Rambut Rontok Setelah Keramas: Perawatan dan Tipsnya

Tidak hanya wanita yang mengalami rambut rontok setelah keramas, biasanya pria ikut mengalami masalah rambut rontok setelah keramas. Seringkali masalah rambut rontok setelah menganggu aktivitas keramas anda dan membuat rambut menjadi lebih kusut dan sakit saat anda menyisir setelahnya. Supaya anda tidak mengalami rambut rontok setelah keramas, yuk mari disimak beberapa informasi seputar rambut rontok setelah keramas, perawatan dan tipsnya berikut ini.

1. Sisir Rambut Sebelum Keramas

Kebiasaan menyisir rambut setelah keramas adalah hal yang lumrah. Namun pada beberapa orang menyisir rambut setelah keramas terkadang terasa menyiksa karena sering mengalami sakit karena rambut kusut setelah keramas. Akibatnya rambut rontok setelah keramas mungkin saja terjadi.

Penyebab rambut rontok setelah keramas selain faktor rambut kusut sebenarnya rambut dalam kondisi basah akan terasa lebih berat ketika disisir. Oleh karena itu anda bisa mencegahnya dengan cara menyisir rambut sebelum keramas. Saat rambut anda belum dikeramas tentunya rambut akan kering sehingga ketika disisir rambut tidak akan berat dan kusut sehingga rambut rontok setelah keramas bisa berkurang.

2. Pakai Vitamin Rambut Setelah Keramas

Rambut rontok setelah keramas bisa terjadi karena rambut kurang nutrisi. Langkah perawatan yang bisa anda lakukan dengan cara memberikan vitamin rambut setelah keramas. Pemberian vitamin rambut dapat membantu melembabkan rambut anda sehingga membuat rambut lebih halus dan mudah diatur.

Hal-hal yang perlu anda perhatikan ketika memakai vitamin rambut adalah anda perlu mengetahui khasiat vitamin tersebut supaya penggunaan vitamin tepat sasaran karena sesuai dengan kebutuhan rambut anda. Selain itu anda jangan memakai vitamin rambut terlalu banyak supaya rambut anda tidak berminyak setelahnya. Jadi seperlunya saja ketika anda memakai vitamin rambut.

3. Jangan Terlalu Sering mengikat Rambut

Ketika anda ingin keramas pastikan rambut anda tidak terlalu sering diikat sebelumnya. Hal ini mempengaruhi kondisi rambut anda loh sebenarnya. Rambut yang sering diikat akan menyebabkan rasa gatal maupun nyeri pada bagian kulit kepala.

Jika anda sering mengikat rambut, tentunya dapat dipastikan bagian rambut yang sering diikat adalah bagian rambut yang sering mengalami kerontokkan. Tipsnya supaya anda rambut rontok setelah keramas tidak ada karena terlalu sering mengikat rambut adalah mengikat rambut tidak terlalu keras dan menggunakan bahan ikat rambut yang halus dan lembut supaya tidak merusak rambut anda.

4. Hindari Stress

Kebiasaan mengikat rambut memang bisa menjadi penyebab rambut rontok setelah keramas. Namun dari semua kebiasaan tersebut, ada satu gaya hidup yang tidak bisa terlepas dari manusia yaitu streess. Stress bisa menyebabkan sesorang mengalami rambut rontok. Apabila anda mengalami hal stress biasanya ketika anda keramas rambut rontok bisa terjadi. Untuk mencegah anda terhindar dari stress anda bisa mencoba mendengar pergi ke tempat yang belum pernah anda kunjungi, olahraga, musik, menulis, jalan-jalan dan menonton film.

Dari semua tips yang terpenting adalah anda harus bisa merubah pola pikir anda untuk tidak terlalu memikirkan masalah anda berlarut-larut. Kalau anda masih bingung bagaimana menghilangkan stress sebaiknya anda bisa menentukan mana masalah yang dianggap memang benar-benar penting atau tidak. Dengan anda menghindari stress tentunya, anda bisa membantu mengurangi masalah rambut rontok setelah keramas.

5. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Konsumsi makanan sehat dan bergizi bisa menjadi salah satu cara anda untuk mencegah rambut rontok setelah keramas. Memang cara ini tidak bisa langsung anda rasakan, tetapi akan anda rasakan jika anda mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi secara rutin. Berikut ini makanan sehat dan bergizi yang membantu anda untuk terhindar dari masalah rambut rontok setelah keramas yaitu ikan salmon, oat, kacang-kacangan, bayam, labu, jambu biji dan susu.

Makanan sehat dan bergizi memang banyak macamnya tetapi apa hubungannya dengan kondisi rambut anda ?. Kemudian bagimana caranya makanan sehat dan bergizi bisa membantu rambut rontoh setelah keramas ?. Pertanyaan-pertanyaan ini seringkali ditanyakan, jawabannya cukup mudah. Faktor kandungan seperti karbohidrat, protein, zat besi, vitamin a, vitamin c dan magnesium dapat bekerja membantu pertumbuhan rambut, menjaga kulit kepala, elastisitas rambut. Tentunya hal ini dapat dikaitkan bahwa mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi sangat berhubungan erat dalam mencegah rambut rontok setelah keramas.

6. Masker Rambut Setiap Seminggu Sekali

Tidak hanya dari makanan sehat dan bergizi saja kondisi rambut bisa nampak lebih sehat. Anda pun harus menambahkan nutrisi dengan melakukan perawatan pada bagian luar rambut seperti menggunakan masker rambut. Penggunaan masker rambut bisa anda gunakan setiap seminggu sekali. Hal ini karena khasiat masket rambut dapat membantu mengembalikan kondisi rambut anda. Banyak beberapa masker rambut yang bisa anda coba menggunakan beberapa bahan alami seperti madu, gingseng, telur, alpukat dan strawberry.

7. Keramas Menggunakan Kondisioner Terlebih Dahulu

Apabila anda lupa untuk menyisir rambut sebelum keramas, anda bisa keramas terlebh dahulu menggunakan kondisioner. Fungsi kondisioner untuk rambut sendiri untuk membantu melembabkan rambut supaya mudah diatur dan tidak kusut. Selain itu kondisioner dengan kandungan bahan-bahan tertentu bisa membantu menutrisi rambut anda yang rusak. Oleh karena itu tips memilih kondisioner sesuai jenis rambut perlu anda ketahui supaya manfaat kondisioner sesuai dengan jenis rambut anda.

Wah mudah sekali bukan tips dari kami mengenai rambut rontok setelah keramas, perawatan dan tipsnya. Semoga setelah ini rambut rontok setelah keramas tidak anda alami kembali. Salam rambut sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *