Cara Memotong Rambut

Menyiapkan Rambut

Cucilah rambut. Layaknya seorang seniman yang memulai dengan sebuah kanvas baru sebelum melukis, Anda memulai dengan membersihkan rambut sebelum memotongnya. Rambut yang kotor atau penuh dengan produk rambut tidak akan memberikan Anda hasil akhir yang sebenarnya setelah Anda selesai.

  • Gunakan sampo dan kondisioner untuk tipe rambut tertentu. Ada produk yang mencakup seluruh kebutuhan—perawatan warna rambut, rambut kering, rambut rusak, rambut yang mulai menipis dan kurang volume—jadi pilihlah satu produk yang paling tepat berdasarkan tipe rambut dan kebutuhannya.
  • Jika rambut cenderung kusut, gunakan kondisioner anti kusut atau semprotkan produk anti kusut. Anda tidak ingin sisir Anda tersangkut ketika Anda menyisir rambut yang memiliki gumpalan atau kusut.

Basahi rambut jika Anda akan menggunakan gunting atau pisau cukur untuk memotongnya. Anda dapat melihat dengan baik bagaimana rambut jatuh secara alami ketika basah. Rambut yang basah juga memudahkan Anda untuk mengikuti arah potongan rambut, jadi potongan Anda lebih tepat.

  • Ingat, ini hanya dapat diterapkan pada rambut yang lurus. Memotong rambut yang keriting atau rambut yang bergelombang dengan tepat, saat rambut tersebut basah akan lebih sulit, karena air akan menyebabkan rambut menjadi rata dan lurus untuk sementara. Tidak dapat melihat bagaimana bentuk keriting/gelombang yang normal, secara tidak sengaja akan menyebabkan potongan rambut Anda tidak akan sesuai dan menciptakan bentuk rambut yang tidak rata (hasil akhir potongan pada rambut keriting Anda akan separuh sempurna sedangkan sisanya berantakan, mengakibatkan sebagian rambut terlihat lurus tidak sama rata).
  • Untuk rambut kribo, pastikan untuk memotongnya dalam keadaan kering.[1]
  • Rambut yang basah akan saling menempel, yang akan membantu rambut tetap pada tempatnya ketika Anda memotong.
  • Letakkan botol air dengan pipa penyemprot dekat dengan Anda, jadi Anda dapat membasahi rambut jika rambutnya mulai kering ketika Anda masih memotongnya.

Potonglah rambut saat kering dalam kondisi khusus. Pastikan rambut kering jika Anda ingin menggunakan gunting atau jika Anda ingin menipiskan rambut dengan hati-hati untuk memastikan Anda tidak membuang rambut terlalu banyak.

  • Langsung potong rambut yang kering jika Anda hanya ingin menyingkirkan ujung rambut yang bercabang karena akan lebih mudah terlihat ketika rambut dalam keadaan kering.
  • Jika waktu Anda terbatas, potonglah dalam keadaan rambut kering untuk menghemat waktu selama mencuci dan mengeringkan.

Memilih Gaya Rambut

Tentukan bentuk wajah. Gaya rambut akan cocok dengan bentuk wajah seseorang dan melengkapi bentuk wajah mereka.

  • Oval. Bentuk wajah yang oval dianggap sebagai salah satu bentuk wajah yang cocok dengan segala jenis gaya rambut.
  • Bulat. Bentuk atas yang bertingkat memberikan kesan rambut penuh dan tinggi dan rambut yang ditipiskan di bawah tulang pipi berfungsi untuk membuat wajah terlihat panjang pada wajah dan memberikan ilusi garis dagu lebih tirus.
  • Bentuk hati. Pilihlah gaya yang menawarkan kesan penuh pada bagian bawah rambut dan tipis pada bagian dahi.
  • Persegi. Tujuannya adalah untuk memberikan kesan lembut pada wajah, jadi poni yang tipis dan gaya rambut yang bergelombang membantu menciptakan efek ini. Sebaiknya hindari garis lurus, poni yang lurus dan rambut lurus atau rambut rata untuk bentuk wajah ini.
  • Bujur. Pertimbangkan memakai poni, khususnya poni yang disisir miring untuk menciptakan ilusi dahi yang lebih pendek untuk orang dengan bentuk wajah yang panjang.
  • Wajik. Pilihlah gaya rambut berlapis-lapis (layer). Hindari poni terkecuali jika di arahkan menjauhi tengah-tengah kening. [2]

Dapatkan petunjuk secara rinci untuk potongan rambut khusus yang Anda rencanakan. Anda tidak ingin “mengimprovisasi” dalam menciptakan gaya rambut. Ada banyak sumber yang dapat memberikan Anda langkah demi langkah petunjuk yang Anda butuhkan untuk membuat gaya rambut yang Anda inginkan.

  • Tontonlah video yang tersambung. Cek YouTube dan situs yang didedikasikan untuk video rambut yang menampilkan langkah dalam mengkreasikan gaya rambut yang ingin Anda pilih. Pastikan orang yang mendemonstrasikannya adalah pengarah gaya berpengalaman.
  • Bukalah majalah gaya rambut. Beberapa majalah menyediakan tutorial dengan foto-foto yang akan menampilkan bagaimana cara Anda memotong rambut.
  • Periksa situs milik perusahaan produk rambut. Perusahaan yang memproduksi dan/atau menjual produk rambut sering memasukkan tutorial ‘’How-to’’ dalam situs mereka.

Biasakan diri Anda dengan istilahnya. Anda harus memahami beberapa istilah khusus yang digunakan pengarah gaya pada saat berbicara mengenai proses pemotongan rambut, jadi Anda dapat mengikuti petunjuknya dengan mudah.[3]

  • Sudut menunjukkan posisi gunting ketika menggunting rambut; Anda dapat memegangnya secara vertikal, horizontal, atau pada sudut 45 derajat.
  • Tingginya mengacu kepada arah yang mana yang ditunjukkan oleh rambut ketika Anda memegangnya untuk memotong. Saat ujungnya mengarah ke lantai, tingginya dianggap nol derajat. Saat arahnya ke samping dan paralel ke lantai, membentuk sudut 90 derajat. Ketika rambut dipegang hingga ujungnya mengarah ke langit-langit, berarti 180 derajat.
  • Mencukur (razoring) adalah teknik untuk menciptakan lapisan-lapisan yang tipis atau untuk mengurangi volume dan menipiskan rambut.
  • Membuat tingkatan (layering) berarti menciptakan panjang rambut yang tidak teratur melalui potongan yang telah direncanakan. Lapisan yang lebih panjang memberikan ilusi panjang dan lapisan yang lebih pendek menciptakan volume pada rambut.
  • Graduation adalah gaya potongan rambut dimana rambut yang dipotong makin kebelakang makin pendek, menciptakan bentuk yang bergelombang.

Memotong

Pisahkan rambut dalam beberapa bagian. Kursus-kursus ilmu tata rias mengajarkan teknik pembagian standar yang dikenal sebagai 7 bagian belahan. Bagilah rambut menjadi tujuh belahan: atas, bagian kanan, bagian kiri, ubun-ubun sebelah kanan, ubun-ubun sebelah kiri, rambut pada tengkuk kanan, dan pada tengkuk kiri. Biarkan pita rambut dengan ukuran setengah inci di sekitar garis rambut.[4]

  • Mulailah dengan membuat garis belahan dari ujung di belakang telinga pada satu sisi hingga ujung yang sama pada sisi yang lain. Kemudian buatlah garis belahan pada setiap sisi kepala sepanjang daerah parietal untuk memisahkan rambut pada bagian atas dari kepala.
  • Sisirlah rambut ke arah bagian tengah belahan pada bagian atas kepala dan gulung rambut menjadi cepolan dan jepitlah dengan jepitan kupu-kupu untuk menahannya. Lakukan hal yang sama pada sisi kanan dan kiri kepala.
  • Sekarang buatlah sebuah garis pemisah di tengah-tengah kepala bagian belakang. Pisahkan bagian ubun-ubun kanan dan kiri dengan cara membelah rambut dalam baris, dari belakang telinga sampai ke pusat belahan yang baru saja diciptakan.
    • Belahan horizontal ini seharusnya bertemu untuk membentuk garis horizontal lurus di bagian belakang kepala.
    • Sisirlah untuk meluruskan bagian ini dan gulung dan ikat rambut seperti bagian sebelumnya.
  • Dua bagian sisanya-bagian tengkuk kiri dan kanan-dengan mudah bisa dipisahkan menjadi dua gulungan.
  • Setelah seluruh bagian telah terikat, kembali lagi ke atas kepala, bagian demi bagian, lepaskan pita setengah inci disisi terluar (atau yang kita kenal sebagai garis tepi) dan gulung kembali dan ikat bagian rambut.
Ikuti petunjuk gaya. Pada beberapa kasus, Anda akan bekerja dari rambut bagian belakang lalu ke bagian depan; pada kasus lain Anda akan memulainya dari depan; pada kasus lainnya lagi, Anda akan memotong di sekitar tepi rambut dan berlanjut dari sana. Setiap gaya berbeda dan membutuhkan rencana yang berbeda untuk memulai.
Mulailah dengan perlahan. Ingatlah bahwa biasanya perjanjian salon bisa berlangsung selama setengah jam hingga satu setengah jam. Anda bukan penata rambut yang profesional, jadi akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan potongan Anda. Jangan terburu-buru. Gaya rambut yang tidak rata mungkin bisa diperbaiki oleh professional dan hanya waktu yang dapat memperbaiki “potongan” rambut yang terlalu pendek.
Periksa kembali potongan Anda. Ambil bagian rambut dari posisi yang sama pada setiap sisi kepala dan bawalah ke titik pusat. Bagian rambut seharusnya sama panjang antara sisi yang satu dan sisi lainnya. Jika tidak, potongan Anda berarti tidak rata dan Anda harus memperbaikinya.

Membentuk

Pahami tujuan dibalik membentuk (texturizing). Membentuk adalah menipiskan rambut untuk membuang rambut yang berlebihan. Gunting khusus untuk membentuk, gunting dan pisau cukur biasa dapat digunakan untuk membuang rambut.

Gunakan potongan ujung (point cutting). Potongan ujung biasanya digunakan pada ukuran rambut yang sedang hingga panjang untuk menghaluskan potongan yang kasar, membuat bentuk dan menambah atau mengurangi bagian rambut. Ini juga bagus untuk membentuk rambut yang keriting.

  • Sisir dan angkat bagian yang tipis dari rambut; rambut seharusnya dipegang diantara jari-jari dan tegak lurus dengan kulit kepala.
  • Arahkan gunting Anda ke bagian dalam kulit kepala dan potonglah pada sudut yang curam untuk membuat “point” dan menciptakan bentuk.
  • Kelebaran dan kedalaman point Anda akan menentukan jika efeknya tipis atau lebih tebal.
  • Potongan ujung paralel menggunakan panjang mata pisau untuk mengurangi ketebalan, menciptakan bentuk “bertingkat” tanpa benar-benar menciptakan tingkatan.
Pelajari mengenai potongan bentuk V (notching). Potongan berbentuk V sama dengan potongan ujung; perbedaannya adalah potongan ini digunakan pada gaya rambut pendek, lurus untuk menciptakan bentuk liar atau berujung tajam.
Cobalah potongan bentuk V bergaya bebas. Untuk menggunakan teknik ini, ambil gunting Anda dan gunting secara acak tiap lembaran rambut untuk membuang bagian yang berlebihan dan mengurangi ketebalan. Potongan bentuk V bergaya bebas dilakukan jauh ke atas batang rambut daripada potongan berbentuk V, yang terfokus pada ujung rambut.

Gunakan teknik merayap (slithering). Ini adalah pilihan terbaik jika Anda ingin membuang bagian yang berlebihan dari ujung rambut yang panjang.

  • Pegang rambut tegak lurus dengan kulit kepala dan biarkan gunting dengan sedikit terbuka.
  • Selipkan gunting Anda di sepanjang rambut, jauh dari kulit kepala Anda.

Gunakan teknik sayatan (slicing). Slicing menambah pergerakan dan bentuk dengan cara mengurangi ketebalan rambut. Teknik ini dilakukan pada saat potongan rambut telah selesai dan bisa dilakukan pada rambut yang basah ataupun kering.

  • Pegang gunting Anda dalam keadaan terbuka (memotong dengan gaya yang bebas) dan selipkan gunting sepanjang batang rambut, buka dan tutup mata gunting Anda secara perlahan hingga ujung rambut.
  • Semakin Anda membuka dan menutup gunting, semakin banyak rambut Anda yang akan terbuang.
    • Peringatan: Hati-hati untuk tidak menutup seluruh mata gunting Anda sepenuhnya atau Anda akan memotong seluruh sisi rambut.

Cobalah teknik menggunting di atas sisir. Teknik ini sering digunakan untuk memotong rambut pria. Teknik ini membuat Anda bisa memotong dekat dengan kepala dan menciptakan gaya yang lebih lembut daripada Anda menggunakan gunting.

  • Mulailah dari garis rambut, angkat bagian rambut dengan sisir Anda.
  • Dengan mata gunting bagian bawah yang paralel dengan sisir Anda, potonglah rambut yang keluar dari sisi sisir.
  • Jaga mata pisau pada gunting Anda agar tetap bergerak, berhenti di tengah-tengah potongan akan membuat takik kecil.
  • Lakukan sebagian besar pemotongan dengan bagian tengah mata gunting daripada bagian ujungnya, yang dapat menghasilkan potongan sembarangan dan tidak rata.
  • Setelah anda memotong bagian pertama, angkat rambut yang telah dipotong bersamaan dengan bagian selanjutnya yang ingin Anda potong sebagai panduan Anda. Jangan memotong rambut dari potongan Anda yang sebelumnya – rambut ini hanya sebagai pemandu Anda. Kerjakan di sekitar rambut menggunakan teknik ini.

Potong dengan pisau cukur. Pisau cukur dapat membuang bagian yang berlebihan. Dalam beberapa kasus, pisau cukur digunakan sebagai ganti gunting untuk menyelesaikan seluruh pemotongan rambut.

  • Bagilah rambut secara vertikal pada bagian tengah dan secara horizontal di sekitar pertengahan belakang kepala. Jepitlah dua bagian atasnya dan tinggalkan yang di bagian bawah; disinilah titik awal Anda.
  • Gunakan sisir yang bergigi rapat untuk menarik rambut dengan sudut 45 derajat dan selipkan mata pisau cukur (juga dipegang pada sudut 45 derajat) dalam gerakan memotong pendek-pendek, dari akar rambut hingga di ujung rambut.
  • Kerjakan terus sepanjang belakang kepala, lalu di sepanjang sisinya. Jika rambutnya pendek, tidak apa-apa untuk mencukur bagian atas kepala sepanjang bagian ini tertutup oleh lebih banyak rambut yang tidak dicukur.
  • Jangan menggunakan pisau cukur pada rambut yang halus, bergelombang atau rambut keriting; Anda akan membuat rambut ini terkulai, kasar dan melayang.

Sentuhan Terakhir

Sapu potongan rambut. Sebelum mulai mengeringkan rambut, sebaiknya sapulah rambut yang berjatuhan di lantai terlebih dahulu. Dengan begitu, sisa potongan rambut tidak akan beterbangan kemana-mana.

Keringkan rambut. Anda belum bisa melihat hasil akhir potongan rambut yang sebenarnya hingga rambutnya kering dan tertata. Setelah rambut kering, Anda dapat melihat dan menyeimbangkan ujung-ujung yang tidak rata atau memperpendek poni yang panjang atau gaya keseluruhan

  • Jika mungkin, biarkan rambut kering sekitar 70-80% dan sisanya biarkan kering dengan sendirinya.
  • Letakkan pengering Anda pada pengaturan yang paling dingin, jaga agar pengering berjarak 6 inci dari rambut dan gerakkan secara terus-menerus.
  • Diluar anggapan buruk tentang pengering rambut, satu penelitian menemukan bahwa menggunakan pengering rambut pada jarak dan suhu yang benar sebenarnya bisa mengurangi kerusakan daripada membiarkan rambut kering dengan sendirinya. Air menyebabkan rambut mengembang. Semakin lama rambut tetap basah dan mengembang, semakin besar tekanan yang dibebankan pada protein rapuh yang menjaga rambut tetap utuh, sehingga menyebabkannya lebih rusak.[5]
Lakukan pemotongan pada ujung rambut. Periksa lagi dan rapikan yang tidak rata. Ini juga waktu untuk memotong poni yang terlalu panjang atau membuang kelebihan rambut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *