Cara Mengikat Rambut Tanpa Membuat Rambut Patah

Mengikat rambut memang cukup fleksibel dipakai untuk momen apa saja. Bahkan, gaya rambut yang satu ini juga paling sering digunakan untuk menutupi rambut kotor. Jika kamu salah satu yang gemar menguncir rambut, mungkin kamu sering mengalami rambut patah dan rontok. Rambut yang patah maupun rontok jika dibiarkan kamu akan mengalami kebotakan dini. Hal tersebut pastinya akan mengganggu penampilan dan membuatmu tidak percaya diri. Bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak tips berikut ini!

Keringkan Rambut Sebelum Menguncir

Mengeringkan rambut

Menguncir rambut dalam keadaan basah tidak hanya akan membuat kepalamu pusing. Namun juga bisa menjadikan rambut patah-patah dan rontok. Ketika rambut basah, sesungguhnya dia dalam kondisi paling rapuh. Dan dengan menariknya, rambut akan mudah sekali patah. Oleh sebab itu, selalu keringkan rambut sebelum mengikatnya. Bagaimana kalau kamu sedang terburu-buru? Tetap keringkan rambut, namun kamu tidak perlu mengeringkan semuanya. Cukup keringkan dari akar rambut, hingga bagian yang akan kamu pasangkan karet pengikat rambut. Kemudian biarkan sisa rambutmu kering dengan sendirinya.

Hindari Pengikat atau Jepit Rambut dari Metal

Mengikat rambut

Hindarilah pengikat rambut yang tidak nyaman dipakai. Pengikat atau jepit rambut dari metal atau sejenisnya akan mudah tersangkut dan tidak fleksibel. Pilihlah pengikat rambut yang terbuat dari kain (bahan ini tidak terlalu elastis, sehingga bisa mencegahmu mengikat rambut terlalu kencang), silikon (kamu bisa membuatnya longgar karena bahan ini tidak licin), serta model bungees (yang bisa kamu sesuaikan sendiri kekencangannya).

Coba Gaya Rambut Lainnya

Gaya rambut french braid

Model rambut kuncir kuda seringkali dipilih ketika berolahraga. Kuncir kuda memang mudah dibuat, dan membebaskanmu dari kegerahan. Namun, seperti halnya ketika rambut basah, keringat pun juga dapat menyebabkan rambut patah. Apalagi, pada saat berolahraga, biasanya kamu akan mengikat rambutmu lebih kencang agar tidak mudah lepas ketika bergerak. Untuk itu, cobalah ganti dengan gaya rambut lain, seperti kepang. Model kepang French braid sangat cocok untuk berolahraga karena akan merapikan rambutmu mulai dari atas hingga bawah, tanpa membuatnya patah.

Ubah Tinggi Kuncir Kuda Setiap Hari

Ponytail

Sebenarnya, tidak dianjurkan untuk menguncir rambut setiap saat. Kamu harus memberinya kesempatan untuk terurai. Akan tetapi kalau kamu benar-benar tidak bisa meninggalkan kuncir kuda, pilihan terbaik lainnya adalah memvariasikan tinggi kuncir kudamu. Gantilah setiap hari tingginya mulai dari paling tinggi, di tengah, hingga di bawah di atas tengkuk.

Lepas Pengikat dengan Hati-hati

Rambut indah

Salah satu kecerobohan yang sering dibuat ketika menguncir rambut adalah melepas pengikatnya dengan asal-asalan. Menariknya begitu saja akan membuat lebih banyak rambut rontok dan patah sekaligus. Oleh sebab itu, luangkan waktu sebentar untuk melepas ikatan pada rambut dengan lebih hati-hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Masalah Rambut Sekarang