Cara Memiliki Rambut yang Bagus

Tips Umum Memelihara Rambut

Cuci rambut Anda dengan tepat. Jika bisa, usahakan tidak mencuci rambut Anda tiap hari. Dibasahi dan dibersihkan tiap hari akan menghilangkan minyak alami dari rambut Anda.

  • Pijat kulit kepala Anda dengan shampo, bukan kondisioner. Lakukan ini selama kurang lebih 40 detik sebelum menmbilasnya. Jika rambut Anda berminyak, ulangi proses satu kali lagi (dengan shampo, bukan kondisioner). Saat Anda memijat bagian atas kepala, sirkulasi bertambah dan membantu mencegah ketombe. Gunakan shampo bebas sulfat dan silikon jika rambut Anda keriting atau ikal.
  • Tuang kondisioner pada telapak tangan dan gosokkan daru ujung ke akar rambut Anda. Jika Anda menginginkan rambut yang terlihat lebih lembut dan halus, biarkan kondisioner pada kepala Anda selama beberapa menit sebelum dibilas.
  • Usahakan mencuci rambut Anda pada “pengaturan terdingin” yang nyaman untuk Anda atau setidaknya usahakan melakukan bilasan terakhir menggunakam air “dingin”. Ini menutupi kutikula rambut (bagian luar batang rambut) dan mengunci kelebaban, membuatnya lebih bersinar. Air yang lebih panas bisa digunakan sekali waktu untuk mencuci rambut, jika Anda memiliki rambut yang sangat berminyak atau kotor. Bagaimanapun, usahakan membilas dengan suhu air “dingin” untuk bilasan terakhir.

Keringkan rambut Anda dengan hati-hati. Pengering rambut (blow dryer) bisa lebih bermanfaat dibandingkan mengeringkan dengan udara jika digunakan secara tepat. Saat mengeringkan rambut dengan pengering rambut elektronik, atur pada pengaturan “dingin” dan pegang sedikit jauh dari rambut untuk melindungi dari panas. Jika Anda memegang pengering rambut terlalu dekat, air di rambut Anda akan mulai mendidih. Inilah mengapa pengering rambut dianggap buruk, namun jika Anda menggunakannya dengan tepat bisa sangat baik. Jika bisa, hindari mengeringkan rambut Anda dengan panas sebanyak mungkin; ini hanya akan menuakan rambut Anda.

  • Hindari memeras rambut Anda dengan handuk setelah mandi. Rambut basah lebih rapuh, dan memerasnya bisa menyebabkan helaian rambut patah atau rontok.
  • Gunakan semprotan pelindung panas saat menggunakan pengering rambut. Anda juga harus menggunakan semprotan pelindung saat menggunakan pengeriting panas atau catok.

Hindari menyisir rambut saat basah. Rambut basah lebih elastis dan mudah patah. Selain itu, jangan menyisir rambur terlalu sering. Orang mengatakan bahwa menyisir rambut Anda 100 sisiran sehari akan membuatnya lebih lembut – namun hanya akan menyebabkan kerusakan pada rambut Anda.

  • Saat menyisir rambut, usahakan menggunakan sisir berbulu alami seperti sisir berbulu babi jantan. Sisir ini mendistribusi minyak pada rambut Anda untuk membuatnya lebih lembut dan berkilau.
  • Hanya gunakan sisir bergigi jarang pada rambut basah. Pakai kondisioner tanpa bilas atau penghilang kusut untuk membuat rambut Anda lebih lembut.

Berikan rambut Anda perawatan khusus sekali waktu.

  • Gunakan perawatan kondisioner mendalam. Anda bisa menggunakan perawatan kondisioner mendalam seperti minyak zaitun, minyak argan, minyak alpukat, atau minyak kelapa.
  • Anda juga bisa membeli masker atau krim rambut dan memakainya.
  • Gunakan perawatan alami seperti minyak zaitun, mayones, dan sebutir telur atau rendam dalam susu berlemak penuh. Biarkan perawatan ini selama 2-3 jam dan bilas secara menyeluruh tanpa menggunakan shampo atau kondisioner. Anda bisa melakukan ini 1-2 kali seminggu, jika Anda melihat hasil yang baik.
  • Gunakan kondisioner tanpa bilas setidaknya sekali seminggu. Kondisioner tanpa bilas menembus ke dalam kutikula rambut Anda untuk memperbaikinya lebih menyeluruh.
  • Cobalah semprotan kondisioner tanpa bilas/penghilang kusut setelah mandi. Kondisioner akan membuat rambut Anda lebih lembut dan mudah diatur.
Jangan banyak menggunakan produk penata rambut. Produk penata rambut bisa mengeringkan kulit kepala Anda, jika digunakan langsung pada kulit kepala. Usahakan tidak sering menggunakannya, namun jika harus, pakai pada helaian rambut dan tidak pada kulit kepala. Gunakan maksimal 4 kali seminggu untuk menghindari merusak rambut Anda.
Hias rambut sehat dan indah Anda. Klip atau jepit bisa memperindah rambut. Sesuaikan dengan pakaian atau kepribadian Anda. Jika Anda menggunakan ikat rambut, gunakan ikat rambut berbalut kain untuk menghindari kerusakan dan kekusutan.

Makan makanan yang sehat yang akan membuat rambut Anda tetap kuat dan berkilau. Pola makan Anda juga bisa mengurangi kerontokan.

  • Asam lemak esensial, terutama asam lemak omega-3, meningkatkan kesehat kulit, rambut dan kuku. Anda sebaiknya mengonsumsi beberapa makanan ini, yang kaya omega-3, setiap hari:
    • Ikan salmon, ikan tuna (cakalang), ikan kembung, dan ikan berlemak lainnya.
    • Minyak biji rami (flax seed)
    • Kacang walnut (kenari), kacang almond (badam), dan susu.
  • Vitamin B-6, B-12, dan asam folik juga penting untuk rambut Anda. Anda bisa mengonsumsi multivitamin untuk mendapatkan beberapa nutrisi ini, namun Anda juga bisa menambahkan makanan yang kaya akan vitamin ini ke dalam pola makan Anda.
    • Vitamin B-6: pisang, kentang (putih dan manis) dan bayam.
    • Vitamin B-12: daging, ayam, ikan dan bahan dairy (susu, keju, dll.)
    • Asam folik: Buah citrus (jeruk), tomat, produk gandum, biji dan kacang-kacangan.
  • Protein juga mengingkatkan kesehatan rambut. Makan satu porsi ikan, ayam, telur, atau kedelai setiap hari.[1]

Memelihara Rambut Lurus

Gunakan shampo dan kondisioner yang tepat untuk mencegah rambut lurus Anda menjadi tipis dan lemas. Lebih baik yang menambah volume (terutama jika rambut Anda tipis alami). Jika shampo biasa tidak sesuai, cobalah menggunakan shampo tanpa sulfat dan silikon.
Keringkan rambut Anda dengan sisir besar bergigi pipih. Sisir ini tidak hanya mengatur helaian rambut Anda, namun juga mengkilapkan rambut Anda dan menghaluskannya.
Gunakan produk penata rambut menghasilkan akhir yang indah. Untuk membuat rambut Anda terlihat mengkilap, pakai mousse penambah volume ringan sebelum mengeringkan. Jika Anda memerlukan penahan, gunakan hairspray genggam fleksibel.
Pilih peralatan penata rambut yang tepat. Jika Anda perlu mencatok rambut Anda, pilih alat dengan pengaturan panas bervariasi. Gunakan pengaturan paling rendah yang bisa mencatok rambut Anda dengan efektif untuk menghindari kerusakan rambut karena panas.
Jika Anda ingin mengeritingkan atau mengikalkan rambut Anda, menggunakan catok atau tongkat pengeriting bekerja paling bagus untuk tipe rambut Anda.
Hindari menata dengan panas setiap hari. Kepangan yang sederhana atau anggun bisa dipakai pada hari Anda tidak mau atau tidak boleh menata rambut Anda. Rol panas boleh digunakan, namun Anda sebaiknya mensyukuri rambut lurus Anda.

Tips Untuk Rambut Keriting atau Ikal

Gunakan shampo dan kondisioner yang dibuat khusus untuk rambut keriting. Pastikan Shampo Anda bebas sulfat dan silikon, karena sulfat mebuat rambut keriting bertambah kering, dan silikon bisa bergumpal pada rambut keriting. Silikon tidak apa-apa untuk rambut Anda selama Anda menggunakan shampo dengan Cocoamidopropyl Betaine, atau cocobetaine, dan shampo sebenarnya tidak mengandung silikon.

Cuci rambut hanya jika perlu, untuk mempertahankan minyak alami rambut Anda.

  • Pijat shampo pada kulit kepala dan biarkan busa mengalir ke ujung.
  • Pakai kondisioner pada pertengahan helai rambur Anda dan tarik ke ujung. Sisir dengan sisir bergigi jarang, jika perlu. Kerutkan rambut Anda untuk membantu bentuk keriting.
  • Bilas rambur Anda dengan air “hangat atau dingin” untuk menghindari kekeringan.
Keringkan rambut Anda dengan kaus 100% katun, handuk microfiber, atau bahkan paper towel bukan menggosok rambut basah Anda dengan kasar menggunakan handuk.
Pakai perawatan kondisioner mendalam tiap minggu. Lalu, lakukan perawatan minyak panas tiap bulan untuk memberikan rambut ikal Anda kilauan yang bercahaya.
Hindari menyisir rambut Anda. Menyisir akan mematahkan kutikula rambut Anda dan menyebabkan “frizz”. Gunakan sisir bergigi jarang atau jari Anda untuk menarik rambut kusut.
Pakai kondisioner tanpa bilas pada rambut Anda sebelum menatanya. Tata rambut Anda saat basah atau usahakan tidak menyentuh atau mengerutnya saat mengering alami.
Hindari produk penata rambut yang mengandung alkohol. Semprotan yang mengandung garam laut bagus untuk membentuk rambut keriting, namun pastikan juga mengandung bahan kondisioner, karena garam laut bisa membuat rambut Anda kering.
Usahakan tidak tidur dengan rambut basah. Jika harus, kepang dalam tiga bagian atau lebih. Selain itu, tidur pada sarung bantal satin atau sutra untuk meminimalkan frizz.[2]

Pengeriting dan Pelurus Berbahan Kimia

Keriting atau luruskan rambut Anda menggunakan bahan kimia tidak lebih dari satu kali tiap 6 minggu. Pengeriting dan pelurus berbahan kimia masing-masing mengubah rambut Anda dengan mengubah ikatan kimianya. Karena alasan ini, rambut yang dikeriting atau diluruskan sangat rentan patah dan rusak.
Minimalkan penataan menggunakan panas dan pengering rambut. Selain itu, usahakan tidak mewarnai rambut Anda, jika Anda juga menatanya dengan kimia. Proses ini bisa menambah resiko merusak rambut yang dikeriting atau diluruskan.

Hindari meluruskan atau mengeriting rambut Anda menggunakan bahan kimia, jika kulit kepala Anda iritasi.

Gunakan pewarna rambut dengan hati-hati. Mewarnai rambut yang diluruskan atau dikeriting boleh saja, namun bisa merusak rambut Anda. Coba menggunakan rambut palsu jepit untuk highlight. Jika Anda membutuhkan warna, tunggu setidaknya 3 hari namun tidak lebih dari 7 hari untuk janji temu Anda atau bicarakan dengan penata rambut mengenai apa yang paling sehat untuk rambut Anda.[4]

Mewarnai Rambut Anda

Warnai rambut Anda sendiri di rumah. Anda bisa melakukan ini dengan mudah jika hanya menutupi rambut putih atau jika warna hanya sedikit berbeda dengan warna alami rambut Anda. Apapun yang lebih rumit sebaiknya ditangani di salon.

  • Gosokkan jelly minyak tanah di sekitar garis rambut Anda untuk menghindari noda pewarna pada kulit.
  • Atur timer sesuai petunjuk bungkus pewarna rambut. Bilas pewarna secara menyeluruh setelah timer berbunyi.
2

Beli pewarna di salon.

  • Pakai kondisioner mendalam pada rambut Anda beberapa hari sebelum temu janji. Melembabkan rambut Anda akan membantunya menahan rambut lebih baik. Selain itu, jika bisa, jangan menggunakan shampo pada hari temu janji.
  • Bawa gambar. Anda bisa memberitahu penata rambut “strawberry blonde”, namun ia mungkin memiliki visi berbeda mengenai warna tersebut dengan Anda. Gambar mengklarifikasi apa yang Anda inginkan.
3

Pelihara rambut yang diwarnai dengan baik.

  • Pastikan rambut Anda tetap sehat dan lembab. Rambut kering memudarkan warna dengan cepat.
  • Lindungi rambut Anda saat terdedah matahari.[5] Pakai topi atau syal, atau ikat atau kepang rambut Anda. Anda juga bisa menggunakan produk yang mengandung SPF.

Rambut Bagus Untuk Pria

Gunakan shampo berjenis apapun. Untuk kebanyakan tata rambut pria, tidak ada shampo tertentu yang lebih baik dari lainnya. Jika rambut Anda berketombe, cari shampo yang mengandung ketoconazole, salicylic acid, tar, zinc atau selenium sulfide.
2

Tentukan apakah Anda ingin menggunakan kondisioner.

  • Jika rambut Anda pendek dan lurus, Anda tidak perlu menggunakan kondisioner atau gunakan kombinasi shampo/kondisioner.
  • Rambut keriting, ikal, atau panjang, di sisi lain, kemungkinan tidak perlu memakai kondisioner. Bereksperimen dengan merek berbeda-beda untuk menemukan sesuatu yang Anda sukai.
Lindungi kulit kepala Anda dari matahari. Jika Anda memiliki bintik kecil, pakai tabir surya krim atau semprot untuk melindungi kulit kepala dari terbakar dan mengelupas.
Pelihara rambut yang menipis. Anda bisa menggunakan produk penumbuh rambut atau bicarakan dengan dokter Anda mengenai sebuah prekripsi. Samarkan bintik kecil degen menggunakan kondisioner badan ekstra dan mengoleskan sedikit gel penata gaya diatas bintik tersebut.[6]
Jangan banyak menggunakan produk penata rambut. Jangan gunakan lebih dari gumpalan gel berukuran koin. Setelah rambut Anda tertata, Anda bisa mengakhirinya dengan sedikit wax di ujung untuk definisi dan kilau.[7]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *