Simak 3 Jenis Tipe Rambut dan Bagaimana Memperlakukannya dengan Tepat

Kamu sebagai wanita, pasti seringkali ribet dengan penampilan rambut kamu. Bagaimana tidak, rambut bisa membuat penampilan menjadi tampak lebih sempurna. Sebaliknya, jika rambut lepek, penampilan rasanya langsung menjadi tidak sempurna dan kamu pun merasa kurang percaya diri. Jika kamu selama ini tidak peduli dengan tipe rambutmu, kamu harus mulai peduli ladies. 

Setiap tipe rambut perlu diperlakukan dengan berbeda karena memiliki tingkat keminyakan tersendiri. Selain itu, kamu juga perlu menyesuaikan sampo dan conditioner untuk setiap tipe rambutmu agar rambut kamu bisa tampak semakin indah. Berikut adalah tipe-tipe rambut yang perlu kamu ketahui.

Tipe 1: Rambut Lurus

Rambut lurus adalah tipe rambut yang umum di Indonesia. Rambut ini dikenal karena tipe rambut yang membosankan namun mudah untuk dibentuk. Pemilik rambut lurus ini seringkali mudah merasa rambut mereka berminyak dengan mudah.

Tipe Rambut 1a

Tipe rambut lurus 1a

Tipe rambut ini sangat lurus sehingga baby hair pun tidak begitu tampak. Komplain dari rambut ini yaitu rambut yang berminyak dan nampak tipis. Jika kamu memiliki jenis rambut ini, jangan menggunakan conditioner yang begitu kental karena akan membuat rambut menjadi tampak lebih lembap dan jatuh sehingga tampak lebih tipis. Sebaiknya kamu sering melakukan blow dry agar rambut kamu bisa tampak mengembang dan tebal.

Tipe Rambut 1b

Tipe rambut lurus

Jenis rambut ini memiliki curly dibagian ujungnya. Namun, bukan jenis keriting dari akar rambut ya, melainkan hanya pada bagian ujungnya saja. Untuk memberikan tekstur dan volume pada rambut, kamu bisa menggunakan tekstur spray dan membuatnya lebih mengembang.

Tipe Rambut 1C

Rambut lurus

Tipe rambut ini sedikit bergelombang pada bagian rambutnya. Rambut ini biasanya sangat tebal sehingga mudah kusut. Meskipun begitu, jenis rambut ini mudah untuk dibuat curly dan bisa tahan lama. Nah, agar rambutmu tidak kusut dan sering-seringlah blow dry rambut kamu.

Tipe 2: Rambut Bergelombang

Tipe rambut bergelombang ini memiliki komposisi yang pas antara gelombang dan lurus, sehingga rambut tidak terkesan membosankan begitu saja. Sayangnya, jika rambut tidak dirawat dengan tepat gelombang ini bisa membuat rambut tampak berantakan dan baby hair keluar-keluar.

Tipe Rambut 2a

Tipe rambut keriting

Tipe rambut ini biasa disebut dengan bed head. Untuk kamu yang memiliki tipe rambut ini, kamu tidak perlu repot-repot untuk membuat curly rambut kamu sebelum beraktivitas, kamu jenis rambut curly ini sudah kamu dapatkan dengan sendirinya.

Tipe Rambut 2B

Rambut bergelomban

Tipe rambut ini biasa disebut dengan beach hair. Bagi kamu yang memiliki tipe rambut ini, perlu bersyukur karena kamu selain tidak perlu repot untuk membuat rambutmu terlihat bergaya, tipe rambut ini juga tidak mudah kusut walaupun masuk ke dalam kategori rambut yang bergelombang.

Tipe Rambut 2C

Wavy Hair

Tipe rambut ini lebih bergelombang dibandingkan kedua tipe sebelumnya. Gelombang yang dihasilkan lebih berantakan sehingga masih bisa untuk diatur. Jika kamu memiliki rambut ini, snagat penting untuk selalu melembapkannya agar rambut kamu tidak tampak seperti rambut singa. Selalu berikan conditioner pada rambutmu setidaknya seminggu sekali ya.

Tipe Rambut 3: Keriting

Jika kamu memiliki jenis rambut keriting, pasti kamu seringkali merasa kesal karena sulit untuk diatur. Namun, jangan buru-buru mencatok rambut kamu karena akan membuat rambut kamu menjadi rusak. Sebaiknya biarkan rambut keriting kamu dan percaya dirilah.

Tipe rambut 3a

Rambut keriting

Keriting jenis ini memiliki diameter paling besar dibandingkan dengan rambut keriting lainnya dan memiliki gambungan dengan rambut yang bergelombang. Untuk mendapatkan gelombang yang maksimal, kamu bisa menggunakan kuncir rambut scrunch. Sebaliknya, jika kamu ingin membuat rambut kamu lebih mudah untuk diatur, gunakan produk perawatan rambut pada rambut yag basah, kemudian gunakan kaos atau handuk microfiber untuk membuat keriting rambut kamu lebih teratur. Tekstur ini akan membuatnya lebih mudah untuk diluruskan dan tidak mudah rusak ketika dipanaskan.

Tipe Rambut 3B

Rambut keriting

Rambut keriting jenis ini lebih turun ke pundak dibandingkan ke atas rambut. Selalu gunakan conditioner agar rambut keriting kamu dapat lebih bouncy. Sebaiknya styling rambut kamu ketika sedang basah baru kemudian biarkan mengering.

Tipe Rambut 3C

Rambut keriting

Keriting jenis ini adalah keriting tertebal dan paling rawan untuk kusut. Untuk menghindarinya dari rambut yang menjadi keluar-keluar dan mengembang, selalu gunakan condiioner dan rajin-rajinlah untuk memotongnya agar rambut kamu tetap bersinar dan lembap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Masalah Rambut Sekarang