Atasi Masalah Rambut Saat Hamil dan Melahirkan dengan Tips ini

Kehamilan adalah masa yang ditunggu-tunggu bagi banyak pasangan. Kebahagiaan menanti datangnya si jabang bayi adalah momen yang sangat spesial. Akan tetapi, banyak sekali hal-hal baru yang ditemui selama kehamilan, khususnya bagi wanita yang baru mengandung untuk pertama kalinya.

Perubahan Pada Tubuh Wanita Hamil dan Melahirkan

Perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuh wanita hamil sering membuat resah dan tidak percaya diri. Misalkan saja kulit yang berubah menjadi gelap, ukuran tubuh yang kian melebar, serta masalah-masalah rambut yang sebelumnya jarang terjadi. Don’t worry, Ladies! Karena masalah-masalah tersebut sebenarnya sangat normal terjadi pada wanita hamil sampai dia melahirkan nanti.

Pada saat hamil, tubuh wanita dirancang untuk mempersiapkan dirinya menyambut janin yang kian hari kian tumbuh besar. Perubahan-perubahan hormon, otot-otot panggul, kebutuhan asupan makanan janin, dan perubahan-perubahan lainnya membuat penampilan wanita hamil berubah. So, tidak perlu cemas dengan bentuk fisikmu yang berubah ketika hamil, karena semua itu demi kebutuhan debay.

Tips Atasi Masalah-Masalah Rambut Pada Saat Hamil dan Melahirkan

Salah satu perubahan fisik yang terjadi pada saat hamil dan melahirkan adalah masalah-masalah pada rambut. Berikut ini adalah perubahan-perubahan yang sering terjadi pada rambut wanita hamil dan tips bagaimana cara merawatnya agar rambut tetap sehat:

Rambut Lepek dan Berminyak

Jika dulunya kamu tidak pernah mengalami masalah rambut berminyak, dan ketika hamil tiba-tiba rambutmu menjadi mudah lepek karena produksi minyak pada rambut yang berlebihan, tidak perlu kaget. Hal ini terjadi untuk menjaga rambut tetap lembab. Selain itu, perubahan hormonal pada wanita hamil juga sering menimbulkan mood yang mudah beruba-ubah hingga terkadang menyebabkan stres. Faktor ini juga cukup berperan dalam menyebabkan rambut berminyak selama kehamilan.

Tips:

Batasi konsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi, dan ganti dengan sayur dan buah-buahan, serta lebih banyak minum air putih. Selain itu, jangan terlalu sering memegang rambut karena akan merangsang lebih banyak minyak keluar dan mengotori rambut. Gunakan juga shampo yang tepat untuk mengurangi minyak tanpa menyebabkan rambut kering.

Rambut Berubah Tekstur

Beberapa wanita hamil mengalami perubahan tekstur pada rambut mereka. Perubahan ikatan zat kimia pada rambut dapat mengubah rambut lurus menjadi keriting, dan sebaliknya. Hal ini juga disebabkan karena hormon yang berubah pada wanita hamil, meskipun tidak semua wanita hamil mengalami perubahan tekstur rambut semacam ini.

Tips:

Perbanyak makanan dengan kandungan vitamin dan mineral tinggi karena zat besi sangat penting untuk wanita hamil, serta kesehatan rambutnya. Pakai conditioner terutama di bagian ujung rambut agar rambut lebih mudah ditata. Bisa juga mengubah model potongan rambut menjadi lebih pendek agar perubahan tekstur rambut yang terjadi tidak terlalu kentara.

Rambut Tumbuh Lebih Tebal

Wanita hamil akan memiliki rambut yang lebih tebal dari biasanya karena hormon estrogen yang meningkat dan menyebabkan siklus tumbuh rambut lebih lama. Sehingga, rambut-rambut tua yang seharusnya rontok tetap melekat selama hamil. Selain itu, pertumbuhan rambut-rambut baru juga semakin cepat. Tak heran jika rambut menjadi lebih lebat.

Tips:

Pilih sisir yang memiliki gigi jarang agar rambut mudah disisir. Boleh keramas tiap hari untuk mengurangi rambut berminyak, tapi gunakan shampo yang lembut. Jika mau menggunakan hair dryer, gunakan suhu yang tidak terlalu panas agar rambut tidak kering.

Rambut Rontok Usai Melahirkan

Jika rambut semakin tebal pada saat hamil, maka tidak demikian halnya ketika sudah melahirkan nanti. Berkurangnya hormon estrogen secara drastis mengembalikan siklus tumbuh rambut kembali normal, sehingga rambut-rambut yang tadinya tumbuh lebat selama hamil sudah saatnya untuk rontok. Pada umumnya wanita akan panik dengan hal ini. Namun tidak perlu khawatir, karena keadaan akan kembali normal setelah 6 – 12 bulan kemudian.

Tips:

Banyak konsumsi buah dan sayur dengan kandungan flavonoid yang tinggi seperti apel dan stroberi sangat baik untuk merangsang rambut tumbuh kembali. Pemijatan pada kulit kepala juga dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Selain itu, hindari juga stres, menyikat rambut dalam keadaan basah, dan penggunaan hair dryer yang terlalu panas.

Momen membahagiakan dengan kehadiran seorang anak jangan sampai terganggu dengan adanya perubahan-perubahan fisik yang mengikutinya. Nikmati prosesnya dengan rileks, dan jadilah ibu yang paling bahagia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Masalah Rambut Sekarang