Cara Mengatasi Gatal Pada Kulit Kepala

Cara Mengatasi Gatal Pada Kulit Kepala

Penyebab Gatal Pada Kulit Kepala

Udara kering dan panas di dalam ruangan, seperti yang sering dialami pada saat musim dingin, mungkin saja menjadi penyebabnya. Jika tidak segera diatasi, gatal-gatal dan serpihan-serpihan itu bisa semakin parah dan menganggu pertumbuhan rambutmu.

Steve Pullan dari Philip Kingsley Hair Clinic menjelaskan bahwa rambut memiliki siklus. Masalah kulit kepala pada taraf sedang menyebabkan rambut tidak bisa bertahan lama sesuai dengan siklus normalnya, dan juga lebih sering rontok. Pada kondisi yang lebih serius, peradangan di kulit kepala bisa lebih parah lagi hingga merusak siklus pertumbuhan rambut. Hal ini akan berakibat pada kerontokan rambut yang lebih buruk. Apalagi kalau kamu memiliki bakat rambut rontok.

Tapi, tidak usah panik. Kulit kepala bermasalah merupakan salah satu gangguan kesehatan rambut yang sering terjadi. Masalah ini tidak sulit untuk diatasi. Pullan memberikan beberapa saran agar kulit kepala tidak lagi gatal, termasuk dengan lebih sering keramas (misalnya setiap hari), meskipun hal ini juga bervariasi bagi masing-masing orang.

Cara Mengatasi Gatal Pada Kulit Kepala

Cara Mengatasi Gatal Kulit Kepala

Pullan merekomendasikan untuk menggunakan shampo sesering mungkin untuk mengusir kotoran dan minyak dari kulit kepala. Meskipun cara ini tidak akan bisa menghilangkan serpihan-serpihan putih dari rambutmu, namun hal itu bisa membantu kulit kepalamu yang kering atau berketombe. Jika ada lapisan minyak di permukaan kulit kepalamu, itu akan menghalangi obat atau produk perawatan yang kamu oleskan sehingga tidak bisa bekerja seperti yang diharapkan.

Berkaitan dengan produk perawatan untuk kulit kepala gatal, Sacha Mitic, pendiri Sachajuan, memberikan saran untuk menggunakan produk-produk yang memiliki kandungan climbazole yang berfungsi untuk memerangi jamur, serta piroctone yang berguna untuk mengusir ketombe. Kandungan-kandungan ini mungkin terdengar asing di telingamu. Beberapa kandungan lain yang lebih familiar di telinga, misalnya saja jahe dan rosemary untuk meringankan iritasi, salicylic acid untuk mengurangi pengelupasan, dan mentol untuk mendinginkan kepala.

Sacha Mitic juga mengatakan untuk tidak perlu takut memijat kulit kepala meskipun sedang ada masalah di bagian tersebut. Cara memijat yang benar dan produk yang tepat merupakan kombinasi jitu untuk memperbaiki sirkulasi, sehingga kuit kepala kembali sehat. Sachajuan sendiri juga banyak menggunakan bahan-bahan tersebut untuk memperbaiki kondisi rambut mulai dari akarnya.

Berkonsultasi kepada pakar rambut dan melakukan perawatan rambut di salon secara teratur tentu juga sangat baik. Ini seperti melakukan facial pada kulit kepala. Kondisi kulit kepala tampak dari kondisi rambut. Kulit kepala sehat, maka rambut juga sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *