Cara Meluruskan Rambut untuk Pria

Cara Meluruskan Rambut untuk Pria Menggunakan Perawatan Salon

Blow rambut Anda keluar. Anda membutuhkan pengering rambut untuk melakukan cara ini. Setelah keramas, keringkan rambut Anda menggunakan handuk lalu sisir hingga tidak ada lagi rambut yang kusut. Setelah itu, keringkan rambut Anda menggunakan pengering rambut dengan suhu dan kecepatan yang paling tinggi. Sambil mengeringkan, tarik lurus rambut dengan arah menjauhi kepala Anda dengan sisir untuk menciptakan blow keluar. Arahkan angin yang keluar dari pengering rambut ke atas dan ke bawah mengikuti sisir yang menarik rambut Anda. Cara ini akan menjadikan rambut Anda lurus.

  • Gunakan sisir bulat untuk blow rambut. Sisir ini membantu Anda untuk menciptakan blow rambut yang terarah dan rapi.
  • Selalu gerak-gerakkan pengering rambut agar kulit kepala Anda tidak terbakar. Gerakan ini akan menghindarkan panas dari pengering rambut untuk tidak berpusat pada satu tempat saja.
  • Jika Anda mengalami kesulitan, Anda dapat meminta penata rambut, teman atau saudara perempuan Anda untuk melakukan tutorial. Cara ini mungkin terasa sulit bagi Anda yang baru pertama kali mencobanya, tetapi jika terus berlatih, lama-kelamaan Anda pasti akan terbiasa.

Gunakan alat catok. Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan alat catok. Semua alat catok dapat digunakan oleh siapa saja, tidak hanya wanita, tetapi juga pria. Alat catok bekerja dengan memanaskan dua pelat keramik yang kemudian digunakan untuk menyepit rambut Anda dengan digerakkan dari bagian atas ke bagian bawah rambut, mengubah rambut Anda yang ikal menjadi lurus. Setiap alat catok memiliki ukuran dan kapasitas suhu yang berbeda-beda. Untuk pria, disarankan menggunakan alat catok dengan kapasitas suhu melebihi 177 derajat Celsius dan lebar tidak lebih dari 2,5 cm, terutama bagi Anda yang berambut pendek. Sebelum digunakan, alat catok harus dibiarkan memanas selama 2-3 menit setelah dinyalakan. Setelah itu, ambil sebagian kecil rambut Anda, posisikan di antara pelat keramik, jepit sambil digerakkan dari bagian atas hingga ujung rambut.[1]

  • Jangan biarkan catokan terhenti pada satu bagian rambut selama lebih dari 3-5 detik. Kalau tidak, rambut Anda bisa terbakar akibat panas yang berlebih.
  • Jika ingin rambut lurus Anda tahan dalam waktu yang lebih lama, gunakan pengering rambut dengan pengaturan suhu yang paling rendah untuk mendinginkan rambut Anda setelah terkena panas dari alat catok.
  • Jika Anda memiliki rambut panjang, jepit atau ikat rambut bagian atas Anda dan mulai dari bagian bawah. Selain mempercepat proses, cara ini juga menjamin tidak ada rambut yang terlewat.[2]
  • Berhati-hatilah ketika menggunakan alat catok di bagian dekat akar rambut karena bisa saja kulit kepala Anda terbakar akibat panas dari pelat.

Dapatkan perawatan Brazilian Keratin. Cara ini memang tergolong cukup mahal, tetapi dapat dipastikan Anda akan mendapatkan rambut yang teramat sangat lurus dan lembut setelah mendapatkan perawatan ini. Anda dapat memperoleh perawatan Brazilian Keratin di salon dan biasanya, rambut lurus yang dihasilkan dapat bertahan selama kurang lebih 6-8 minggu. Perawatan ini bekerja dengan cara melapisi setiap helaian rambut dengan cairan keratin (protein yang dimiliki rambut). Bahan kimia yang mengandung keratin ini dioleskan pada seluruh lapisan luar rambut untuk membantu efek rambut lurus bertahan lebih lama.[3]

  • Perawatan Brazilian Keratin memang belum menunjukkan adanya efek samping, tetapi perawatan ini sudah dilarang di Kanada dan Uni Eropa karena beberapa bahan kimia yang terkandung di dalamnya.[4]

Gunakanlah produk pelemas rambut (hair relaxer). Jika Anda memiliki rambut yang sangat keriting dan kusut, Anda dapat mencoba produk pelemas rambut. Produk ini mirip dengan perawatan Brazilian Keratin. Bedanya adalah bahan yang terkandung dalam produk ini sepenuhnya merupakan bahan kimia. Produk pelemas rambut bekerja dengan mengubah helaian rambut menjadi lurus secara permanen. Produk ini memang dapat sangat merusak rambut Anda, tetapi dapat dipastikan Anda akan mendapatkan rambut yang lurus setelah menggunakan produk pelemas rambut ini. Perlu diketahui bahwa meskipun memberikan hasil yang permanen, Anda tetap harus menggunakan produk ini kembali setiap beberapa minggu atau bulan untuk meluruskan rambut sekitar akar Anda.

  • Jika Anda rindu dengan rambut alami Anda, hal yang harus dilakukan adalah cukup potong rambut yang sudah terkena produk pelemas rambut lalu biarkan rambut Anda tumbuh.

Cobalah potongan rambut baru. Biasanya, semakin pendek rambut Anda, semakin tidak terlihat gelombang pada rambut Anda. Oleh karena itu, jika Anda memiliki rambut yang panjang dan sulit untuk terus dijaga agar tetap lurus, mungkin memotong rambut Anda beberapa senti dapat menjadi salah satu pilihan yang dapat Anda pertimbangkan. Di sisi lain, semakin panjang rambut Anda, semakin besar bobot yang dimiliki rambut Anda. Jadi, mungkin saja rambut Anda akan terlihat lebih lurus akibat bobot tersebut. Biarkan rambut Anda panjang hingga 2,5-5,1 cm atau kurang lebih sepundak. Kedua potongan rambut ini akan membuat rambut Anda terlihat lebih lurus.

  • Hindari potongan layer sebab potongan ini hanya akan membuat rambut Anda terlihat semakin keriting.[5]

Menggunakan Perawatan di Rumah

Cobalah perawatan dengan santan. Kelapa dipercaya memiliki khasiat untuk membuat rambut lurus secara alami. Kelapa dapat bekerja sebagai kondisioner alami yang akan melembutkan serta meluruskan rambut ikal Anda. Siapkan kelapa segar dan masukkan air kelapa beserta dagingnya ke dalam blender. Biarkan keduanya bercampur rata menjadi santan. Dalam keadaan basah, olesi rambut Anda dengan santan tersebut. Setelah didiamkan selama satu jam, bersihkan rambut dengan air hangat.

  • Anda dapat melakukan perawatan ini beberapa kali dalam seminggu.
Cobalah perawatan dengan campuran susu dan madu. Susu sapi sudah terbukti dapat membantu rambut agar lebih lurus, sedangkan madu sendiri memiliki khasiat untuk melembutkan dan memelihara kesehatan rambut. Campurkan satu cangkir susu (full cream atau low fat) dengan 1-2 sdm. madu lalu aduk hingga tercampur rata. Setelah itu, aplikasikan campuran susu dan madu tersebut pada rambut Anda. Anda dapat mengaplikasikannya dengan langsung dituangkan pada rambut secara perlahan atau dengan disemprotkan ke seluruh rambut menggunakan botol semprot. Setelah 1-2 jam, bersihkan rambut Anda dengan air hangat.
Cobalah perawatan dengan campuran minyak zaitun dan telur. Campuran minyak zaitun dan telur dapat membantu melembutkan dan meluruskan rambut ikal Anda. Campurkan ½ cangkir minyak zaitun dengan 2 telur (dengan atau tanpa kuning telur). Kocok campuran tersebut hingga tercampur dengan baik. Dalam keadaan basah, olesi rambut Anda dengan campuran tersebut. Tunggu hingga kurang lebih satu jam lalu bilas dengan air hangat.[6]
Buatlah adonan fuller’s earth dan tepung beras. Fuller’s earth (bubuk seperti tanah liat) biasa digunakan untuk produk perawatan kulit dan rambut karena berbagai manfaat yang dimilikinya. Campurkan 1 cangkir fuller’s earth dengan satu putih telur dan 2 sdm. tepung beras hingga menjadi adonan. Olesi seluruh rambut Anda dengan adonan tersebut dan diamkan hingga satu jam. Setelah itu, bilas dengan air hangat.
Basuhlah rambut Anda dengan jus seledri. Mungkin seledri bukanlah sayuran favorit Anda, tetapi perlu diketahui bahwa seledri dipercaya memiliki khasiat yang baik untuk membantu meluruskan rambut jika diaplikasikan langsung ke rambut ikal Anda. Hancurkan 2-3 batang seledri beserta daunnya hingga menjadi bubur lalu saring menggunakan kain kasa atau katun tipis untuk diambil jusnya. Anda dapat langsung menuangkan jus seledri ini ke rambut Anda atau dapat pula dengan menyemprotkannya menggunakan botol semprot. Gunakan sisir untuk meratakan jus seledri ke seluruh rambut Anda. Biarkan menyerap selama kurang lebih satu jam lalu bilas dengan air hangat.[7]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Masalah Rambut Sekarang