9 Cara Menghilangkan Telur Kutu dengan Cuka yang Aman dan Alami

Kesehatan rambut memang harus kita jaga secara maksimal, karena rambut merupakan bagian penting dari tubuh kita, terutama dalam menjaga penampilan kita. Perawatan rambut yang kurang maksimal, akan memunculkan beberapa masalah yang berdampak pada kesehatan rambut itu sendiri. Salah satu masalah rambut yang cukup sulit ditangani adalah kutu rambut. Kutu rambut merupakan ciri ciri akar rambut mati  sejenis hama yang ada di rambut dan berkembang biak hingga bertelur di area kepala kita.

Kutu yang telah bersarang di kepala kita mengalami perkembangan yang sangat cepat. Bayangkan saja, satu induk kutu bisa bertelur hingga 6 butir perhari. Semakin banyak induk kutu yang bertelur maka telur kutu tersebut akan berlimpah jumlahnya. Itulah sebabnya masalah telur kutu dan induk kutu ini harus segera kita basmi. Masalah telur kutu ini cukup sering dialami anak-anak dengan aktifitas model rambut untuk wajah kotak  yang masih padat di luar ruangan.

Penularan Kutu dan Telur Kutu

Jika kulit kepala kita dihinggapi oleh induk kutu, maka kepala dan rambut akan terasa gatal dan tidak jarang kita juga merasa seperti ada sesuatu yang merayap di rambut kita. Ulah kutu rambut ini juga terkadang menimbulkan ruam kulit di bagian leher bagian belakang. Kutu rambut seperti ini umumnya hanya dialami oleh manusia saja, serta ditularkan pada sesama manusia. Adapun penularanya krim untuk mencatok rambut terjadi melalui dua tahap, yaitu:

  • Penularan langsung, seseorang akan tertular kutu ketika bersentuhan dengan rambut orang lainya yang ternyata memiliki kutu rambut di kepalanya. Kutu tersebut berpindah tempat dan merayap
  • Penularan tidak langsung, penularanya bisa terjadi melalui perantara benda-benda yang sudah terkontaminasi oleh kutu serta telur kutu yang dipakai bersama, seperti helm, sisir rambut, topi, handuk, seprai hingga pakaian. Penularan ini cukup jarang terjadi

Penularan kutu rambut yang akan menghasilkan telur kutu baru nantinya, biasanya akan menular di dalam lingkungan keluarga dan anak-anak yang aktif berinteraksi cara membuat rambut lembab  dengan anak lainya.

Cara Menghilangkan Telur Kutu dengan Cuka

Agar induk kutu yang menelurkan telur kutu di kepala penderitanya dapat segera dihilangkan, maka kita harus melakukan tindakan perawatan khusus. Beberapa cara dapat dilakukan, baik secara alami maupun dengan menggunakan obat pembasmi kutu yang banyak tersedia di apotek. Salah satu cara alami untuk hilangkan telur kutu di kepala adalah makanan untuk menguatkan akar rambut dengan cuka.

Cuka atau asam asetat ini merupakan senyawa kimia asam organic yang umumnya digunakan untuk pemberi rasa asam serta aroma asam pada makanan. Kandungan asam asetat pada cuka berkisar dari 3% hingga 9%. Walau bersifat asam lemah, namun cuka yang terlalu pekat juga dapat bersifat korosif atau bisa menimbulkan iritasi berat pada kulit. Maka dari itu, untuk perawatan rambut dari telur kutu, sebaiknya gunakan kadar asam asetat yang pas dan rendah. Berikut ini beberapa cara untuk menghilangkan model rambut untuk jidat lebar telur kutu dengan cuka:

Memahami Manfaat dan Batasan Penggunaan Cuka

Cuka mudah sekali ditemui, kamu tinggal mengecek ke dapur rumah, disana pasti ada cuka. Cuka ini memang wajar digunakan untuk membantu mengatasi telur kutu di area rambut kita. Tapi kamu perlu tahu, bahwa cuka tidak membasmi telur kutu serta induk kutu hingga mati. Cuka disini hanya berperan untuk menyingkirkan banyak telur kutu yang menempel dengan kuat di rambut, yang terkadang tidak hilang bila hanya dengan keramas saja. Kandungan asam asetat dalam cuka, hanya dapat membasmi kutu yang baru menetas serta memudahkan membuang telur kutu ketika kamu menyisirnya.

Sebelum Cuka, Gunakan Sampo Untuk Atasi Kutu

Walaupun cuka akan dijadikan bahan utama untuk perawatan rambut dari telur kutu, sebaiknya kamu gunakan sampo untuk atasi kutu terlebih dulu. Sampo ini biasanya mengandung zat Pedikulisida yang cukup ampuh atasi telur kutu dan kutu di rambut. Jika banyak kutu dan telur kutu yang dibasmi oleh sampo ini, tentunya cuka hanya akan membersihkan sisa telur kutu yang sulit dibasmi dan model rambut untuk pipi tembem rambut akan lebih bersih.

Pilih Jenis Cuka

Pada umumnya, jenis cuka yang sering digunakan memiliki kandungan asam asetat dengan tingkat kepekatan yang berbeda-beda. Sebaiknya, pilihlah cuka dengan kandungan asam asetat sebanyak 5%, karena itu dirasa cukup untuk menghilangkan lapisan pelindung telur kutu yang menempel di kepala dan rambut, tanpa membuat kulit kepala teriritasi.

Aplikasikan Cuka Pada Rambut

Saatnya mengaplikasikan cuka ini pada rambut. Lakukan ini dikamar mandi, seperti layaknya hendak berkeramas dan mandi. Basahi rambut dengan air, tapi jangan biarkan air menetes cukup gunakan sedikit air untuk lembabkan rambut. Setelah itu, tuangkan beberapa cangkir cuka yang sudah model rambut pesta  disiapkan langsung ke bagian kulit kepala kita.

Lakukan Pijatan Seperti Keramas

Setelah cuka diaplikasikan ke kulit kepala, lakukan pijatan cuka ke seluruh bagian kulit kepala hingga rata ke seluruh rambut. Bagi yang memiliki rambut panjang, mungkin akan membutuhkan waktu untuk membasahi rambut dengan cuka secara perlahan agar menyeluruh, karena cuka harus menutupi seluruh bagian rambut.

Diamkan 5 hingga 10 menit

Setelah cuka diaplikasikan menyeluruh di kulit kepala dan rambut, maka diamkan dulu untuk waktu 5 hingga 10 menit, seperti penggunaan masker rambut. Waktu tersebut, seharusnya sudah bisa melarutkan lapisan telur kutu yang banyak.

Pejamkan Mata Selama Proses Ini

Cuka memang tidak menyebabkan kebutaan jika terkena mata, namun tetap saja hindari cuka yang menetes hingga ke bagian mata karena asam asetat ini bisa saja membuat mata penyebab rambut beruban perih dan teriritasi.

Sisir Rambut dengan Jenis Sisir Rapat

Setelah didiamkan selama 5 hingga 10 menit tadi, kemudian gunakan sisir yang jenisnya bergigi rapat dan mulai menyisir rambut secara perlahan-lahan. Lakukan secara berulang, agar telur kutu beserta kutu dewasa di kepala kita dapat tersingkirkan dengan sempurna. Penggunaan Sisir kutu akan lebih menimbulkan hasil yang maksimal.

Bilas Rambut

Setelah menyisir berulang dan memastikan telur kutu dan kutu dewasa larut, maka bilas rambut dengan air dingin lalu keringkan. Gunakan handuk yang bersih dan tidak digunakan oleh orang lainya.

Selain dengan cuka, beberapa zat alami lainya juga bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan telur kutu yang mengganggu kesehatan rambut, seperti :

  • Minyak Zaitun
  • Minyak Kelapa
  • Memotong rambut
  • Bawang merah
  • Minyak kayu putih
  • Bawang Putih
  • Baby Oil
  • Minyak almond
  • Lidah buaya

Beberapa bahan alami tersebut cukup aman digunakan secara berulang-ulang. Banyak referensi yang akan memberikanmu informasi untuk melakukan perawatan model rambut vintage alami untuk menghilangkan telur kutu di kepala dengan beberapa bahan alami tersebut.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Cuka Pada Rambut

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum pemakaian cuka pada rambut ini, seperti:

  • Cuka hanya mampu melarutkan telur kutu tapi tida bisa untuk membunuh kutu induk di kulit kepala. Jika setelah pemakaian, mungkin sisa kutu masih ada di kulit kepala kamu
  • Penggunaan cuka untuk menghilangkan telur kutu ini dapat dilakukan setiap hari.  Asam asetat mungkin hanya akan membuat rambut kamu sedikit kusut
  • Telur kutu akan menetas dalam waktu 7 hingga 9 hari, jika kamu menggunakan cuka untuk menghilangkan telur kutu di rambut, maka waktu yang dibutuhkan hingga telur kutu ini hilang sekitar 1 bulanan

Mencegah Kutu dan Telur Kutu Datang Lagi

Setelah penggunaan cuka pada rambut, maka diharapkan telur kutu yang selama ini bersarang di kepala kamu mungkin lambat laun akan habis. Untuk mencegah agar kutu khasiat kentang untuk rambut beruban tidak kembali lagi, beberapa hal berikut bisa kamu lakukan:

  • Setelah melakukan perawatan dengan cuka, pastikan bahwa telur kutu sudah benar-benar habis. Mintalah bantuan orang terdekat untuk mengeceknya langsung ke rambut kamu
  • Hindari menggonta –ganti sampo terlalu sering, dan berkeramas dengan sampo yang memang sesuai dengan masalah rambut kamu
  • Hindari melakukan kontak langsung dengan orang yang sekiranya memiliki kutu rambut dan telur kutu
  • Menghindari barang-barang yang penggunaanya bersamaan dan dapat menularkan kutu seperti sisir, selimut, hijab dan lain sebagainya
  • Menjaga kebersihan sekitar rumah  dan perabotanya

Hama kutu pada rambut memang identik dengan seseorang obat rambut beruban yang kurang maksimal dalam menjaga kebersihan rambutnya. Rambut tidak hanya cukup dirawat dengan berkeramas saja, namun harus dibersihkan akar masalahnya, jika penyebab masalah rambut kamu memang kutu dan telur kutu. Dengan menyimak cara menghilangkan telur kutu dengan cuka, kamu langsung mengapliaksikanya pada rambut, sesuai dengan yang disarankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *