Hati-Hati Kesalahan Ini Sering Dilakukan Wanita Ketika Mengeringkan Rambut

Butuh waktu lebih lama untuk mengeringkan rambut secara alami, akan tetapi efeknya akan jauh lebih bagus bagi keindahan rambutmu, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Akan tetapi, bukan berarti juga rambutmu terbebas dari ancaman karena banyak juga kesalahan yang seringkali terjadi ketika mengeringkan rambut secara alami. Seperti halnya 5 kesalahan ini, yuk simak selengkapnya!

Terlalu Agresif Menggunakan Handuk

Menggunakan handuk

Menggosok rambut dengan handuk sepertinya memang cara yang lebih cepat untuk mengeringkan rambut yang basah. Namun, sebenarnya kamu justru bisa merusak rambutmu. Gerakan kasar handuk bisa menimbulkan gesekan dan membuat rambut patah serta rapuh. Inilah salah satu alasan kenapa rambutmu mudah patah. Untuk mengeringkan rambut menggunakan handuk, jangan menggosoknya. Tekan-tekan rambut basah menggunakan handuk, sehingga airnya pun akan terperas sedikit demi sedikit tanpa merusak rambutmu.

Tidur dengan Rambut Basah

Tidur

Terlalu capek dan ngantuk menunggu rambutmu kering? Sebaiknya kamu menunggu keesokan harinya saja untuk keramas, karena tidur dengan rambut basah juga riskan sekali menimbulkan kerusakan pada rambut. Rambut basah yang terhimpit di antara sarung bantal dan kepalamu sepertinya juga bukan pilihan yang nyaman untuk tidur. Apalagi gerakan-gerakan yang kamu lakukan selama tidur juga tanpa kamu sadari akan menjadikan rambutmu kusut, rontok, dan pecah-pecah begitu bangun tidur.

Mengabaikan Akar Rambut

Akar rambut

Kebanyakan wanita memperhatikan kondisi ujung rambut mereka, namun melupakan hal yang tak kalah pentingnya, yaitu akar rambut mereka. Selain merawat akar rambut, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk menambahkan volume rambut dengan menambahkan produk rambut ketika masih basah. Kibaskan rambut ke atas dan ke bawah. Setelah itu, sisir acak rambut menggunakan jari mulai dari akarnya. Lanjutkan dengan membuat kepangan mulai dari bagian bawah kepala ke atas. Buatlah bermacam-macam ukuran kepangan dengan berbagai macam arah, dan keringkan. Rambutmu pun akan lebih bertekstur.

Tidak Menggunakan atau Terlalu Banyak Menggunakan Produk Rambut

Menggunakan produk rambut

Satu lagi kesalahan yang sering dibuat ketika mengeringkan rambut secara alami adalah tidak menggunakan produk apapun untuk semakin mempercantik bentuk rambut. Kalau rambutmu ikal dan seringkali susah diatur ketika kering, pakai saja produk rambut yang akan membuat rambut ikalmu lebih rapi dan mudah diatur dan ketika sudah kering, sisirlah dengan sikat rambut agar bisa digerakkan dengan alami. Sebaliknya, kalau kamu terlalu banyak memakai produk, baik itu yang berbentuk gel, krim, atau mousse, hal itu akan membuat rambutmu terlihat berminyak. Lebih disarankan juga kalau kamu memilih produk yang memang sesuai dengan jenis rambutmu, baik itu rambut berminyak, kering, lurus, bergelombang, atau tebal.

Mengeringkan dengan Belahan Rambut

Belahan rambut

Ketika mengeringkan rambut yang lebih panjang, jangan sampai kamu mengeringkannya dengan belahan rambut yang biasa kamu miliki. Alasannya, rambut panjang yang basah lebih berat, sehingga akan menarik bagian akarnya lebih kuat dan membuat bagian belahan tersebut flat atau rata. Untuk semakin membentuk rambut panjangmu, gunakan volumizing spray atau produk sejenis lainnya, dan pijatkan pada bagian akar. Setelah itu, buatlah belahan di bagian berlawanan. Begitu kering, kembalikan belahan rambut ke belahan aslinya. Rambutmu pun akan terlihat semakin indah alami.

Nah, itu dia kesalahan yang sering dilakukan oleh wanita dalam mengeringkan rambut secara alami. Apakah kamu sering melakukan salah satu dari kesalahan ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Masalah Rambut Sekarang