tengah hingga ujung rambut. Jangan gunakan pada kulit kepala karena akan membuat semakin berminyak. Gunakan deep conditioning treatment seperti masker untuk rambut atau bisa juga dengan menggunakan minyak zaitun setiap seminggu sekali untuk menjaga kesehatan rambut dan balut dengan handuk hangat selama 1 jam sebelum mencucinya.
  • Potong ujung-ujung rambut setidaknya 2 bulan sekali untuk menghilangkan ujung rambut yang bercabang.

Bagaimana? Mudah bukan cara perawatannya? Melalui cara ini kamu bisa melakukan perawatan di rumah saja tanpa harus ke salon dan yang pasti tidak mengeluarkan banyak biaya, jadi tetap hemat dan rambutmu pasti tetap indah. Tergantung pilihan kamu juga jika kamu tidak ingin repot melakukan langkah di atas, tidak ada salahnya kalau kamu langsung melakukan perawatan rambut ke salon yang memiliki berbagai pilihan perawatan rambut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Masalah Rambut Sekarang