Cara Mendapatkan Rambut Halus (untuk Pria)

Memilih Produk yang Tepat

Pilih sampo yang lembut. Untuk mempertahankan rambut halus, Anda perlu menjaganya tetap bersih, namun jangan terlalu bersih. Minyak alami rambut Andalah yang menjaga rambut Anda tetap kuat dan sehat, namun minyak tersebut dapat juga memerangkap kotoran dan menjadikan rambut Anda berminyak dan kotor. Anda perlu menyeimbangkan antara terlalu sering mencuci rambut dan jarang mencucinya untuk mendapatkan rambut halus, sehingga sampo yang lembut merupakan bagian esensial dari rutinitas merawat kebersihan rambut Anda.

  • Cobalah gunakan sampo yang terbuat dari bahan alami dan hindari sampo dengan pewangi buatan yang tajam. Bahan ini membuat rambut kering seiring berjalannya waktu dan memengaruhi kemampuan rambut untuk memproduksi minyak alaminya. Baca kandungan sampo dan hindari yang memiliki bahan pengawet dan bahan kimia tak dikenal yang berlebihan.
  • Walaupun Anda bukan anak-anak, sampo anak-anak atau sampo bayi dapat dengan efektif menjaga kelembutan rambut dan memiliki kandungan yang lebih sedikit. Sampo jenis ini lembut di rambut dan tidak perih di mata, juga cukup murah dan mudah didapatkan sehingga efektif untuk dibeli tidak peduli berapapun usia Anda.

Gunakan kondisioner alami. Salah satu cara terbaik mendapatkan rambut halus adalah dengan menggunakan kondisioner, meskipun Anda tidak mencuci rambut Anda. Kondisioner membantu memperkuat ujung-ujung rambut Anda, menjaga setiap helainya kuat dan sehat, mencegah rambut bercabang dan kerusakan lain yang dapat memengaruhi tekstur rambut. Seperti sampo, cari kondisioner yang tidak menggunakan pewangi dan pewarna buatan.

  • Jika rambut Anda pendek, Anda tidak akan bisa menghindarkan kondisioner dari kulit kepala. Untuk mencegah rambut Anda lepek, gunakan kondisioner ringan atau kondisioner volumizing.
  • Meskipun umumnya ditujukan bagi pembeli pria, hindari penggunaan sampo dan kondisioner two-in-one dan sampo kombinasi dengan sabun mandi yang tidak dapat merawat rambut Anda secara terpisah dan dapat menyebabkan efek kering jangka panjang, berlawanan dengan fungsi kondisioner. Beli produk secara terpisah.

Pertimbangkan menggunakan minyak rambut alami. Tergantung pada kadar minyak alami rambut Anda, ada baiknya Anda melengkapi rutinitas keramas dengan menambahkan sedikit minyak ke rambut Anda untuk membantu memperkaya dan memperkuat rambut, selain juga mendapatkan tekstur halus yang Anda inginkan. Merawat rambut kasar umumnya dilakukan dengan menyisirnya menggunakan berbagai jenis minyak setiap harinya atau beberapa hari dalam seminggu. Minyak alami yang baik untuk rambut di antaranya:

  • Minyak kelapa
  • Minyak zaitun
  • Minyak Argan
  • Minyak wijen India (gingelly oil)
  • Minyak Maroko (Moroccan oil)
  • Minyak moster

Hindari penggunaan produk-produk penata rambut. Menggunakan gel rambut, mousse, dan hair spray merupakan cara tercepat mengotori rambut dan membuatnya terasa seperti jerami. Gunakan minyak alami dan topi apabila perlu, dan hindari penggunaan produk-produk penata rambut. Apabila Anda harus menggunakan produk penata rambut buatan, bilas dengan menyeluruh dan pelihara rambut Anda dengan minyak alami untuk membantu merawat rambut setelah Anda beraktivitas.

  • Kebanyakan produk penata rambut mengandung alkohol yang menghilangkan kelembapan dari rambut Anda dan menganggu kemampuan rambut untuk tetap lembap secara alami. Jangan menghalangi kerja alami tubuh Anda dengan menggunakan produk penata rambut, biarkan tubuh Anda bekerja untuk Anda.
  • Jika Anda benar-benar ingin menggunakan produk tata rambut, cobalah gunakan wax dan pomade yang terbuat dari lilin lebah dan minyak alami. Produk seperti ini memungkinkan Anda menata dan melembapkan rambut secara bersamaan.

Mencuci Rambut

Bilas rambut Anda setiap hari. Untuk mendapatkan rambut paling lembut, ada baiknya Anda membilas kotoran dan debu setiap harinya setelah beraktivitas untuk menjaga rambut tetap bersih dan lembut. Menggunakan air segar bersih untuk membilas rambut akan mempertahankan kebaikan minyak alami dan membuatnya lebih mudah untuk merawatnya. Tidak perlu menggunakan sampo setiap hari karena akan membuat rambut berangsur-angsur menjadi kering.

  • Apabila Anda tidak sempat mandi, menyisir rambut dengan sisir basah atau bahkan membilasnya di wastafel merupakan cara yang efektif untuk menjaga rambut tetap bersih. Apabila Anda mandi setiap hari, Anda tidak perlu keramas dengan sampo setiap kali Anda mandi.

Jangan terlalu sering keramas. Tergantung seberapa berminyak rambut Anda biasanya, Anda mungkin perlu lebih jarang atau lebih sering keramas. Bagi beberapa orang, keramas satu kali seminggu cukup untuk menjaga rambut tetap bersih, sehat, dan berkilau, sedangkan beberapa orang lainnya lebih senang keramas dua sampai tiga kali seminggu untuk menjaga rambut tetap nyaman. Secara umum Anda tidak perlu sering-sering keramas dalam seminggu.

  • Gunakan sampo seperlunya, tidak lebih dari seukuran kacang. Basahi rambut Anda dan buat busa dari sampo di tangan Anda sebelum memijatnya di rambut, mulai dari ujung-ujung rambut ke arah kulit kepala. Pijat dengan lembut dan bilas sampai bersih dengan air hangat.
  • Jika Anda tidak menggunakan suhu panas saat menata rambut (seperti meluruskan atau mengeringkan dengan alat), dan rambut Anda tidak kering, Anda boleh saja keramas setiap hari.

Pelihara ujung rambut Anda. Beberapa orang memilih untuk mencuci rambut dengan kondisioner lebih sering dari dengan sampo, mungkin satu kali seminggu dengan sampo dan tiga kali seminggu dengan kondisioner untuk menjaga rambut tetap halus, tergantung kondisi kesehatan rambut dan kadar minyaknya. Gunakan teknik yang sama dengan ketika keramas menggunakan sampo, kemudian bilas sampai bersih dengan air hangat.

  • Sangat penting untuk membilas bersih sampo dan kondisioner dari rambut Anda setiap kali Anda keramas. Apabila Anda memiliki rambut yang agak panjang, akan lebih sulit untuk membilasnya sampai benar-benar bersih, sehingga dapat membuat rambut Anda kotor dan lengket dari sampo atau kondisioner yang tertinggal.

Keringkan rambut Anda dengan handuk. Setelah membilas rambut atau keramas dengan sampo atau kondisioner, Anda perlu mengeringkan rambut sebaik mungkin dengan handuk, kemudian biarkan kering dengan sendirinya. Mengeringkan rambut secara hati-hati dan perlahan akan membantu rambut tetap kuat dan sehat, membuatnya halus berkilau.

  • Hindari menggunakan pengering rambut yang mengekspos panas ke rambut Anda dan cenderung membuat rambut Anda kering dan kaku. Jangan keringkan rambut Anda dengan panas.

Pijat minyak alami untuk rambut ke kulit kepala setelah keramas. Ada baiknya Anda menyisirkan minyak alami yang telah dijelaskan pada rambut Anda setelah keramas beberapa kali dalam seminggu. Minyak kelapa dan beberapa jenis minyak alami lainnya dapat dioleskan ke sisir plastik bergigi rapat dan disisirkan langsung ke rambut atau dapat dipijat langsung ke folikel rambut dengan tangan, lalu disisir untuk mendapatkan hasil yang sama.

  • Hindari menambahkan minyak ke rambut lebih sering dari satu atau dua kali dalam seminggu, karena dapat membebani rambut Anda dengan tidak wajar dan memikat kotoran, membuat rambut sulit untuk tetap bersih. Gunakan minyak rambut atau tonik seperlunya.

Menata Rambut

Sisir rambut setiap pagi. Menyisir rambut sangatlah penting untuk menjaganya tetap halus dan bersih. Rambut kusut setelah bangun tidur akan selalu sulit diatur dan dapat merusak rambut dan membuatnya terasa kasar. Sisir rambut Anda dengan sisir plastik bergigi rapat beberapa kali setiap pagi untuk membuatnya tidak kusut dan menjadikan rambut sehat dan halus.

  • Apabila rambut Anda benar-benar kusut, tambahkan sedikit minyak pada sisir untuk membantu meluruskan dan merawat rambut. Anda juga dapat menggunakan sedikit air. Tergantung ketebalan rambut Anda, akan lebih baik apabila Anda menyisir menggunakan sikat, terutama bagi jenis rambut yang lebih kasar.

Gunakan alat pelurus rambut. Jika rambut Anda kasar atau keriting, alat ini bisa membantu Anda menghaluskan rambut. Namun, ingatlah bahwa alat ini dan juga perawatan bersuhu panas lainnya dapat merusak rambut. Jadi, lindungilah rambut dengan beberapa cara:[1]

  • Gunakan alat pelurus rambut setelah rambut Anda benar-benar kering. Rambut yang masih basah lebih rentan terhadap kerusakan akibat panas dibandingkan rambut kering.
  • Berikan semprotan, krim, atau serum pelindung panas pada rambut sebelum diluruskan.
  • Hindari meluruskan bagian rambut yang sama lebih dari satu kali.

Gunakan alat pengering rambut. Alat pengering rambut juga dapat menghaluskan rambut. Untuk mencegah rambut Anda kering atau rusak akibat penggunaan alat ini, ada beberapa langkah pencegahan yang bisa Anda ambil:[2]

  • Keringkan rambut dengan handuk sebelum menggunakan alat. Dengan begitu, waktu pengeringannya akan lebih singkat sehingga mengurangi risiko kerusakan akibat suhu panas.
  • Sisirkan serum pelindung panas ke rambut sebelum mengeringkannya.
  • Jika Anda ingin mendapatkan rambut yang halus dan lembut, gunakan sisir bulu babi untuk menarik rambut selama proses pengeringan. Keringkan rambut dari akar hingga ujungnya.

Menjaga Rambut Tetap Halus

Potong rambut Anda secara berkala. Untuk mengendalikan ujung rambut bercabang dan menjaga rambut terasa halus, ada baiknya Anda memotong rambut secara berkala. Bahkan memotongnya sedikit saja dapat menjaga rambut tetap kuat dan membantu rambut tumbuh lebih rata. Ada baiknya juga Anda berkonsultasi dengan spesialis perawatan rambut yang dapat mengenali masalah rambut Anda, merekomendasikan produk dan teknik lebih lanjut untuk menjaga rambut terasa halus sepanjang tahun.
Pertimbangkan memanjangkan rambut sedikit. Sulit untuk membuat rambut yang sangat pendek terasa halus, sedangkan rambut panjang membutuhkan sejumlah perawatan dan memiliki masalah kebersihan. Apabila Anda menginginkan rambut halus, memanjangkannya hingga sekitar 2,5-7,5 cm akan menjadikan rambut cukup panjang untuk disisir dengan tangan dan ditata dalam bermacam gaya, namun tidak cukup panjang sampai terlihat gondrong.
Jangan mengecat rambut. Mengecat rambut beruban merupakan cara tercepat merusak dan membakar rambut. Menggunakan perawatan untuk rambut dicat merusak minyak alami di rambut dan membuat rambut sulit tetap kuat dan sehat. Bagaimanapun, kesehatan rambut lebih penting dari penampilan, jadi hadapi saja rambut beruban dengan percaya diri.

Minimalkan paparan sinar matahari terhadap rambut. Sinar matahari dapat memutihkan, mengeringkan dan menyebabkan rambut terasa kasar. Apabila Anda menginginkan rambut halus, Anda menginginkan rambut yang terawat dan tidak terbakar sinar matahari. Berhati-hatilah untuk menghindari paparan sinar matahari berlebihan dan pelihara rambut dengan minyak alami setelah berada di luar untuk waktu lama.

  • Kenakan topi dengan pinggiran lebar apabila Anda akan berada di bawah sinar matahari untuk waktu lama. Lindungi rambut Anda dari sinar UV yang berbahaya dengan menyembunyikan rambut Anda di bawah topi dan jauh dari matahari.

Minum suplemen vitamin. Penting untuk mengonsumsi nutrisi penting dan vitamin sebagai bagian dari diet sehat Anda untuk menjaga seluruh bagian tubuh termasuk rambut tetap sehat. Vitamin E, vitamin C, biotin, zat besi, dan zink berpengaruh langsung terhadap tekstur dan kesehatan rambut. Konsumsi makanan yang kaya vitamin dan mineral, dan minum suplemen vitamin apabila perlu.

  • Makanan seperti almon, wortel, pisang, cokelat hitam (dark chocolate), biji labu, dan tauge merupakan makanan yang baik untuk mendukung diet rambut sehat, kaya akan kombinasi vitamin dan gizi yang tepat.
  • Mengonsumsi sekitar 100 gram daging merah dapat memperbanyak produksi keratin, yakni protein yang menjaga rambut dan kuku tetap sehat dan berkilau. Ikan kaya akan asam lemak Omega 3 yang dapat menjaga rambut Anda tetap berkilau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *