Cara Menata Rambut (Untuk Pria)

Gaya Rambut Sehari-Hari

Tinjau situasi Anda. Jika Anda ingin memilih gaya rambut sehari-hari yang baru, ada baiknya Anda memperhitungkan detail kehidupan Anda. Pertimbangkan tuntutan dari tempat kerja Anda, waktu yang Anda miliki untuk menata rambut, dan usaha yang sudi Anda curahkan untuk penampilan Anda sehari-hari.

  • Terlepas dari jenis gaya rambut yang Anda pilih, sesuaikan pilihan Anda dengan kepribadian Anda. Anda harus merasa nyaman dengan gaya baru Anda, maka jangan pilih gaya yang tidak sesuai dengan selera pribadi Anda. Jika penata rambut menyarankan gaya rambut yang tidak membuat Anda nyaman, beri tahu perasaan Anda secara sopan dan cari alternatif lain.

Cobalah potongan rambut baru. Akan sangat membantu jika Anda sudah mengenali penata rambut yang bisa Anda kunjungi, namun apabila Anda perlu menemukan penata rambut baru, cobalah meminta rekomendasi pada teman atau rekan kerja Anda. Simpan foto gaya rambut yang Anda suka dan tanyakan kepada penata rambut Anda mengenai kecocokan penampilan tersebut dengan bentuk wajah Anda.

  • Ingat-ingat nama jenis potongan yang Anda peroleh, agar di masa depan Anda bisa mengingatkan penata rambut Anda atau meminta sesuatu yang sedikit berbeda. Ada baiknya meninggalkan tip yang cukup bila Anda menyukai potongan rambut tersebut.
  • Sebaiknya Anda juga meminta saran dari penata rambut untuk merawat dan menata rambut Anda. Mereka bisa mengarahkan Anda ke jalan yang benar dalam hal produk yang digunakan dan seberapa sering rambut Anda perlu dicukur.

Belah rambut Anda. Dalam memutuskan letak belahan rambut Anda, pertimbangkan bentuk wajah dan belahan alami Anda. Jika Anda memiliki wajah bulat, jangan gunakan belahan tengah – hal ini akan mempertegas bentuk bulat wajah Anda. Jika Anda memiliki rahang yang tajam dan tulang pipi yang tinggi, belahan yang terlalu ke samping akan menonjolkan ciri-ciri ini. Secara umum, belahan yang melenceng beberapa sentimeter dari tengah kepala sesuai untuk kebanyakan orang. Cobalah bereksperimen untuk menentukan belahan yang paling Anda suka.

  • Anda bisa menggunakan jari maupun sisir untuk membelah rambut Anda. Ingat bahwa menyisir dengan jari akan menghasilkan tampilan yang lebih bergelombang dan alamiah, sementara menggunakan sisir bergerigi rapat akan membuat gaya rambut Anda terlihat lebih mulus dan tertata.

Sisir rambut Anda. Dengan pengecualian rambut spiky yang mencuat ke segala arah, Anda seharusnya telah menyadari bahwa sebagian besar gaya rambut memiliki satu arah penyisiran rambut yang utama. Anda bisa menyisirnya ke depan, ke belakang, ke samping, atau langsung ke bawah. Cobalah bereksperimen dengan beberapa cara berbeda dan tentukan cara menyisir yang paling sesuai bagi Anda.

  • Perlu diketahui bahwa sebagian besar pria hanya menata dan menyisir bagian atas rambutnya, kecuali mereka yang memiliki rambut agak atau lebih panjang. Sisi belakang dan samping dari sebagian besar potongan rambut pria cukup pendek sehingga tidak memerlukan banyak teknik penataan sehari-hari.

Pilih produk rambut Anda. Sialnya, sebagian besar dari kita memerlukan lebih dari sekadar air dan sisir untuk menata rambut. Anda bisa memulai dengan menggunakan merek yang tidak terlalu mahal saat Anda masih menguji coba berbagai jenis produk yang berbeda. Setelah Anda menemukan produk yang Anda suka (misal, hair clay), barulah Anda bisa memulai mencari merek yang tepat bagi Anda. Berikut adalah beberapa jenis produk yang bisa Anda beli, serta jenis tampilan yang bisa Anda capai dari penggunaannya:

  • Serum atau krim. Produk ini dapat membantu Anda menjinakkan rambut liar yang mencuat atau melembutkan kekeringan pada rambut ikal tanpa membuat rambut menjadi kaku dan sukar dibentuk.
  • Mousse. Gunakan mousse rambut untuk menambahkan volume dan kilau pada rambut dengan daya hold (menahan bentuk) yang minimum. Untuk hasil terbaik, gunakan pada rambut yang basah lalu biarkan rambut Anda mengering.
  • Gel. Berbeda dengan pomade, gel mengandung alkohol yang membuat rambut kering dan menghasilkan hold yang lebih kaku. Untuk memperoleh hold terkuat, gunakan gel pada rambut yang basah.
  • Pomade, hair wax, atau hair clay. Gunakan produk-produk ini untuk mendapatkan bentuk rambut yang sulit dicapai, seperti jambul pompadour atau ikal (untuk rambut yang lurus alami). Ketahuilah bahwa Anda akan perlu membilas rambut Anda berulang kali untuk menghilangkan produk jenis ini dari rambut, sehingga gunakanlah secara terbatas. Gumpalan sebesar butir kacang lebih dari cukup untuk rambut pendek, sedang, atau tipis. Gunakan pomade atau hair wax untuk memperoleh tampilan mengilap dan basah; gunakan hair clay untuk nuansa matte yang lebih alami dan tidak mengilap.
  • Lem rambut. Pernah bertanya-tanya bagaimana cara pemilik rambut mohawk mampu membuat rambut mereka berdiri ke atas? Kemungkinan besar mereka menggunakan semacam lem rambut, yang memberikan hold paling kuat. Namun, waspadai penimbunan produk di kepala dan selalu bilas rambut Anda secara menyeluruh di antara pemakaian.

Gunakan produk rambut yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan perkuat dengan hairspray (tidak wajib). Tergantung jenis produk dan gaya rambut, mungkin Anda perlu mengoleskan produk penata rambut sebelum menyisir rambut. Jika Anda khawatir rambut Anda akan mengendur atau kehilangan bentuknya di tengah hari, semprotkan hairspray tepat setelah Anda selesai menata rambut. Anda bisa memilih produk dengan hold ringan ataupun kuat (namun, ingat-ingat bahwa hold kuat diperoleh dari kadar alkohol lebih tinggi. Hal ini bisa membuat rambut Anda terlihat lebih rapuh).

  • Pastikan Anda menyemprot hairspray dari jarak sekurangnya 15 sentimeter dari rambut. Hindari menyemprot terlalu banyak agar rambut Anda tidak saling menempel dan membentuk gumpalan yang terlihat keras.
  • Penggunaan hair wax adalah cara sederhana lain untuk memperkuat bentuk rambut Anda. Gosokkan sedikit hair wax di sela-sela jari Anda hingga melunak, lalu jepit di antara helai rambut Anda untuk menggunakannya dengan menyeluruh.

Gaya Rambut untuk Acara Khusus

Pertimbangkan kebutuhan tata rambut dan situasi Anda. Untuk apa Anda menata rambut? Apakah Anda menghadiri suatu pesta? Bertemu dengan calon mertua? Atau sekadar menginginkan rambut yang keren? Pastikan bahwa tampilan Anda cocok dengan situasi Anda.

  • Ingat bahwa acara formal cenderung menuntut gaya rambut yang lebih konvensional. Sepertinya sepupu Anda tidak ingin Anda bergaya mohawk pada pernikahannya.
  • Biasanya, lebih baik memilih gaya rambut yang mendekati gaya rambut sehari-hari Anda untuk acara yang penting; hal ini akan membantu Anda merasa lebih nyaman sepanjang acara.

Gunakan produk yang berkualitas. Jika Anda memulai dengan menggunakan produk murah untuk menata rambut sehari-hari, sebaiknya Anda mempertimbangkan merogoh kocek untuk produk lebih berkualitas pada acara istimewa Anda. Produk murah lebih rentan tertimbun atau menimbulkan efek yang tidak diinginkan, seperti membuat rambut Anda terlihat terlalu kering atau terlalu berminyak.

  • Pastikan bahwa Anda telah menggunakan produk tersebut beberapa kali sebelum acara istimewa Anda tiba agar Anda tahu pasti reaksi rambut Anda terhadap produk tersebut.
Mintalah masukan. Jika Anda akan menghadiri acara formal, seperti pesta kelulusan atau pernikahan (sebagai tamu atau peserta pesta pernikahan), mungkin ada baiknya meminta bantuan menata rambut dari seseorang untuk acara tersebut. Penata rambut profesional, orang tua, atau bahkan pasangan jalan Anda bisa memberikan saran gaya rambut yang cocok bagi Anda.

Pastikan semua terlihat segar dan rapi. Aspek terpenting yang harus dipenuhi oleh gaya rambut untuk acara istimewa adalah terlihat jelas bahwa Anda sudah mencurahkan waktu Anda untuk membuatnya terlihat sempurna.[1]

  • Belahan rambut Anda seharusnya dibentuk dengan sisir agar terlihat tajam.
  • Gunakan produk yang diperlukan untuk mempertahankan posisi rambut sesuai dengan kehendak Anda.
  • Produk rambut berkualitas yang memberikan sedikit penampilan mengilap atau basah biasanya ampuh untuk berbagai acara.
Susun rencana untuk “menyegarkan” penampilan. Jika durasi acara yang Anda hadiri lebih lama dari satu atau dua jam, ada kemungkinan Anda perlu menyegarkan kembali penampilan Anda agar rambut tetap terlihat rapi. Hal ini bisa sesederhana menyimpan sisir kecil di saku dalam jas Anda, membasahinya di kamar mandi lalu menyisir rambut dengan sisir basah tersebut. Hal ini kemungkinan akan mengaktifkan kembali produk rambut Anda (terutama gel rambut) dan dapat membantu Anda tetap terlihat necis.

Perubahan Gaya Rambut

Tentukan bentuk wajah Anda. Telah diterima secara umum bahwa tidak semua gaya rambut terlihat bagus pada semua orang. Hal ini utamanya berkaitan dengan bentuk dan fitur wajah. Cara berguna untuk menentukan bentuk wajah Anda adalah berdiri di hadapan cermin dan menandai garis luar wajah Anda (tidak termasuk rambut dan telinga) pada cermin menggunakan batang sabun atau pensil rias. Semestinya Anda akan melihat suatu bentuk yang jelas.

Pilih gaya rambut yang mengimbangi bentuk wajah Anda. Setelah Anda menentukan bentuk wajah, carilah gaya rambut yang cocok dengan bentuk tersebut. Hal ini mungkin akan membutuhkan kesabaran, karena bisa jadi Anda perlu menumbuhkan rambut menjadi lebih panjang untuk menatanya dengan sesuai. Berikut adalah beberapa saran gaya rambut berdasarkan bentuk wajah:

  • Wajah oval: Anda bisa memilih hampir setiap gaya rambut, namun poni akan membuat wajah Anda terlihat lebih bulat.[2]
  • Wajah persegi: Pilihlah gaya rambut dengan batas rambut yang lebih “lembut”. Gaya rambut yang cepak dan kedap akan menonjolkan fitur-fitur wajah Anda yang tajam. Hindari belah tengah. [3]
  • Wajah panjang (oblong): Pilihlah gaya yang seimbang. Rambut yang cepak pada bagian samping dan panjang pada bagian atas akan membuat wajah Anda terlihat semakin panjang. Gaya rambut yang memastikan bahwa sebagian rambut Anda membingkai wajah dapat membantu mengimbangi panjang wajah Anda.
  • Wajah bulat: Hindari poni lancip dan jangan biarkan rambut terlalu menutupi wajah Anda.[4]
  • Wajah wajik (diamond): Anda sebaiknya memilih potongan rambut yang lebih panjang. Hindari potongan rambut yang terlihat lancip di sekitar telinga dan hindari pula rambut lurus.[5]
  • Wajah hati: Pilihlah potongan rambut yang lebih panjang. Rambut yang muncul pada wajah, seperti jenggot, kumis, atau goatee bisa membantu menyeimbangkan bagian bawah wajah Anda.[6]
  • Wajah segitiga: Pilihlah gaya rambut yang menambahkan lebar dan volume pada bagian atas.[7] Memiliki rambut ikal atau keriting adalah cara yang bagus untuk menambahkan volume.
Tentukan jenis rambut Anda. Apakah rambut Anda bergelombang, lurus, bertekstur, atau ikal? Apakah rambut Anda tipis, sedang, atau tebal? Beberapa gaya rambut akan terlihat lebih baik ketika sesuai dengan kecenderungan alami rambut Anda dan hal ini dapat mempermudah penataan rambut.

Pilihlah gaya rambut yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Meskipun beberapa gaya rambut cocok dengan semua tekstur rambut, sebagian besar lebih sesuai dengan suatu jenis rambut tertentu. Pelajari kecenderungan alami dari rambut Anda dan carilah sebuah gaya rambut yang bisa menjadi pelengkap atas kecenderungan tersebut.

  • Jika Anda memiliki rambut lurus dengan ketebalan apa pun, pertimbangkan gaya rambut Prohibition High-and-Tight, biarkan tumbuh sedikit panjang (selama rambut Anda tidak terlalu tipis), tata seperti flow and comb, atau pangkas sebagian.
    • Gaya rambut Prohibition High-and-Tight memberikan bagian samping yang pendek dengan rambut yang perlahan dipotong lebih tipis hingga menuju tengkuk dan cambang. Rambut bagian atas semestinya sedikit lebih panjang, kurang lebih 4 sentimeter. Untuk menatanya, gunakan gel agar bagian atas dapat disisir ke posisi yang sesuai.[8] Jangan pilih gaya rambut ini jika Anda memiliki rambut ikal atau keriting.
    • Untuk memanjangkan rambut Anda demi penampilan yang lebih urakan, biarkan rambut Anda tumbuh hingga melewati pundak. Cara menatanya mudah, Anda hanya perlu mengeringkan rambut dengan handuk dan menggunakan sedikit krim penambah tekstur.[9]
    • Gaya rambut flow and comb dimulai dengan square cut, namun dengan bagian sisi dan atas rambut yang lebih panjang. Gunakan mousse pada rambut yang masih basah, lalu sisir rambut ke arah belakang.[10] Hindari ini jika Anda memiliki rambut keriting.
    • Rambut cepak pada intinya secara merata dipangkas pendek sepanjang bagian samping dan atas. Anda tidak terlalu membutuhkan produk penata rambut dengan potongan yang tidak banyak repot ini.[11]
  • Jika Anda memiliki rambut ikal atau keriting, pertimbangkan memiliki jambul pompadour, lalu biarkan tumbuh panjang, atau pangkas lebih pendek.
    • Pompadour pada dasarnya adalah sebuah potongan rambut yang klasik. Transisi potongan rambut semestinya memiliki perbandingan 2 banding 1 untuk bagian atas terhadap samping. Pada dasarnya, hal ini berarti Anda semestinya membiarkan rambut bagian samping lebih pendek daripada bagian atas, namun tidak secara drastis. Tata menggunakan pomade dan sisir rambut bagian atas ke posisinya.[12] Hindari gaya rambut ini jika rambut Anda sangat tipis, lurus, atau renggang.
    • Untuk memanjangkan rambut demi penampilan yang urak-urakan, biarkan rambut Anda tumbuh hingga melewati pundak. Cara menatanya mudah, Anda hanya perlu mengeringkan rambut dengan handuk dan menggunakan sedikit krim penambah tekstur.[13] Untuk penampilan bed-head yang mengesankan seperti baru bangun tidur, minta penata rambut Anda menambahkan tekstur dan menatanya dengan gel rambut.
    • Rambut cepak pada esensinya secara merata dipangkas pendek sepanjang bagian samping dan atas. Anda tidak terlalu membutuhkan produk penata rambut dengan potongan yang tidak banyak repot ini.[14]
  • Jika Anda memiliki garis rambut yang surut, biarkan rambut Anda tetap pendek. Jika Anda merasa lebih liar, Anda bisa memangkas habis rambut Anda dan bisa pula menumbuhkan jenggot atau goatee.
Cobalah beragam macam gaya rambut. Tidak ada aturan ketat untuk gaya rambut. Meskipun saran-saran dari panduan ini bisa membantu Anda, pada akhirnya Anda sebaiknya menemukan gaya rambut yang membuat Anda merasa nyaman dan suka dengan diri Anda sendiri. Jangan takut mencoba gaya rambut yang berbeda tiap bulan atau kesempatan berikutnya hingga Anda menemukan potongan rambut yang benar-benar Anda suka.

Tentukan panjang cambang. Panjang rata-rata cambang klasiknya adalah titik tengah telinga, namun panjang ini bisa diatur berdasarkan fitur wajah dan bentuk kepala. Terlepas dari panjang cambang yang Anda pilih, semestinya cambang dibuat sesuai dengan gaya rambut Anda. Oleh karena itu, jika Anda memiliki rambut pendek, jaga cambang Anda agar tetap pendek dan terpangkas rapi. Anda bisa memiliki cambang lebih panjang dan tebal dengan gaya rambut yang lebih panjang dan santai.[15]

  • Cambang lebih panjang benar-benar dapat membuat wajah Anda terlihat lebih ramping, sementara cambang yang lebih pendek dari tengah telinga bisa memiliki efek sebaliknya. Secara umum, cambang lebih pendek sesuai untuk wajah lebih lonjong, sementara cambang lebih panjang bisa membuat wajah pendek terlihat lebih panjang.[16]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *