Mencabut Uban Akan Membuatnya Tambah Banyak, Fakta Atau Mitos?

Rambut-rambut putih mulai bermunculan? Cepat atau lambat, semua orang pasti akan ubanan. Meskipun begitu, kehadiran uban seringkali dirasa mengganggu penampilan. Saat kamu hendak mencabutnya, mungkin akan ada yang bilang padamu untuk tidak mencabut uban tersebut. Sebab, konon katanya, apabila dicabut, uban akan tumbuh semakin banyak.

Apakah hal ini memang benar adanya? ternyata hal ini hanyalah mitos! Seorang ahli mengatakan bahwa mencabut satu atau dua helai uban tak akan memengaruhi pertumbuhan uban lainnya. Sah-sah saja jika kamu ingin mencabut uban. Namun, hal yang perlu kamu ketahui adalah mencabut rambut, baik uban ataupun bukan, dapat membuat folikel rambut rusak pada jangka waktu yang lama. Akibatnya, pertumbuhan rambut justru akan tergganggu. Maka dari itu, jangan buru-buru mencabut semua uban yang ada pada rambutmu ya, ladies!

Selain permasalahan ‘mencabut uban’ ini, ternyata ada berbagai macam hal mengenai uban yang masih rancu mitos atau faktanya.

Fakta dan Mitos Mengenai Uban Rambut

Berikut ini adalah beberapa hal mengenai uban rambut yang perlu kamu ketahui kebenarananya:

1. Stres Memicu Munculnya Uban

Stres

Mungkin kamu banyak diberi saran oleh orang-orang di sekitarmu agar tidak terlalu banyak pikiran dan stres, sebab ini akan membuat rambut cepat beruban. Nyatanya, hal ini hanyalah mitos belaka! Stres tidak langsung membuat rambut beruban dengan cepat. Faktanya, stres memang dapat menyebabkan kerontokan rambut, dan saat tumbuh kembali, pigmen rambut tidak sepekat sebelumnya. Lama kelamaan, rambut akan berubah warnanya menjadi putih. Stres secara tidak langsung memang memiliki kontribusi pada munculnya uban, tetapi bukanlah penyebab utamanya.

2. Munculnya Uban Dipengaruhi Hormon

Hal yang memicu munculnya uban bukanlah hormon, tetapi gen. Maka dari itu, pernyataan ini sudah jelas merupakan mitos. Apabila uban muncul di usiamu yang masih muda, bisa jadi hal ini merupakan faktor keturunan. Ada kemungkinan orangtuamu mengalami hal yang serupa.

3. Sering Mewarnai Rambut Akan Memicu Munculnya Uban

Mewarnai rambut

Pernyataan yang satu ini adalah mitos. Faktanya, mengecat rambut tidak memengaruhi cepat lambatnya pertumbuhan uban. Walaupun beberapa cat rambut dapat membuat rambut jadi kering dan rusak, tetap saja tidak akan mendorong pertumbuhan uban.

4. Merokok Mempercepat Munculnya Uban

Merokok

Nah, yang satu ini adalah fakta, ladies! Kebiasaan merokok memang memiliki berbagai dampak buruk pada kesehatan dan kecantikan. Salah satunya adalah cepatnya muncul uban, termasuk bagi perokok yang berusia muda. Merokok dapat engganggu melanosit, yaitu sel yang memroduksi melanin, penentu pigmen warna hitamnya rambut. Tidak hanya rokok saja, kurangnya asupan vitamin C juga dapat memengeruhi produksi melanin, lho!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Masalah Rambut Sekarang