Kenali 13 Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda Sebelum Terlambat

Kenali 13 Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda Sebelum Terlambat

Munculnya uban pada rambut terjadi karena proses alami. Ketika usia semakin bertambah, kemampuan tubuh untuk mensintesis jumlah pigmen melanin semakin menurun. Alhasil, rambut akan berwarna abu-abu atau pemutihan rambut. Terjadinya rambut beruban di usia muda biasa disebut dengan uban prematur dan memerlukan perhatian medis. Penyebabnya dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya adalah karena gaya hidup, kekurangan vitamin, ketidakseimbangan hormon dan menopause dini. Yuk, simak penyebab rambut beruban di usia muda!

Kekurangan vitamin B12

Minum vitamin b12

Vitamin B12, seng dan tembaga berperan memberi makan untuk rambut. Oleh karenanya, selalu sertakan makanan yang kaya vitamin B12 dalam menu makananmu ya, ladies.

Diet yang Salah

Melakukan diet yang salah

Diet yang salah menyebabkan tubuh tidak mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang tepat, maka fungsi tubuh tidak berjalan dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk rambut beruban.

Penggunaan Hair Dryer dan Catok Rambut secara berlebihan

Menggunakan catokan

Terlalu sering menggunakan hair dryer atau catok rambut dapat membuat batang rambut menjadi lemah. Panas yang dihasilkan oleh alat tersebut dapat mempengaruhi produksi melanin di rambut dan menyebabkan beruban prematur.

Vitamin C dan E

Vitamin C dan E

Jika tubuh mengalami kekurangan vitamin C dan E, maka rambut akan mengalami perubahan warna menjadi abu-abu. Kekurangan dua vitamin tersebut menyebabkan rambut kekurangan jumlah sel-sel yang bertugas menghasilkan melanin sehingga menyebabkan rambut beruban.

Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji

Sering mengkonsumsi makanan junk food atau makanan olahan dapat mempercepat penuaan rambut karena kandungan pada makanan tersebut dapat menghambat proses produksi melanin yang menyebabkan rambut beruban di usia muda.

Pewarnaan Rambut

Mewarnai rambut

Melakukan pewarnaan rambut terlalu sering dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada rambut, termasuk dengan timbulnya uban di usia muda. Bahan kimia yang terdapat pada pewarna rambut dapat merusak sel-sel melanin.

Ketidakseimbangan Hormon

Perubahan hormon sangat berperan untuk menentukan kondisi kulit dan rambut. Setiap perubahan hormonal yang signifikan dalam tubuh dapat menyebabkan tumbuhnya uban prematur.

Stres

Stress

Selain berdampak buruk bagi kesehatan, stres juga menjadi salah satu penyebab rambut rontok dan beruban prematur. Segala bentuk guncangan batin, seperti syok, sedih dan gelisah dapat mengurangi jumlah sel-sel melanin.

Menopause dini

Wanita yang mengalami menopause dini beresiko beruban prematur dan mungkin memerlukan penanganan medis.

Kekurangan Asam Folat

Kekurangan asam folat tidak hanya memperlambat pertumbuhan rambut, namun juga bisa menyebabkan rambut berubah warna menjadi abu-abu atau memutih.

Merokok

Merokok

Merokok menghasilkan radikal bebas dalam tubuh perokok. Radikal bebas tersebut nantinya akan menurunkan tingkat melanin. Merokok merupakan salah satu faktor penyebab utama munculnya uban di usia dini.

Genetik

Genetik

Faktor genetik adalah salah satu penyebab terjadi uban di usia muda. Jika orang tuamu mengalami kelainan ini, kemungkinan besar akan diturunkan kepadamu.

Penyakit Tiroid

Penyakit tiroid

Tiroid yang kurang atau terlalu aktif dapat mempengaruhi produksi melanin di rambut dan menghasilkan uban prematur. Jadi, pastikan untuk memeriksa kadar tiroid dalam tubuh, jika tiba-tiba muncul uban.

Selalu menjaga asupan nutrisi harian tubuh dan menjalani pola hidup yang sehat adalah sangat penting. Bukan hanya mencegah terjadinya uban di usia muda, tetapi dengan demikian kesehatan tubuh juga akan lebih terjaga. So ladies, mulailah lakukan pola hidup lebih sehat dari sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *