Cara Mengetahui Gejala Kebotakan

Memperhatikan Kerontokan Rambut

Perhatikan baik-baik kepala Anda di cermin. Hanya karena melihat rambut di bantal atau di saringan saluran pembuangan, tidak berarti Anda akan mengalami kebotakan. Lihatlah rambut pada kepala Anda. Menipisnya garis rambut merupakan salah satu tanda bahwa Anda akan “mengalami kebotakan”. Rambut rontok secara merata bisa terjadi karena sebab lain. Sangat penting untuk memperhatikan secara jelas penyebab kerontokan rambut karena hal ini bisa jadi merupakan indikator untuk masalah kesehatan yang lain.

Pahamilah bahwa rambut Anda akan selalu rontok. Kebanyakan orang kehilangan 50 sampai 100 helai rambutnya per hari.[1]Jika Anda khawatir karena akhir-akhir ini Anda menyadari kerontokan rambut, informasi ini bisa menenangkan Anda. Ketahui bahwa banyak hal yang menyebabkan rambut rontok.

  • Perhatikan keadaan Anda. Rambut rontok dapat dipengaruhi oleh satu atau lebih sebab. Penyebab yang paling umum adalah usia dan genetika. Jika Anda sedang dalam masa pubertas dan rambut Anda secara perlahan menipis, ini merupakan hal yang sangat normal.
  • Penyebab kerontokan rambut yang paling umum adalah masalah genetika. Pola kebotakan dalam keluarga Anda bisa menjadi indikator yang tepat untuk menentukan apakah Anda akan mengalami kebotakan atau tidak.[2]
  • 95% kerontokan rambut pada pria adalah kebotakan pola laki-laki.[3]
  • 40% pria memiliki rambut rontok yang mencolok pada usia 35 tahun.[4]
  • Kebanyakan kebotakan pada wanita terjadi setelah menopause.[5]
  • Setengah dari pria dengan usia lebih dari 50 tahun mengalami kerontokan rambut.[6]

Ukur tingkat stres Anda. Stres dapat menyebabkan kerontokan rambut secara langsung dan tidak langsung melalui beragam mekanisme biologis. Mengontrol tingkat stres dapat membantu untuk mengurangi kerontokan rambut. Tanpa dikontrol, stres merupakan ancaman untuk kesehatan. Stres pada langkah ini bukanlah beban pikiran “kecil” dalam hidup Anda, namun mengacu pada hal-hal yang membuat Anda tidak tidur, atau menyebabkan perubahan besar pada nafsu makan.[7]Cobalah aktivitas seperti meditasi, “jogging”, olahraga tim, atau yoga untuk membantu menangani stres Anda.

  • Salah satu penyebab umum kebotakan adalah tingkat testoteron dalam tubuh yang dapat ditentukan oleh genetika dan stres.[8]Coba aktivitas pelepas stres, atau habiskan lebih banyak waktu berkualitas bersama keluarga Anda. Aktivitas pelepas stres telah terbukti dapat mengurangi kecepatan proses kebotakan.
  • Syok adalah penyebab lain yang dapat memicu kebotakan. Tubuh Anda bukanlah bagian-bagian terpisah yang disatukan. Jika Anda mengalami peristiwa traumatis di masa lalu seperti perubahan gaya hidup secara tiba-tiba, kematian anggota keluarga, atau kehilangan pekerjaan yang penting, mengalami kerontokan rambut selama beberapa bulan adalah hal yang normal. [9]
  • Stres oksidatif yang disebabkan karena tubuh Anda terkena paparan radikal bebas telah terbukti dapat menyebabkan kerontokan rambut.[10]Antioksidan yang ditemukan dalam beragam makanan seperti bluberi, “acai”, dan teh hijau dapat membantu untuk mengurangi stres jenis ini dari dalam tubuh Anda.

Berhentilah menjadi penyebab kerontokan rambut Anda sendiri. Beberapa penyebab kerontokan rambut dapat disebabkan oleh diri sendiri. Beragam cara dan perawatan rambut dapat menyebabkan kerusakan serius pada rambut dan kulit kepala Anda. Jangan sampai Anda botak hanya untuk mengikuti mode.

  • Rambut yang diikat terlalu erat dapat secara perlahan tertarik dari akarnya. Jika Anda menyukai gaya rambut kucir atau kepang, cobalah untuk merenggangkan sedikit ikatannya. Ini dapat mengurangi ketegangan pada akar rambut. Kerontokan jenis ini dikenal dengan “traction alopecia”[11].
  • Penggunaan alat perawatan rambut, perwarna rambut dan alat pembuat rambut bergelombang secara berlebihan dapat menyebabkan rambut Anda menjadi rentan, rapuh, dan akhirnya akan mengarah pada kerontokan rambut.

Perhatikan perubahan pada tubuh bagian lain yang dapat mengindikasikan perubahan hormon. Kerontokan rambut bisa jadi tidak berhubungan dengan pola kebotakan keturunan. Hal ini dapat juga disebabkan karena faktor hormonal. Dokter dapat membantu untuk mengevaluasi tingkat hormon Anda.

  • Pola kebotakan laki-laki atau pola kebotakan wanita dapat disebabkan karena hormon seks yang memicu pola kerontokan rambut yang permanen.
  • Faktor hormonal lain yang dapat menyebabkan kerontokan rambut sementara antara lain karena kehamilan, melahirkan, menopause, atau penghentian pil KB. [12]

Perhatikan kondisi lain. Ada juga faktor medis yang dapat memicu kerontakan rambut – sementara atau permanen, tergantung dari jenis masalah dan tingkat keparahannya.

  • Masalah pada tiroid dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang mengarah pada kerontokan rambut.
  • Alopecia areata adalah gangguan sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh Anda menyerang folikel rambut. Jika rambut rontok Anda berbentuk halus, rontok rata melingkar, mungkin penyakit ini sebabnya.[13]
  • Infeksi kulit kepala seperti kurap dapat menyebabkan rambut Anda rontok, meski Anda membersihkan kepala, biasanya infeksi akan membuat pertumbuhan kurap baru.
  • Jika Anda mencurigai salah satu masalah di atas yang menyebabkan kerontokan rambut, temui dokter.
Perhatikan faktor konsumsi obat. Jika Anda memerlukan perawatan untuk kondisi kronis seperti tekanan darah tinggi, masalah jantung, depresi, arthritis, atau kanker, obat resep untuk menangani penyakit tersebut dapat menyebabkan rambut rontok. Jika Anda khawatir akan hal ini, diskusikan tetang pengobatan alternatif – banyak obat memiliki alternatif yang dapat memberikan efek samping yang berbeda.

Periksa pola makan Anda. Pola makan yang kurang zat besi dan protein dapat menyebabkan kulit kepala yang kurang dipenuhi oleh rambut. Kurangnya nutrisi yang tepat menghambat tubuh untuk berfungsi dengan baik. Asupan gizi yang buruk dapat secara langsung menyebabkan rambut rontok. Mungkin saja kerontokan rambut Anda berhubungan dengan pola makan yang buruk dan dapat diatasi dengan merubah pola makan.[14]

  • Gangguan pola makan seperti anoreksia atau bulimia dapat menyebabkan rambut rontok.[15]
  • Diet kalori adalah penyebab kerontokan rambut yang lain, dengan menggabungkan nutrisi yang buruk dengan tubuh yang syok. Tubuh Anda akan menganggapnya sebagai kelaparan yang biasa.

Mengobati Kerontokan Rambut

Carilah bantuan medis. Ketika Anda sudah yakin akan mengalami kebotakan dan hal tersebut terjadi karena faktor yang tidak dapat dikontrol oleh Anda seperti faktor genetika, Anda dapat menerima tubuh Anda apa adanya atau Anda dapat mencoba untuk “memperbaikinya”. Kemanjuran dari pengobatan tersebut tergantung pada genetika, disposisi dan kemampuan finansial Anda.

  • Minoxidil (bahan aktif dalam Rogaine) adalah solusi ampuh untuk beberapa jenis kebotakan. Obat ini berhasil dalam memperlambat atau bahkan meremajakan kembali pertumbuhan rambut. Namun, minoxidil hanya efektif pada rambut rontok di belakang kepala, tidak di bagian depan. Efek sampingnya termaksud iritasi dan pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan pada wajah.[16]
  • Finasteride (Propecia) adalah obat pil resep yang dikonsumsi sehari hari untuk mengobati kebotakan pola laki-laki. Hasilnya adalah perlambatan kerontokan rambut dan sedikit pertumbuhan rambut baru. Efek sampingnya termaksud depresi, berkurangnya gairah seksual dan fungsi seksual, dan kemungkinan kecil resiko akan pertumbuhan cepat kanker prostat, dan obat ini tidak direkomendasikan untuk wanita pada usia subur. [17]
  • Transplantasi rambut atau pemasangan rambut, dilakukan dengan mentransplantasi gumpalan kecil kulit yang masing berisi beberapa helai rambut, dari belakang atau sisi kulit kepala Anda. Gumpalan ini kemudian dipasang di bagian kulit kepala yang botak. Ini tidak akan menghentikan kebotakan, dan membutuhkan perawatan rambut rontok tambahan sesekali.[18]
  • Operasi pengurangan kulit kepala membuang beberapa bagian kulit kepala botak di kepala Anda. Kulit kepala yang botak dibuang dan kulit kepala yang berambut dikumpulkan di satu tempat.[19]

Kenakan wig. Anda mungkin tidak ingin menderita karena pemasangan rambut atau ada kemungkinan rambut Anda tumbuh kembali. Anda mungkin menderita rambut rontok nonpermanen, sebagai contoh, karena perawatan kemoterapi. Ada alternatif lain yang telah digunakan oleh baik pria maupun wanita selama berabad-abad : wig.

  • Wig tersedia dalam berbagai bentuk, gaya, warna, dan bahan. Anda dapat membeli beberapa wig murah untuk menentukan gaya dan warna yang cocok, atau Anda dapat mencari pembuat wig khusus di daerah Anda yang dapat membuat wig sesuai dengan gaya Anda sehingga akan terlihat lebih natural.
  • Wig dari rambut manusia asli juga tersedia, dan dapat sangat bagus – dengan harga yang mahal juga tentunya.
  • Beberapa organisasi amal, khususnya “Locks of Love”[20], menawarkan wig untuk anak anak dengan kerontokan rambut jangka panjang atau permanen. Wig ini terbuat dari rambut manusia dan tersedia secara terbatas untuk beberapa penerima secara gratis atau dengan harga yang terjangkau sesuai kebutuhan. Untuk mendanai amal ini, mereka juga menjual wig secara eceran. Organisasi ini merupakan tempat yang tepat jika Anda menginginkan wig dari rambut manusia dan beramal pada saat yang bersamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *