8 Penyebab Ketombe yang Tidak Kamu Sadari

Segera cari solusinya dengan mengetahui apa penyebab munculnya ketombe pada kulit kepala berikut ini.

1. Jenis Kulit Kepala

Kulit kepala

Tidak semua orang memiliki jenis kulit kepala yang sama, sehingga cara mengatasinya pun juga akan berbeda. Untuk itu jika kamu mengalami masalah kulit kepala, seperti ketombe, sangat disarankan berkonsultasi kepada dokter kulit agar mendapatkan solusi perawatan yang tepat.

2. Pengikatan Rambut saat Basah

Mengikat rambut ketika basah

Siapa sangka bahwa kebiasaan buruk mengikat rambut saat kondisi rambut basah menjadi salah satu munculnya ketombe pada kulit kepala. Kondisi lembab pada rambut basah setelah keramas atau akibat berkeringat dapat memicu timbulnya ketombe dan bahkan rambut rontok.

3. Kepanasan

Kepanasan

Sering terkena matahari langsung, penggunaan alat penata rambut (catokan, hair dryer, dsb), memakai helm, topi dan kerudung saat kondisi rambut basah akan membuat sel kulit kepala mati dan terkelupas, yang akhirnya menimbulkan ketombe. Jadi, sebaiknya tunggulah hingga rambut benar-benar kering sebelum menggunakan penutup kepala dan hindari penggunaan alat penata rambut secara berlebihan.

4. Makanan

Makanan

Faktor makanan pun dapat menyebabkan timbulnya masalah ketombe pada kulit kepala, ini dikarenakan jika kekurangan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat besi dan vitamin B dapat menyebabkan munculnya masalah ketombe dan masalah rambut lainnya.

5. Stres

Stress

Seseorang yang sering mengalami stres tidak hanya dapat mempengaruhi kesehatan tubuhnya, tetapi juga sangat rentan memiliki masalah rambut, termasuk dengan munculnya ketombe pada kulit kepala. Karena perubahan hormon di dalam tubuh akibat stres juga dapat mengakibatkan perubahan pada kondisi kulit kepala.

6. Jarang atau Terlalu Sering Keramas

Sering keramas

Penggunaan sampo terlalu sering dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kering, sehingga sangat mudah untuk tumbuhnya ketombe pada kulit kepala kita. Begitu juga jika jarang berkeramas, kulit kepala akan mengalami penumpukan kotoran yang dapat dijadikan sebagai sarangnya ketombe. Lakukanlah keramas secara rutin 2-3 kali seminggu dan gunakan sampo sesuai dengan jenis kulit kepala dan rambut.

7. Penggunaan Produk yang Salah

Menggunakan produk yang salah

Ketombe pada kulit kepala tak kunjung hilang? Coba cek produk perawatan rambutmu. Pastikan sampo, kondisioner, vitamin rambut atau jenis produk lainnya yang kamu pakai sesuai dengan jenis kulit kepala dan rambutmu.

8. Sisa Sampo

Masih ada sisa sampo

Jika kamu sedang melakukan keramas, bersihkanlah sisa sampo hingga benar-benar bersih dan tidak tersisa karena sisa sampo yang masih menempel pada kulit kepala dan menyebabkan munculnya ketombe.

Nah, itulah penyebab ketombe yang tidak kamu sadari, ladies! Jadi, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara membasmi ketombe di kepalamu? Semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Masalah Rambut Sekarang