Rambutmu Rusak Akibat Terkena Sinar Matahari? Ini dia Cara Merawatnya

Rambutmu Rusak Akibat Terkena Sinar Matahari? Ini dia Cara Merawatnya

Di Indonesia yang mempunyai cuaca terik, seringkali rambut menjadi pelindung kita. Namun, tanpa disadari, rambutpun lama kelamaan menjadi kusam, kering dan rusak akibat panas matahari. Yuk simak beberapa tips berikut untuk mengembalikan rambut menjadi sehat, ladies!

Lembapkan Menggunakan Masker Rambut

Seperti kulit, rambut yang kering dikarenakan kurangnya kelembapan pada rambut. Rambut tentunya tidak bisa memperbaiki dirinya sendiri jika kerusakan sudah terlalu parah. Untuk itu, kita harus membantunya dengan rajin menggunakan masker rambut. Pilih masker rambut yang mempunyai fungsi melembapkan atau menghidrasi. Gunakan masker rambut setiap minggu setelah keramas.

Tambahan Warna

Untuk kamu yang mempunyai rambut pirang (setelah dibleaching) atau merah, lama kelamaan warna akan menjadi brassy (ke-oranye-an) yang membuatnya terlihat kusam terlebih jika kamu banyak dibawah sinar matahari, untuk menghindari hal ini, kamu dapat menggunakan treatmen gloss atau glaze di salon. Selain lebih murah dibandingkan servis mengecat, treatmen ini juga dapat mengembalikan warna rambut seperti sebelumnya (setelah di cat) dan menambahkan kilau di rambut.

Minimalkan Rambut Mekar

Rambut yang mekar dan terlihat kering dan rusak memang selalu membuat kita menjadi bete. Salah satu penyebabnya adalah sinar matahari, untuk meminimalkan rambut mekar, gunakan produk styling untuk meluruskan rambut walaupun kamu tidak meluruskan rambut menggunakan catokan. Selain itu, pilih produk styling yang mengandung SPF agar rambut terlindungi dari sinar matahari.

Gunakan Sampo Untuk Berenang

Memang sampo ini agak sulit ditemukan, namun jika kamu berhasil menemukannya, ada baiknya untuk mencoba sampo ini. Sampo yang dibuat khusus untuk orang yang suka berenang ini dapat membantu menghilangkan klorin yang sangat baik untuk membantu rambut yang sangat kering.

Jangan Sisir Paksa Rambut Kusut

Rambut yang kering memang menjadi mudah kusut. Untuk mengurangi problem rambut, jangan menyisir rambut yang kusut secara paksa dengan maksud membuat menjadi tidak kusut lagi, karena ini akan membuat rambut menjadi rontok. Untuk itu, gunakan produk yang dapat membantu mengurangi kusut sebelum menyisir. Kemudian sisirlah rambut menggunakan sisir yang bergigi lebar dan sisir rambut dimulai dari bawah menuju ke atas.

Keramas Dengan Air Dingin

Air dingin disini bukanlah air es namun air yang bersuhu ruangan karena dengan keramas menggunakan air dingin dapat membuat rambut terlihat lebih sehat dan berkilau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *