Cara Mewarnai Rambut Sendiri Seperti Penata Rambut Profesional

Apapun bisa kamu lakukan sendiri jika kamu tahu caranya, termasuk mewarnai rambut. Kamu bisa mendapatkan hasil yang sama seperti di salon profesional hanya dengan beberapa langkah saja. Hal yang paling penting agar hasil pewarnaan rambutmu maksimal adalah kamu harus mengikuti petunjuk pemakaian yang ada dalam kemasam produk pewarna rambut yang kamu pilih.

Cara Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah

Lebih lengkapnya, yuk simak langkah-langkahnya berikut ini:

1. Pilih Warna yang Tepat

Warna yang tepat untuk rambut

Kalau kamu ingin menutupi uban, pilihlah warna yang lebih terang atau gelap. Jika kamu ingin terlihat lebih hangat, pilih nuansa golden, chesnut, atau bronze. Untuk kesan “cool”, gunakan nuansa icy, ashy, smoky, atau pearl. Kalau ragu-ragu, pilih saja natural. Sedangkan untuk formulanya, mousse adalah yang paling mudah dipakai (berbusa), dan gel lebih tahan lama. Sementara itu formula krim sangat cocok untuk rambut beruban, kering, atau rapuh.

2. Persiapkan Bahan dan Perlengkapan

Siapkan handuk berwarna gelap, timer, sisir bergigi jarang, beberapa jepit rambut, mangkuk plastik atau kaca, pewarna rambut, dan sarung tangan. Sebelum memulainya, dianjurkan pula untuk menggunakan kondisioner atau lip balm di garis rambut depan untuk mencegah pewarna rambut mengenai kulit dan menyebabkannya kering.

3. Bagi Rambut

Pertama-tama, sisir rambutmu. Kemudian menggunakan sisir bergigi jarang, bagi rambut untuk memudahkanmu mengaplikasikan pewarna rambut. Bagi rambut menjadi dua; kanan dan kiri. Setelah itu, pada tiap bagian, bagi lagi menjadi 2, yaitu bagian depan (mulai dari belakang telinga ke depan) dan bagian belakang. Sehingga, kamu akan mendapatkan 4 bagian.

4. Mulailah dari Akar Rambut

Aplikasikan pewarna rambut mulai dari akar rambut, kemudian perlahan pindah ke bawah dengan jarak setengah inci. Untuk bagian belakang, taruhlah cermin di belakangmu atau mintalah bantuan seseorang untuk memeganginya. Selain itu, selalu ikuti petunjuk pemakaian produk yang dipakai.

5. Sisir

Menyisir rambut saat mewarnai rambut

Setelah pewarna diaplikasikan pada seluruh bagian rambut, sisirlah rambut menggunakan sisir bergigi jarang mulai dari akar ke ujung rambut. Dengan begitu, warna baru rambutmu akan membaur dengan warna lama sehingga tampak lebih natural. Untuk menentukan berapa lama kamu harus mendiamkan pewarna rambut setelah mengaplikasikannya, ikuti petunjuk pemakaian!

6. Bilas dan Pakai Kondisioner

Membilas dan pakai kondisioner

Begitu waktu yang ditentukan selesai, bilaslah rambutmu hingga bersih, kemudian pakai kondisioner. Bilas, dan handuki dengan perlahan. Gunakan handuk berwarna gelap  kalau-kalau masih ada sisa pewarna yang tertinggal di rambut. Setelah itu blow rambutmu untuk melihat hasil pewarnaan rambutmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Masalah Rambut Sekarang