Masih Muda Tapi Sudah Beruban? Ini Dia Penyebab Rambut Beruban

Menurut penjelasan para ahli, uban muncul karena proses tumbuhnya rambut tidak berasal dari sel- sel yang memproduksi warna. Timbulnya uban sebenarnya adalah hal yang normal karena usia juga semakin mempengaruhi kemampuan kita untuk mensintesis melanin dengan jumlah yang cukup (yang memberikan warna dasar pada rambut). Ketika menurunnya produksi melanin, maka uban pun bermunculan. Namun, jika uban muncul di usia yang masih muda, hal tersebut mungkin berkaitan dengan kebiasaan- kebiasaan buruk yang kamu lakukan. Yuk simak penyebab rambut beruban.

Faktor Genetis

Keluarga beruban

Kecenderungan beruban terlalu dini ternyata juga diturunkan. Jika orang tuamu beruban di umur yang masih muda, maka kemungkinan besar kamu juga akan mengalami hal yang sama. Coba tanya orang tuamu apakah salah satu dari mereka memiliki uban diusia muda.

Kekurangan Nutrisi

Rambut kita membutuhkan nutrisi yang memadai agar tumbuh sehat. Vitamin B12, mineral, tembaga dan zinc membantu metabolisme dan bertanggung jawab untuk memberikan warna alami pada rambut. Jika kekurangan nutrisi-nutrisi tersebut, warna rambutmu bisa berubah. Selain itu, kekurangan vitamin E dan C juga dapat menyebabkan rambut beruban.

Merokok

Jangan merokok

Kebiasaan tak sehat ini akan menghasilkan radikal bebas di dalam tubuh, selain itu juga menyebabkan stres oksidatif yang akan menurunkan kemampuan pigmentasi melanin. Hasilnya, rambut jadi beruban.

Pola Makan Tak Sehat

Makanan junk food

Makanan olahan dan junk food dapat menyebabkan penumpukan Advanced Glycation Endproducts (AGE) dan stres oksidatif yang akan memici penuaan dini pada rambut, yaitu berupa uban dan kerontokan. Jika kamu lebih sering mengkonsumsi makanan instan daripada makanan yang kaya akan vitamin, maka kamu akan kehilangan rambut hitam dan berkilaumu terlalu dini.

Nah itu dia ladies penyebab rambut beruban. Kamu bisa mengatasinya dengan menghindari penyebab tersebut. Selain itu, kamu juga bisa merawat rambutmu dengan bahan- bahan alami agar ubanmu semakin berkurang. Misalnya saja dengan black walnut yang akan meningkatkan produksi serta menjaga kelangsungan rambut hitammu atau daun kari yang sangat efektif untuk memperbaiki produksi melanin. Selain itu, makanan laut yang kaya akan yodium, tembaga dan zinc juga sangat bagus untuk mencegah rambut beruban. Kalau kamu ingin resep yang mudah dan ampuh untuk mengatasi rambut beruban, coba saja yang satu ini. Siapkan 1 cangkir jus wortel, 1 cangkir minyak wijen, dan ½ cangkir fenugreek (klabet) bubuk. Campur semua bahan, masukkan ke dalam botol, dan simpan di tempat yang terkena sinar matahari selama 21 hari. Gunakan ramuan ini selama 3 bulan pada rambut berubanmu dan kamu akan melihat ubanmu semakin berkurang. Rambut pun tampak indah kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Masalah Rambut Sekarang