Benarkah Pelembab Rambut Tanpa Bilas, Bagus? Apa Kelebihannya?

Rambut kering. Siapa sih yang tidak sebal ketika kita mendengar permasalahan yang satu ini; terlebih ketika kita sendiri mengalaminya? Yup rambut kering adalah salah satu permasalahan yang paling sering dialami oleh seseorang dan permasalahan ini sering terjadi ketika kita tidak merawat rambut kita dengan baik atau lebih tepatnya kurang memperhatikan kesehatan rambut. Penyebab rambut kering sendiri bermacam-macam, mulai dari faktor lingkungan, kita yang sedang dalam kondisi sakit, ataupun karena penggunakan berbagai perawatan rambut yang kurang cocok untuk rambut kita. Lalu apa akibatnya jika kita tidak segera menangani permasalahan rambut kering yang satu ini? Apakah dampaknya bisa sangat fatal atau membahayakan kulit kepala kita?

Meskipun dampak yang ditimbulkan dari rambut kering ini tidak membahayakan seperti layaknya penyakit jantung yang dapat berujung pada kematian, apabila permasalahan yang satu ini kita biarkan terus-terusan alias tidak segera ditangani pastilah akan mempengaruhi penampilan kita – lebih tepatnya membuat penampilan kita tidak se-oke biasanya. Rambut kering ini biasanya akan menyebabkan rambut terlihat mengembang sehingga rambut tidak lagi terlihat rapi dan pastinya membuat rambut tidak sehat seperti sebelumnya. Bukan hanya itu saja, permasalahan rambut kering ini juga bisa mengakibatkan rambut menjadi bercabang dan permasalahan rambut bercabang ini adalah salah satu momok untuk sebagian besar orang karena rambut bercabang ini sangat terlihat yang artinya benar-benar mempengaruhi penampilan kita. Pastinya kita tidak mau memberikan first impression yang kurang atau bahkan buruk terhadap orang baru yang kita temui bukan? Yup, meskipun kelihatannya sepele penampilan rambut juga mencerminkan seberapa pedulinya kita terhadap kesehatan segala bagian tubuh kita.

Lalu apa solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan rambut kering ini? Sebenarnya kita tidak perlu pusing-pusing memikirkan permasalahan yang satu ini lho! Lho kok bisa? Yup, terdapat berbagai cara untuk mengatasi alias solusi dari permasalahan rambut kering, kita bisa menggunakan berbagai bahan alami ataupun menggunakan berbagai produk perawatan rambut. Salah satu  produk perawatan rambut yang bisa kita gunakan untuk melembabkan rambut adalah kondisioner. Memangnya apa sih kondisioner itu? Apa bedanya kondisioner dengan produk perawatan rambut lainnya? Nah daripada penasaran tentang apa sih sebenarnya kondisioner ini, yuk kita simak penjelasan yang satu ini!

Khasiat Menggunakan Kondisioner

Kondisioner adalah salah satu produk rambut yang dikenal sebagai pelembab rambut dan biasanya diaplikasikan setelah kita selesai keramas. Memangnya kenapa sih kita perlu menggunakan produk perawatan rambut yang satu ini? Seperti layaknya pelembab wajah, kondisioner adalah pelembab rambut dan kita perlu mengaplikasikannya agar kelembaban rambut tetap terjaga dan meminimalisir terjadinya berbagai permasalahan rambut, seperti timbulnya rambut kering atau rambut rontok pada kita. Tentu saja kita tidak ingin hal tersebut terjadi kan?

Apakah fungsi dari kondisioner hanya untuk menjaga kelembaban rambut kita? Tentu saja jawabannya tidak! Masih banyak manfaat lainnya yang bisa kita peroleh dari menggunakan kondisioner secara rutin, antara lain:

  • Mencegah rambut menjadi kering dengan mengganti minyak alami yang ada di kepala di mana minyak kepala ini berfungsi untuk melindungi tiap helai rambut;
  • Membuat rambut menjadi lebih mudah diatur dan pastinya juga melembutkan rambut;
  • Merapikan kutikula rambut di mana kutikula rambut ini sering kali menjadi tidak rapi setelah kita keramas dan menggunakan kondisoner ini akan mencegah rambut kita terlihat kasar serta kusam,
  • dan membuat penampilan rambut semakin oke alias membuat rambut semakin terlihat berkilau juga mampu menambahkan volume pada rambut sehingga rambut terlihat lebih mengembang.

Seperti layaknya shampoo, kondisioner terdiri dari berbagai jenis alias terdapat beberapa jenis yang pastinya kita bisa memilih kondisioner sesuai dengan kebutuhan kita. Secara garis besar kondisioner dibedakan menjadi dua jenis, yaitu kondisioner yang perlu dibilas dan tidak perlu dibilas. Memangnya apa sih perbedaan antara kedua jenis kondisioner ini? Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas kedua jenis kondisioner ini yang pastinya kita tidak akan bingung lagi membedakan antara kedua jenis kondisioner dan pastinya kita tahu jenis kondisioner mana yang sesuai dengan kebutuhan kita – yang tentu saja meminimalisir terjadinya salah penggunaan produk perawatan rambut. Nah kira-kira apa ya perbedaan antara kedua jenis kondisioner ini?

Keuntungan Menggunakan Kondisioner Tanpa Bilas

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jenis kondisioner dibagi menjadi dua yaitu jenis kondisioner yang perlu dibilas dan satunya lagi adalah jenis kondisioner tanpa bilas. Pertama-tama kita akan membahas jenis kondisioner yang sangat mudah untuk ditemukan di pasaran, yaitu jenis kondisioner yang perlu dibilas. Kondisioner yang satu ini yang satu ini biasanya kaya akan kandungan fatty alcohol dan silikon, di mana tekstur dari kondisoner ini cenderung kental dan creamy dan membuat rambut lebih lembut, mudah diatur, dan pastinya membuat penampilan rambut kita lebih oke alias membuat rambut lebih bersinar. Jenis kondisioner bilas ini paling cocok digunakan pada kita dengan jenis rambut yang kering atau tebal dan satu hal yang perlu kita ingat saat menggunakan kondisioner adalah kita hanya menggunakannya pada ujung-ujung rambut atau 1/3 dari bagian rambut sehingga rambut tidak lepek atau menjadi berat setelah proses ini selesai.

Lalu bagaimana dengan kondisioner tanpa bilas? Nah jenis kondisioner yang satu ini lebih sulit untuk ditemukan di pasaran alias jenis kondisioner ini lebih sedikit jumlahnya daripada jenis kondisioner yang perlu dibilas. Yang benar nih kondisioner tanpa bilas ini lebih baik daripada jenis kondisioner yang perlu dibilas? Bukankah jenis kondisioner tanpa bilas ini justru membuat lengket rambut kita dan membuat rambut kita lebih terasa berat? Eits jangan salah, kondisioner tanpa bilas ini juga memiliki nilai plusnya sendiri lho! Memang apa sih keunggulan yang ditawarkan jenis kondisioner tanpa dibilas ini daripada jenis kondisioner yang perlu dibilas? Kondisioner tanpa bilas ini cenderung terasa lebih ringan karena berbagai kandungannya seperti adanya humectan, quat, dan silikon. Tidak kalah dengan kondisioner yang dibilas, kondisioner tanpa bilas ini juga membuat rambut lebih bervolume, semakin berkilau, dan tentu saja membuat rambut lebih halus.

Apa hanya itu saja kelebihan dari kondisioner tanpa bilas? Tentu saja jawabannya tidak! Banyak manfaat yang bisa kita dapat dengan menggunakan kondisioner tanpa bilas, dan beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan kondisioner tanpa bilas ini secara rutin adalah hemat waktu dan bisa dibilang cukup praktis karena jenis kondisioner ini tidak perlu dibilas yang berarti kita bisa mengenakannya sembari beraktivitas. Lalu apakah ada perbedaan dalam mengaplikasikan kondisioner yang perlu dibilas dan tanpa dibilas? Seperti yang kita bahas sebelumnya, kita perlu tahu betul cara mengaplikasikan kondisioner agar hasilnya bisa maksimal dan meminimalisir rambut tampak lepek yang pastinya justru membuat penampilan kita tidak oke. Memangnya bagaimana sih cara mengaplikasikan kondisioner tanpa bilas ini dengan tepat? Daripada tambah penasaran, yuk kita simak penjelasannya yang satu ini!

1. Perhatikan jenis kondisionernya

Yup langkah pertama yang harus kita perhatikan alias langkah dasar dalam menggunakan kondisioner tanpa bilas adalah memperhatikan jenis kondisioner yang kita gunakan yang pastinya disesuaikan dengan jenis rambut kita. Seperti jenis kondisioner yang perlu dibilas, jenis kondisioner tanpa bilas ini juga memiliki berbagai macam jenis seperti untuk jenis rambut panjang, tebal, keriting, ataupun kering.

2. Bubuhkan pada saat selesai mencuci rambut

Seperti halnya jenis kondisioner yang perlu dibilas, kondisioner tanpa bilas ini bisa diaplikasikan setelah kita mencuci rambut dan saat kondisi rambut kita masih basah. Kita juga tidak perlu mengaplikasikannya terlalu banyak alias kita hanya perlu seukuran sebiji jagung dan bisa kita ratakan penggunaannya pada rambut hingga merata. Setelahnya kita bisa menutup rambut kita dengan handuk hingga rambut kita setengah kering.

3. Menggunakan bantuan sisir

Sering kali hanya menggunakan tangan untuk meratakan kondisioner pada rambut kurang maksimal hasilnya alias kurang rata, dan oleh sebab itu kita bisa menggunakan bantuan sisir untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Menggunakan bantuan sisir juga membuat penggunaan kondisioner tidak berlebihan di mana penggunaan konidioner yang digunakan secara berlebihan dapat menyebabkan rambut menjadi lepek. Sebaiknya kita hanya menggunakan kondisioner hanya dari bagian tengah rambut hingga bagian ujung rambut.

Nah bagaimana ulasan kondisioner tanpa bilas ini? Suatu produk yang perlu dicoba bukan? Satu hal yang perlu kita ingat adalah masih banyak cara yang masih bisa kita lakukan sembari menggunakan kondisioner tanpa bilas alias pelembab rambut ini, seperti dengan menggunakan berbagai bahan alami, contohnya saja pada. Bukan hanya itu saja, kita bisa menggunakan topi saat bepergian atau beraktivitas di luar ruangan yang akan membantu melindungi kulit kepala dari panasnya matahari atau cuaca ekstrim lainnya yang kurang bersahabat dan dapat mempengaruhi kesehatan rambut kita.

Kita juga tidak perlu mengkhawatirkan seberapa aman jenis kondisioner tanpa bilas ini dibandingkan kondisioner yang harus dibilas di mana jenis ini lebih mudah ditemukan karena berbagai brand terpecaya sudah mengeluarkan jenis kondisioner tanpa bilas ini, contohnya saja seperti Pantene Leave On Treatment All Day Hair Fall Protect Essence, Dove Intense Repair All Day Cream, Tresemme Keratin Smooth Heat Protection Spray, dan lain-lain. So, apakah kalian sudah siap untuk tampil lebih cantik dengan kondisioner tanpa bilas ini? Yuk pancarkan kecantikanmu pada dunia sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *