Benarkah Keramas Bagian Poni Saja Bisa Menghilangkan Rambut Lepek?

Tak sempat keramas padahal rambut sudah kotor dan berminyak? Mungkin kamu sudah pernah atau sering mengakalinya dengan hanya mencuci bagian ponimu saja dengan harapan kotornya rambutmu bisa ditutupi dengan poni yang terlihat lebih segar. Akan tetapi, ternyata cara tersebut justru bisa membuat kondisi rambutmu lebih buruk. Apa sajakah akibat dari keramas bagian poni saja yang bisa terjadi padamu? Yuk, simak!

Minyak Alami Rambutmu Tidak Akan Tersebar Merata

Minyak alami

Ketika kamu mencuci hanya pada bagian ponimu saja, maka minyak alami yang diproduksi oleh kulit kepalamu tidak akan tersebar merata. Hasilnya, kamu akan kehilangan kilau rambut pada bagian ponimu. Tentunya akan terlihat kontras dibandingkan bagian rambut lainnya. Selain itu, nantinya ponimu juga akan semakin lepek karena kulit kepala memproduksi terlalu banyak minyak akibat  digosok terlalu kasar.

Rambutmu Tidak Dibilas dengan Bersih

Tidak dibilas

Membilas sampo pada bagian poni saja ternyata lebih sulit dibandingkan ketika kita mencuci seluruh bagian rambut. Ketika kamu hanya mencuci poni, kemungkinan besar akan ada sisa-sisa sampo yang belum ikut terbilas. Hal itu akan menyebabkan tumpukan residu, terutama jika kamu melakukannya setiap hari. Sebagai akibatnya, rambutmu akan terlihat semakin lepek. Jika kamu mendapati rambutmu dipenuhi dengan sisa-sisa sampo seperti ini, gunakanlah hair scrub untuk mengeksfoliasi dan membuang sisa-sisa produk dan minyak dari kulit kepala. Ini seperti facial untuk kulit kepala.

Tekstur Rambutmu Tidak Sama

Rambut

Karena kamu hanya mencuci sebagian rambutmu saja, tekstur rambutmu pun akan tidak seragam. Rambutmu akan terlihat berbeda. Bahkan kamu sepertinya memiliki 2 gaya rambut yang berbeda. Pastinya akan tampak aneh kan? Jadi, sebelum kamu mencuci ponimu saja, sebaiknya pikirkan lagi baik-baik, apakah nantinya akan ada perbedaan yang sangat mencolok antara rambut yang sudah kamu cuci dengan bagian rambut lain yang belum kamu cuci?

Kamu Akan Merusak Bagian Terpenting dari Rambutmu

Merusak rambut

Keramas pada bagian poni saja berarti kamu akan mencuci bagian yang mendekati akar rambut dan karena kamu merasa bagian tersebut kotor, biasanya kamu akan mencucinya secara kasar dengan tujuan untuk menghilangkan minyak dari rambut agar tidak lepek. Hal ini riskan sekali menyebabkan kerusakan. Kamu akan merusak keelastisan rambutmu karena terlalu sering mencuci bagian tersebut. Hasilnya, rambutmu pun mudah patah dan rontok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Masalah Rambut Sekarang