Cara Menipiskan Rambut

Menggunakan Gunting Penipis Rambut

Beli sepasang gunting besar khusus untuk menipiskan rambut. Alat ini sering digunakan oleh penata rambut di salon. Gunting penipis rambut terlihat seperti gunting dengan sisi yang tebal dan bergigi. Alat ini dirancang untuk memotong kira-kira 15% rambut, menghasilkan rambut yang masih mempertahankan bentuk dan gayanya tetapi telah berkurang volume dan kepadatannya. Gunting penipis rambut tersedia di toko suplai peralatan kecantikan dan bagian rawatan rambut di department store.

Mulailah dengan rambut yang kering dan bersih. Jika rambut Anda dipangkas dengan gunting biasa, umumnya dimulai dengan rambut yang basah supaya lebih mudah menghasilkan gaya yang diinginkan. Namun dengan gunting penipis rambut, lebih baik memulainya dengan rambut kering sehingga Anda dapat melihat berapa banyak rambut yang sudah dipotong. Hal ini untuk mencegah penipisan rambut yang berlebihan.

  • Cuci rambut Anda dengan sampo dan keringkan sebagaimana biasanya. Jika Anda biasa mengeringkannya dengan udara, lakukan; jika Anda biasa menggunakan pengering rambut, tidak masalah, tata rambut seperti biasa. Tekstur rambut Anda harus tampak normal sebagaimana biasanya.
  • Jangan menggunakan produk penata rambut karena dapat menyumbat gunting serta menjadikan rambut Anda tidak tampak penuh seperti biasanya. Produk-produk tersebut juga akan mengurangi kemampuan Anda memperkirakan volume rambut yang hendak ditipiskan.
Ambil rambut seukuran kepalan tangan untuk ditipiskan. Langkah terbaik adalah menipiskan rambut sebagian demi sebagian, dan menipiskan seluruh kepala dengan volume yang sama. Jauhkan bagian yang pertama dari kepala dan jepit bagian rambut yang tersisa.

Gunakan gunting penipis untuk memotong rambut Anda ke bawah batang rambut. Mulailah dengan menempatkan gunting kira-kira setengah dari batang rambut, tepat di bawah telinga. Tutup gunting ke atas rambut Anda, buka lalu gerakkan ke bawah kira-kira 1/2 dari panjang rambut Anda, kemudian tutup kembali. Ulangi sampai Anda mencapai bagian bawah rambut.

  • Jika rambut Anda cenderung tampak penuh ketika semakin dekat di bagian ujungnya, Anda bisa memulai pada bagian yang lebih rendah dan hanya menipiskan beberapa cm dari ujung rambut Anda.
  • Hati-hati jangan mulai dengan terlalu dekat ke bagian akar rambut. Gunting penipis berfungsi memotong sebagian rambut Anda, jadi jika Anda mulai terlalu ke atas, Anda akan menghasilkan potongan pendek di bagian atas kepala Anda. Langkah terbaik adalah memulainya pada bagian bawah lapisan terpendek rambut Anda.
Sisir bagian rambut yang sudah ditipiskan. Sisir rambut beberapa kali untuk menyingkirkan semua potongan-potongan rambut. Perhatikan bagian yang baru saja ditipiskan. Apakah cukup tipis, atau masih terlalu tebal? Jika perlu, gunakan gunting untuk menipiskan kembali bagian tersebut.
Ulangi teknik ini pada rambut yang tersisa. Sebagian demi sebagian, gunakan metode yang sama untuk menipiskan rambut Anda. Untuk memastikan volume yang dipotong sama, cobalah menggunting rambut dengan jumlah yang sama untuk setiap bagian jangan berlebihan memotong sebagian rambut dibanding bagian lain. Sisir rambut yang baru saja ditipiskan lalu kagumi tampilan rambut Anda yang baru.

Mengubah Gaya Rambut

Lakukan potongan rambut panjang berlapis. Jika Anda memiliki rambut yang bervolume dan cenderung mendapatkan tampilan “kepala segitiga” – tebal dan lebat meruncing ke atas kulit kepala Anda – Anda mungkin perlu memotongnya untuk menyeimbangkan volume rambut. Rambut berlapis mendistribusikan volume untuk tampilan keseluruhan yang lebih ramping dan rapih.

  • Katakan pada penata rambut bahwa rambut Anda terasa terlalu penuh dan berat di bagian bawah sehingga Anda menghendaki rambut panjang berlapis untuk tampilan yang ramping dan rapih.
  • Hindari potongan rambut lurus tidak berlapis. Potongan rambut pendek juga sulit dikelola jika Anda memiliki rambut tebal bervolume karena rambut seperti ini cenderung tumbuh seperti jamur di atas kepala Anda hingga ia cukup panjang untuk jatuh tergerai di kepala.

Meluruskan rambut Anda. Ikal, gelombang dan keriting membuat rambut bertambah besar. Hal ini menguntungkan dalam beberapa kasus, tetapi jika Anda ingin mengurangkan volumenya maka meluruskan rambut bisa menjadi salah satu solusinya. Ada banyak cara meluruskan rambut Anda, baik secara permanen maupun sementara untuk menciptakan tampilan yang tipis.

  • Keringkan rambut Anda dengan pengering rambut sembari disisir menggunakan sikat bulat. Udara panas akan mengeringkan rambut dengan tampilan lurus, ramping dan mengkilap.
  • Gunakan pelurus rambut. Untuk rambut yang lebih datar dan tipis, besi pelurus rambut bisa melakukannya.
  • Gunakan bahan kimia untuk meluruskan rambut Anda. Jika Anda memilih tampilan rambut lurus yang permanen, Brazillian blowout atau teknik menggunakan bahan kimia yang meluruskan rambut bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Pengobatan ini umumnya mahal (dan bahan kimia bisa merusak rambut dan tubuh), oleh sebab itu Anda sebaiknya melakukan penelitian sebelum menggunakan metode ini.

Mengubah Rawatan Rutin Rambut Anda

Mencuci rambut Anda dengan air dingin. Trik sederhana ini merupakan cara yang efektif untuk mengurangi volume dan keriting. Mencuci rambut dengan air panas menyebabkan batang rambut terbuka, menghasilkan rambut keriting dan bervolume ekstra. Mencucinya dengan air dingin menyebabkan batang rambut mendatar, sehingga tampak lebih ramping, lebih bersinar dan tidak terlalu mengembang.

  • Jika Anda tidak menyukai mandi dengan air dingin, Anda juga bisa menggunakan air suam-suam kuku. Bahkan mengurangi suhu air walau sedikit akan membantu rambut Anda terlihat lebih tipis.
  • Selain mencuci seluruh tubuh Anda dengan air dingin atau suam kuku, Anda juga bisa menutup rambut dengan topi mandi lalu mandi seperti biasanya. Setelah itu Anda bisa mencuci rambut menggunakan air dingin.
Jangan terlalu sering mencuci rambut. Mencuci rambut setiap hari menghilangkan minyak alami yang menjadikan rambut terlihat ramping dan sehat. Rambut Anda akhirnya tampak lebih rapuh, kering, dan lebat, terutama jika jenis rambut Anda memang keriting alami atau bergelombang. Cobalah mencucinya setiap tiga atau empat hari sekali supaya minyak alami rambut tidak hilang. Rambut Anda akan menjadi lebih mudah untuk ditata dan diatur.
Gunakan cuka sari apel untuk mengganti kondisioner. Kondisioner mengandung bahan yang melapisi rambut Anda dan membuatnya terlihat lebih tebal daripada yang sebenarnya. Untuk menghasilkan rambut yang lembut, fleksibel dan tidak terlihat tebal, beralihlah ke cuka sari apel. Campurkan setengah bagian cuka dan air ke dalam botol semprotan. Semprotkan ke seluruh rambut Anda ketika Anda selesai keramas kemudian bilas rambut. Setelah kering, rambut Anda akan menjadi lembut dan mengkilap, tapi tidak tampak terlalu tebal.

Gunakan produk pengurang volume rambut. Ada berbagai gel, krim, dan serum di pasar yang dirancang untuk meluruskan atau mengatasi rambut yang sulit diatur. Pilih salah satu yang sesuai dengan tekstur rambut Anda. Oleskan ke rambut Anda setelah kering untuk tampilan rambut yang tipis dan mengkilap.

  • Beberapa produk bekerja dengan baik jika Anda mengoleskannya pada rambut Anda sebelum menggunakan pengering rambut untuk meluruskannya.
  • Hindari menggunakan mousse dan produk lainnya yang akan menambah volume bukan menguranginya.

Hal yang Anda Butuhkan

  • Gunting Penipis Rambut
  • Cermin
  • Handuk

Content retrieved from: https://id.wikihow.com/Menipiskan-Rambut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *