Ini Tanda-Tanda Kamu Menggunakan Hair Conditioner Yang Salah

Apakah baik mencuci sweater rajut dengan cara yang sama seperti ketika kamu mencuci kaos oblong? Bisa. Tapi pasti sweater mahal kamu akan lebih cepat rusak. Hal yang sama berlaku apabila kamu memperlakukan rambut kering dengan cara yang sama seperti kamu memperlakukan rambut berminyak. Ini berarti memilih produk yang tepat untuk rambutmu, termasuk produk hair conditioner, sangatlah penting adanya.

Yuk, kita belajar bersama, tanda-tanda sebuah hair conditioner tidak cocok dengan rambut kita:

#1 Conditioner yang Kamu Pakai Tidak Sesuai dengan Rekomendasi Stylist Langgananmu

Stylist kamu, terutama yang sudah jadi langganan, adalah penasihat rambut yang bisa kamu percaya. Seharusnya, ya. Tapi di salon Indonesia, yang banyak terjadi adalah, stylist-nya cenderung menggunakan nasihatnya untuk mempromosikan produk salonnya sendiri atau untuk mempermahal tagihan salon kita. Karena itu, banyak dari kita jadi skeptis dengan stylist salon lokal.

Saran saya adalah, kamu bisa terlebih dahulu mencari stylist yang bisa kamu percaya dan menjadikannya langgananmu. Setelah itu, kamu bisa bertanya-tanya ala kadarnya kepada stylist itu mengenai keadaan rambutmu dan produk apa yang baik kamu pakai. Ikutilah sarannya, agar kamu bisa memberikan perawatan yang sempurna untuk rambutmu.

#2 Kamu Tidak Menggunakan Produk untuk Rambut Berwarna padahal Rambutmu Diwarnai

Rambut yang diwarnai memang cenderung lebih rentan dan kadang, kalau tidak menggunakan produk untuk rambut yang diwarnai, warna pada rambutmu bisa cepat pudar atau rusak. Carilah produk berlabel “color-safe” atau “color-care” untuk diaplikasikan pada rambut kamu. Produk dengan label seperti itu seharusnya mengandung bahan yang bisa menjaga aplikasi warna di rambut kamu lebih tahan lama dan menjaga kualitas warnanya.

#3 Kamu Menggunakan Conditioner untuk Rambut Kering pada Rambut Berminyak atau Sebaliknya

Ketika kamu menggunakan conditioner ada dua fungsi utama yang pasti kamu dapatkan. Rambutmu akan terlihat mengembang, atau malah akan terlihat tipis.

Kalau rambut kamu tebal, jangan gunakan conditioner untuk menebalkan rambut. Rambut kamu bisa jadi mengembang tidak terkendali. Kalau kamu berambut tipis, jangan gunakan conditioner untuk menghaluskan rambut. Rambut kamu bisa tipis dan terlihat lepek.

#4 Kamu Membeli Conditioner  dengan Ngasal! Asal Mahal! Asal Merek Terkenal!

Sekalipun kamu tidak mau membeli conditioner dengan harga yang murah (dengan ketakutan akan barang murahan berkualitas kurang baik), kamu juga tidak perlu kan membeli conditioner hanya karena harganya Rp 400.000,-.

Harga bukan segalanya. Memang ada harga, ada barang. Tapi prinsip ini bukan prinsip fungsi tapi prinsip kualitas. Sementara yang rambut kamu butuhkan adalah fungsi yang tepat, bukan sekedar harga dan kualitas yang belum tentu mendukung untuk rambutmu.

Karena itulah ladies, tidak hanya conditioner  saja. Perhatikan juga produk-produk lain yang kamu gunakan. Pastikan kamu memprioritaskan fungsi, kualitas dan harga secara bersamaan. Kalau ada dua produk yang sama, yang satu Rp 100,000,- dan yang kedua Rp 450.000,- tetapi fungsi dan kualitas keduanya sama-sama memadai, kamu boleh ambil yang pertama. Tidak masalah. Kecuali setelah digunakan ada ketidakcocokan dengan rambutmu. Ini permasalahan yang berbeda lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Masalah Rambut Sekarang