Cara Membuat Rambut Lurus Tanpa Menggunakan Catok Rambut

Meluruskan rambut seringkali memerlukan peralatan panas serta bahan-bahan kimia yang bisa merusak rambut. Namun kini, kamu bisa meluruskan rambut sendiri tanpa alat-alat dan bahan kimia tersebut.

Wanita Indonesia memang mayoritas memiliki rambut yang lurus. Rambut yang lurus juga membuatnya menjadi mudah di-styling dan diatur. Meluruskan rambut biasanya identik dengan penggunaan catokan ataupun produk-produk kimia lainnya yang malah merusak rambut seperti dengan cara melakukan rebonding ataupun smoothing rambut.

Namun rupanya ada cara yang lebih alami untuk bisa meluruskan rambutmu tanpa membuatnya rusak lho. Kamu bisa melakukan cara-cara ini untuk meluruskan rambut tanpa merusak rambutmu. Yuk, simak!

Awali dengan Sampo dan Kondisioner yang Tepat

Shampoo

Sangatlah penting untuk memulai dengan pilihan shampo dan kondisioner yang tepat, yaitu yang memang diperuntukkan untuk rambut lurus. Usai mencuci rambut, peraslah rambut hingga air keluar sebanyak mungkin. Kemudian pakai smoothing cream atau leave-in conditioner, serta gunakanlah smoothing serum atau oil sesuai dengan jenis rambutmu.

Gunakan Handuk Ultra-Absorbent

Menggunakan handuk

Teknik meluruskan rambut tanpa catok ini lebih mudah diaplikasikan pada rambut dengan tekstur lurus atau sedikit bergelombang. Dan meskipun perlu berjam-jam untuk membuat rambut benar-benar kering, kamu bisa mempersingkatnya dengan memakai handuk ultra-absorbent yang akan menyerap air dari rambut dengan lebih cepat tanpa membuatnya rusak dan kusut.

Sisir Rambut Sampai Kering

Menyisir rambut

Untuk rambut panjang dan medium yang lebih mudah diluruskan, sisir rambut yang masih basah dengan sikat rambut ke bawah. Tarik kencang menggunakan tanganmu setiap beberapa menit sekali sampai kering. Sementara itu untuk rambut bergelombang, teknik ini akan menghasilkan rambut setengah kering  yang biasa kamu lihat di runways. Kamu bisa memberi finishing dengan oil atau pomade di ujung-ujungnya agar hasilnya lebih halus.

Gulung Rambut Basah Mengelilingi Kepala dan Tunggu

Menggulung rambut basah

Teknik ini menyontek cara orang Argentina mengeringkan rambut. Pertama-tama keringkan rambut sampai hampir kering. Kemudian ambil sedikit bagian rambut dan gulungkan ke sekeliling kepalamu sampai semua bagian rambut tergulung. Lakukan di malam hari, dan pagi harinya, kamu akan mendapati rambutmu sudah lurus dan lembut.

Gunakan Roller Rambut Jumbo

Velcro rollers

Untuk rambut panjang, gunakan sekitar 6 roller rambut berukuran jumbo. Keringkan rambut dengan handuk terlebih dahulu, kemudian bagi rambut sesuai dengan lebar roller. Sisir rambut, ratakan, dan gulung rambut pada roller. Kencangkan dengan klip pada kedua sisi roller. Roller rambut yang terbuat dari plastik akan memberikan hasil yang lebih halus dibandingkan roller yang terbuat dari Velcro atau foam.

Pilih Produk yang Tepat

Minyak rambut

Gunakanlah produk yang bisa membantu mencegah rambut kusut, sudah diatur, serta dapat melembutkannya. Misalnya saja gel serum untuk rambut.

Gunakan Settingan Cold Air pada Hair Dryer

Pakai hair dryer

Untuk mendapatkan rambut lurus, pakailah blow dryer dengan cold air. Selain itu tak perlu menggunakan produk apapun ketika mengeringkannya. Cukup gunakan kombinasi sikat rambut dan jari-jarimu untuk membantu meluruskan rambutmu. Baru setelah rambut kering sepenuhnya, kamu bisa memakai produk-produk alami, seperti coconut oil untuk melembutkan kutikula rambut dan mengurangi kusut. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Masalah Rambut Sekarang