Cara Menggimbalkan Rambut

Membuat Bentuk Gimbal

Mulailah dengan rambut yang bersih. Pastikan bahwa rambut Anda bersih dan bebas dari residu bahan apa pun, agar proses penggimbalan dapat dilakukan lebih cepat. Minyak alami yang menumpuk di permukaan rambut akan membuatnya licin, sehingga Anda lebih baik memulai dengan rambut yang baru saja dikeramas.

  • Jangan bubuhkan kondisioner atau produk rambut apa pun lainnya pada rambut Anda setelah berkeramas.
  • Pastikan bahwa rambut Anda benar-benar kering sebelum Anda memulai prosesnya.

Pisahkan rambut Anda menjadi beberapa petak bagian. Masing-masing petak akan membentuk satu untai gimbal. Anda bebas menentukan ukuran untaian gimbal ini nantinya. Untuk tampilan yang secara umum tampak lebih rapi, usahakan untuk membuat setiap untaian gimbal berukuran sama.

  • Gunakan sisir bergigi jarang untuk memisahkan rambut Anda dan memberi batas pada masing-masing petak. Tahan posisi rambut pada setiap petak dengan menggunakan karet gelang kecil.
  • Petak-petak sebesar 2,5 x 2,5 sentimeter akan menghasilkan untaian gimbal yang standar dan berukuran sedang. Petak-petak sebesar 1,25 X 1,25 sentimeter akan menghasilkan untaian gimbal yang kecil dan tampak lebih elegan. Ingatlah bahwa semakin banyak petak-petak yang Anda buat, semakin lama pula waktu yang Anda butuhkan untuk membuat bentuk gimbalnya.
  • Garis-garis belahan dan baris-baris petak akan terlihat pada hasil akhir gimbal nanti. Agar tampilannya tidak terlalu tampak berpola, kreasikan petak-petak membentuk zigzag atau saling menumpuk seperti bata bangunan untuk menciptakan tampilan akhir yang tampak lebih alami.

Sasak masing-masing petak rambut. Pegang satu bagian rambut pada petaknya dengan menariknya hingga terentang naik dari kuliat kepala. Mulailah pada jarak kira-kira 2,5 sentimeter dari kulit kepala, lalu gunakan sisir begigi rapat untuk menyasaknya (menyisir dengan arah terbalik) ke bawah ke arah kulit kepala. Ulangi teknik menyasak ini beberapa kali pada bagian rambut yang sedang dikerjakan, hingga rambut tampak mengembang dan mengumpul di bagian akarnya. Teruslah menyasak bagian rambut ini, sambil bergerak pada jarak 2,5 sentimeter pada setiap tahap, hingga seluruh rambut di bagian petak itu telah disasak ke arah kulit kepala. Eratkan ujungnya dengan karet gelang.

  • Saat menyasak dengan satu tangan, gunakan tangan lainnya untuk memuntir dengan lembut bagian rambut yang sedang dikerjakan. Ini akan menahan rambut pada posisi yang benar dan membantu proses penyasakan.
  • Lanjutkan menyasak masing-masing bagian rambut dengan menggunakan teknik yang sama, hingga seluruh bagian rambut selesai disasak. Proses ini dapat dilakukan lebih cepat dengan bantuan seorang teman.
  • Tetaplah sabar dan terapkan kehati-hatian yang sama pada masing-masing untaian gimbal. Jika Anda terburu-buru untuk segera menyelesaikan bagian akhir dari rambut, Anda justru akan menghasilkan untaian-untaian gimbal yang tampak tidak rata.
Ikat untaian-untaian gimbal. Masing-masing untaian gimbal harus diikat dengan karet gelang pada ujungnya. Ikatkan karet gelang kedua pada masing-masing untaian gimbal di titik tepat di atas kulit kepala. Kedua karet gelang akan menahan posisi untaian sementara bentuk gimbalnya menjadi lebih “matang”.

Bubuhkan wax rambut khusus untuk gaya gimbal. Gunakan wax rambut dari bahan alami atau jeli rambut yang bersifat mengeraskan pada seluruh panjang untaian gimbal, dan bubuhkan pada seluruh permukaan rambut, namun tipis-tipis saja. Jika Anda memilih menggunakan wax, lakukan hal ini dengan frekuensi 2-4 minggu sekali.

  • Banyak orang berambut gimbal tidak menggunakan wax rambut atau jeli rambut, karena menurut mereka bahan-bahan ini dapat mengganggu proses penggimbalan. Tentukan sendiri keputusan Anda dengan memahami risikonya.

Membantu Proses Bentuk Gimbal Menjadi Permanen

Berkeramaslah menggunakan sampo tanpa residu. Berkeramas secara teratur akan membantu bentuk gimbal semakin erat dan halus, dan seluruh proses “pengerasan” ini akan berlangsung selama setidaknya tiga bulan. Gunakan sabun atau sampo khusus untuk rambut gimbal, atau sampo lain yang juga tidak mengandung bahan pewangi dan kondisioner, karena kedua bahan ini dapat terselip di sela-sela untaian gimbal dan membuatnya berbau.

  • Saat keramas, berikan perhatian khusus pada kulit kepala Anda. Jangan memegang bentuk gimbal terlalu keras, karena ini dapat berisiko membuatnya patah.
  • Berkeramaslah di pagi hari, agar untaian gimbal sempat mengering. Jika Anda pergi tidur dengan rambut yang basah, rambut Anda dapat ditumbuhi jamur.

Bubuhkan pelembap pada rambut gimbal Anda. Gunakan campuran minyak dan air yang disemprotkan pada untaian-untaian gimbal setiap beberapa hari sekali untuk menjaganya agar tidak engering dan patah. Pilihlah minyak esensial seperti minyak pohon teh atau minyak lavender. Jangan bubuhkan terlalu banyak minyak, agar rambut gimbal Anda tidak terlihat berminyak. Satu kali semprotan saja setiap beberapa hari sekali sudah cukup.

  • Jangan gunakan minyak sayur, minyak zaitun, atau minyak lainnya yang berbasis makanan pada rambut gimbal Anda. Minyak-minyak jenis ini akan terserap ke dalam rambut dan membuatnya berbau busuk.
  • Bahan pelembap khusus untuk rambut gimbal dapat dibeli di toko-toko daring.
Selipkan helaian-helaian rambut yang terlepas. Beraktivitas setiap hari secara tak terhindarkan akan mengakibatkan sebagian helaian rambut Anda terlepas dari untaian gimbalnya. Gunakan alat rajut atau pinset untuk menyelipkan kembali helaian-helaian rambut yang terlepas ini ke dalam untaian gimbal.

Gulung untaian gimbal dan tekuk ujungnya. Untuk mempertahankan bentuk untaian gimbal yang halus, Anda dapat menggulungnya dengan kedua tangan secara teratur. Buatlah agar ujungnya tampak membulat dengan menekannya pada telapak tangan, agar rambut menekuk ke dalam ke arah untaiannya.

  • Jika Anda lebih menyukai ujung yang runcing, Anda tidak perlu menekuk ujung-ujung untaian.
  • Jangan gulung untaian gimbal secara berlebihan, karena ini justru dapat mengakibatkan untaian gimbal lebih mudah terlepas.

Melakukan Perawatan Jangka Panjang

Lepaskan karet gelang. Setelah bentuk gimbal mengeras sepenuhnya, Anda tidak perlu lagi menahannya dengan bantuan karet gelang. Lepaskan karet gelang dari bagian akar rambut dan ujung untaian setelah kira-kira tiga bulan.

Gosok akar rambut. Selama proses bentuk gimbal mengeras, helaian-helaian rambut akan saling terjalin secara alami. Namun, helaian-helaian rambut yang baru tumbuh tetap lurus dan tidak terjalin, dan Anda perlu sedikit berusaha untuk memasukkannya ke dalam untaian-untaian gimbal yang sudah ada karenanya. Gosok bagian akar rambut dengan jari-jari Anda, masing-masing bagian satu per satu, untuk membantunya terjalin ke dalam untaian gimbal yang sudah ada.

  • Anda tidak perlu menggosok akar rambut terlalu sering. Saat rambut gimbal Anda mulai menjadi lebih “matang”, rambut yang baru bertumbuh akan terjalin secara alami pada jarak kira-kira 2,5 sentimeter dari kulit kepala.
  • Berhati-hatilah agar Anda tidak menarik akar rambut terlalu keras, karena ini dapat mengakibatkan bagian rambut yang ada patah dan terlepas.
Tetaplah berkeramas. Minyak dan residu bahan-bahan lainnya yang menumpuk di kulit kepala akan membuat rambut bertumbuh lurus, sehingga sulit untuk dimasukkan ke dalam untaian gimbal yang sudah ada. Jagalah agar helaian-helaian rambut yang baru bertumbuh tetap bersih dan kering, agar dapat menyatu secara alami dengan seluruh bagian yang gimbal.
Untuk membersihkan rambut secara alami dan murah, gunakan kira-kira 1/4 cangkir soda kue dan bubuhkan pada kulit kepala yang telah benar-benar dibasahi. Untuk menghilangkan kotoran dan bubuk soda kue yang menumpuk dari untaian-untaian gimbal, bilas atau rendam rambut Anda di dalam campuran air dan cuka apel dengan perbandingan 3:1. Setelah selesai, bilas kulit kepala dan rambut gimbal hingga benar-benar bersih. Jangan sampai ada bahan yang tersisa, karena ini akan membuatnya berbau tak sedap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *