Cara Memotong Rambut Anda Sendiri

Memotong Rambut Panjang

Belilah sebuah gunting yang tajam. Langkah pertama dalam memangkas rambut Anda di rumah adalah memiliki peralatan yang benar. Anda perlu sebuah gunting pemangkas rambut yang tajam (Bukan gunting lama yang berada di rumah Anda) dan sebuah sisir bergerigi bagus.

  • Gunting pemangkas rambut tersedia di toko alat kecantikan – Anda bisa menemukannya dengan harga yang cukup murah, berkisar antara $25 hingga $50. Jika Anda tidak ingin membeli gunting pemangkas rambut, gunting kain juga boleh – asal pastikan “Sangat” tajam.
  • Memakai gunting tumpul kurang baik karena Anda akan merasa susah memangkas rambut Anda dan menjadikan rambut Anda bercabang – yang membuat Anda memangkasrambut menjadi sia-sia![1]

Basahi rambut Anda, namun jangan dikeringkan. Rambut basah lebih mudah dipangkas dibanding rambut kering, jadi pastikan untuk keramas dan memakai conditioner sebelum mulai memangkas.

  • Sisir penuh rambut Anda ketika selesai mandi – rambut Anda perlu halus dan bebas kusut sebisa mungkin. Gunakan conditioner jika Rambut Anda cenderung keriting atau sulit diatur.
  • Jika Rambut Anda lumayan panjang atau tebal, ada kemungkinan besar bagian dari rambut Anda akan mulai mengering sebelum Anda memangkasnya. Untuk mengatasinya, isi botol semprotan dengan air dan sedikit conditioner. Jadi Anda bisa membasahi rambut Anda kapanpun Anda perlu!

Pangkas bagian atas rambut Anda. Tergantung dari keteblannya, dugalah bahwa Anda akan bekerja dibeberapa bagian rambut Anda, mulai dari lapisan terbawah perlahan-lahan menuju ke atas.

  • Gunakan pengikat rambut elastis atau jepitan untuk membagi rambut menjadi bagian-bagian. Hanya pastikan bahwa rambut yang terbagi tidak keluar dari pembagian – kalau tidak rambut itu akan mengganggu proses pangkas Anda.
  • Setelah Anda selesai dengan lapisan rambut bawah, Anda bisa mulai melepas bagian yang lain.

Cari rambut yang bercabang. Jika Anda ingin sedikit merapikan rambut Anda untuk menyingkirkan rambut yang rusak, Anda perlu pertama-tama mencari tahu seberapa banyak rambut yang akan dipangkas.

  • Perhatikan ujung rambut Anda. Jika terlihat kurus atau keriting, atau bercabang, mungkin rambut itu rusak dan perlu dipangkas.
  • Pangkas rambut sekitar 0.25 inch (6 mm) berhenti diatas kerusakan. Ini akan menjaga rambut Anda dalam kondisi baik.

Ukurlah tempat dimana Anda ingin pangkas. Untuk Pangkas yang akurat, Ambil bagian rambut dengan jari telunjuk dan tengah tangan tidak dominan Anda.

  • Tarik jari Anda menuruni rambut, hingga mencapati titik sedikit diatas tempat Anda ingin memangkas rambut Anda. Pastikan rambut tidak kusut atau tergulung antara jari Anda – rambut harus benar-benar terletak datar/lurus.
  • Rambut Anda akan terlihat lebih pendek ketika kering, maka berhati-hatilah ketika mengukur seberapa banyak yang perlu dipangkas. Ini penting khususnya bagi orang berambut keriting.
  • Ingat – Anda bisa kapan saja memangkasnya lebih pendek kemudian, tetapi Anda tidak bisa mengembalikan jika Anda memangkasnya terlalu banyak dalam kali pertama.

Ratakan ujungnya. Jika Anda siap untuk memangkas, Pegang gunting persis dibawah jari-jari, dengan cara paralel. Coba untuk memberi tekanan yang wajar pada rambut di antara jari Anda.

  • Rapikan perlahan, biarkan rambut yang terpangkas jatuh dengan jari-jari Anda (dan rambut yang dipegang) tetap stabil dan diposisi tetap.
  • Jika Anda ingin rambut Anda berujung Tumpul, cukup Pangkas lurus dan biarkan. Jika Anda ingin akhiran yang lebih lembut, pegang gunting secara vertikal (tegak lurus dengan jari-jari Anda) dan pangkas langsung rambut, hingga tidak ada ujung tajam tersisa. Ini akan memberikan ujung rambut Anda mirip seperti bulu.[2]

Pastikan ujung-ujungnya sama. Setelah Anda selesai merapikan satu lapisan rambut, pastikan ujung-ujungnya sama. Pegang bagian dari masing-masing ujung dengan tangan, menggunakan Ibu jari dan telunjuk.

  • Tarik kedua jari menuruni rambut dengan kecepatan yang sama. Tangan manapun yang sampai pada ujung duluan adalah rambut yang lebih pendek.
  • Rapikan sedemikian rupa untuk disamakan. Periksa kembali panjangnya hingga Anda puas, lalu lanjut ke lapisan rambut berikutnya.

Rapikan lapisannya(Boleh iya, boleh tidak). Mengurursi lapisan-lapisan, terutama jika Anda memiliki rambut tebal atau keriting, lebih baik diserahkan kepada yang profesional. Tetapi, jika Anda benar-benar perlu perapian cepat untuk tampilan wajah Anda, Gunakan teknik-teknik ini:

  • Pegang ujung lapisan rambut sebanyak mungkin di antara jari-jari Anda, lalu rapikan rambut pendek sebisa mungkin, dengan memegang gunting “sedikit” mengarah ke bawah.
  • Dengan kata lain, rapikan rambut mengikuti sudut dari rahang di sisi wajah ke bahu disisi yang sama.
  • Gunakan teknik pelembutan yang telah dijelaskan di atas untuk menyamakan ukuran dari ujung rambut, lalu samakan lapisan di setiap sisi wajah untuk memastikan sama ukuran.

Cek kembali rambut ketika kering. Setelah rambut Anda kering (dengan cara yang biasa Anda lakukan baik dengan pengeringan alami atau pengering rambut), Periksa pangkasan rambut Anda untuk ketidaksamaan yang menonjol.

  • Gunakan cermin untuk memeriksa rambut di belakang kepala Anda atau, yang lebih baik, tanyakan teman terpercaya untuk memeriksanya untuk Anda.
  • Jika Anda menemukan adanya ketidakseimbangan, ambil gunting Anda sekali lagi dan, dengan sangat hati-hati, coba untuk menyetarakan, pangkas sedikit rambut sebisanya.[1]

Memotong Rambut Pendek

Kumpulkan alat-alatnya. Kebanyakan pangkas rambut yang pendek dihasilkan dengan alat pencukur listrik dan sebuah gunting. Pastikan Anda memiliki pelindung yang Anda inginkan untuk pisau cukurnya (yang akan menentukan seberapa banyak rambut Anda yang akan terpangkas) dan gunting yang tajam.
Mulai dengan rambut basah. Anda bisa mencucinya, atau membasahinya dengan semprotan botol sebelum memulai. Rambut basah lebih mudah dipangkas, dan membuat pembersihan menjadi mudah..

Mulai dengan kepala teratas Anda. Untuk Potongan rambut Pria tradisional, rambut diatas kepala Anda haruslah sedikit lebih panjang dari sisi samping dan belakang.

    1. Mulai dengan 1 atau 2 inci di atas telinga Anda, dan ikuti garis tersebut mengitari kepala belakang Anda hingga ke telinga yang satu lagi, sambil menggerakkan pencukur lurus keatas.
  • Kemudian, mulai di dahi Anda, rapikan rambut teratas Anda dengan menggerakkan pencukur kembali ke lengkungan alami dari kepala Anda.
  • Temukan titik-titik yang Anda lewatkan di kedua area ini.

Pangkas bagian belakang dan samping. Pakai pelindung yang lebih pendek untuk pencukur Anda. Mulai dengan jambang Anda, gerakkan pencukur ke atas. Pangkas sampai titik dimana Anda mulai menggunakan pelindung yang lebih panjang sebelumnya.

  • Di belakang kepala Anda, nyalakan pencukur di leher dan gerakkan ke atas, sekali lagi berhentilah ditempat Anda pangkas dengan pelindung yang lebih panjang.
  • Jangan khawatir akan perbedaan panjang untuk sekarang – untuk itulah ada gunting.

Gunakan gunting untuk memadukan dua panjang rambut. Gunakan telunjuk dan jari tengah pada tangan non-dominan kalian, ambil bagian rambut panjang diatas dimana Anda beralih.

  • Dengan gunting, berhati-hatilah mengatur rambut Anda hingga kedua rambut yang berbeda panjang dapat berpadu.
  • Lakukan hal ini ke seluruh kepala Anda hingga 2 bagian terlihat terpadu baik dan tidak ada perbedaan antara kedua panjang yang menonjol.
  • Minta teman memeriksa kembali bagian belakang kepala Anda, gunakan cermin kecil didepan cermin besar untuk memeriksa diri Anda sendiri.
  • Jika bagian “panjang” dari rambut Anda di atas lebih pendek dari lebar jari, maka lewati langkah menggunakan jari telunjuk dan tengah Anda untuk menarik bagian-bagiannya.

Memangkas Poni (Tepi)

Ambil sebuah gunting. Anda dapat membeli gunting yang dibuat untuk memangkas rambut di toko alat kecantikan. Jangan menggunakan gunting kertas atau kuku – mereka terlalu tumpul dan akan membuat potongan yang aneh.
Putuskan seberapa pendek Anda akan memangkasnya. Buat perkiraan di mana Anda ingin poni itu jatuh. Ingat, Anda selalu bisa memangkasnya lagi, tetapi menumbuhkan kembali rambut yang tidak sengaja dipangkas butuh waktu lama.
Tarik sisa rambut Anda. Amankan rambut yang bukan bagian tepi Anda agar terhindar dari wajah dan keluar dari area berbahaya. Jika perlu, gunakan sisir untuk memisahkan poni Anda dari sisa rambut Anda.
Basahi poni Anda. Percik sedikit air ke rambut, atau gunakan botol semprotan. Mereka lebih mudah dipangkas ketika basah, dan Anda bisa melakukan pemulihan ketika sudah kering.
Perkirakan dimana Anda ingin memangkas. Genggam satu bagian rambut dengan jari telunjuk dan jari tengah dari tangan non-dominan Anda. Tarik jari Anda kebawah agar mereka berada tepat diatas tempat dimana Anda ingin pangkas.
Pangkas rambut dibawah jari Anda. Tempatkan gunting dekat dengan jari Anda (agar gunting hampir berposisi paralel) dan pangkas perlahan. Jari Anda (dan rambut yang dipegang) harus tetap stabil secara rambut yang terpangkas jatuh.

Pastikan sisi – sisinya sama. Jika Anda ingin poni Anda berukuran sama seluruhnya, pastikan mereka sama.

  • Di setiap sisi, genggam helai rambut dengan ibu jari dan telunjuk masing-masing tangan. Tarik jari dikedua tangan Anda perlahan kebawah dan dengan kecepatan yang sama.
  • Jika salah satu tangan mencapai habis duluan, Anda perlu memangkas sedikit untuk menyamakan sisi-sisinya.
  • Lakukan ini sampai Anda puas dengan panjangnya.

Pangkas poni samping yang membentang (Boleh iya boleh tidak). Jika Anda ingin poni Anda menyamping ke tepi, sisirlah ke arah yang Anda inginkan mereka berada.

  • Tundukkan kepala Anda kedepan sedikit, agar poni Anda jauh dari wajah Anda. Tempatkan gunting di arah yang Anda ingin poni membujur.
  • Mulai di dekat bagian, posisikan gunting ditempat Anda ingin bagian poni terpendek. Untuk poni samping yang membentang, mereka akan sedikit lebih panjang selagi Anda memangkas. Karena hal ini, Sudut kemiringan gunting Anda sedikit ke bawah.
  • Buat pangkasan pendek, kecil di poni Anda. Jaraknya mungkin sedikit berombak, tetapi tidak terlalu. Bidik untuk memangkas bagian rambut yang berlebar sekitar 0.5 inci (12 mm).
  • Ketika poni Anda kering, sentuhlah. Acak rambut Anda sedikit, dan lihat apakan Anda senang dimana poni Anda menetap. Pangkas lagi jika diperlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *