7 Tips Merawat Rambut yang Seharusnya Kamu Tahu

Rambut sebagai mahkota wanita sering kali menjadi perhatian wanita selain wajah. Pentingnya perawatan rambut ini, terkadang tanpa disadari banyak dari kita malah melakukan perawatan yang merusak rambut. Kebiasaan-kebiasaan seperti menggunakan hairdryer untuk mengeringkan rambut dan melakukan styling dengan menggunakan catokan bisa merusak rambut kamu.

Kebiasaan yang dilakukan untuk merawat rambut, seperti keramas, ternyata juga bisa merusak rambut lho tanpa kamu sadar. Kamu tidak mau kan salah merawat rambut, sehingga membuat rambut kamu menjadi rusak dan rontok? Nah, untuk itu kamu perlu mengetahui tips merawat rambut ini. Yuk, simak!

7 Tips Merawat Rambut yang Seharusnya Kamu Tahu

Jangan lakukan hal-hal ini jika tidak ingin rambutmu menjadi rusak dan rontok, ladies!

1. Kamu Hanya Perlu Keramas Dua sampai Tiga Kali dalam Seminggu

Keramas

Banyak dari kita yang terlalu sering untuk keramas, bahkan bisa melakukannya setiap hari dengan alasan rambut menjadi lepek keesokan harinya. Keramas setiap hari dapat menghilangkan minyak alami pada kulit kepala, sehingga membuat rambut menjadi kering. Minyak pada rambut ini dapat membuat kilau pada rambut. Selain itu, jika kamu memiliki rambut yang diwarnai cat rambut kamu akan mudah luntur. Oleh karena itu, perawatan rambut dengan keramas yang perlu kamu lakukan adalah dua sampai tiga kali saja dalam seminggu.

2. Hindari Keramas Menggunakan Air Panas dan Gunakan Sampo pada Kulit Kepala

Keramas

Keramas menggunakan air yang terlalu panas dapat membuat rambut menjadi kering dan membuat rambut menjadi kusut. Sampolah bagian kulit kepala bukan bagian ujung rambut karena sampo akan turun dengan sendirinya ketika membilas. Sembari memakai sampo, pijat lembut bagian kulit kepala kamu agar peredaran darah bisa lancar.

3. Keringkan Rambut Secara Perlahan Sebelum Menggunakan Conditioner

Handuk

Investasikan conditioner yang bagus untuk rambut kamu. Conditioner yang bagus bisa memberikan kelembapan pada rambut. Jika rambutmu tebal dan keriting, gunakanlah deep conditioner agar rambut terhidrasi dengan baik. Agar conditioner bisa menyerap dengan baik, serap air pada rambut kamu setelah keramas dengan menggunakan handuk agar conditioner bisa menyerap sampai pada lapisan rambut terdalam dan jangan lupa untuk hanya menggunakan conditioner pada bagian ujung rambut.

4. Sisir Rambut Kamu Dua Kali Sehari, dari Bawah ke Atas

Menyisir rambut

Jangan paksa sisir kamu ketika menyisir dalam keadaan rambut sedang kusut karena hal ini akan membuat rambut kamu menjadi rontok. Nah, agar rambut kamu tidak rontok, sisirlah rambut perlahan dari tengah rambut ke bawah, kemudian naik sedikit demi sedikit ke atas. Melalui cara ini rambut tidak akan tersangkut di sisir dan tertarik, sehingga membuat rambut patah.

5. Sisir Rambut yang Basah dengan Sisir Bergigi Jarang

Sisir

Rambut yang basah dalam keadaan yang sangat rapuh. Jadi, jika kamu menggunakan sisir biasa, rambut kamu malah akan tersangkut dan patah. Kondisi ini akan membuat rambut kamu menjadi tipis. Gunakanlah rambut bergigi jarang dan sisir rambut dari bawah ke atas.

6. Gunakan Hairdryer dengan Bijak

Hairdryer

Seperti yang kita tahu, menggunakan alat styling rambut yang terlalu panas dapat merusak rambut, sehingga rambut bisa menjadi patah. Jika kamu ingin menggunakan hair dryer pastikan kamu memakai nozzle dari hairdryer tersebut dan jangan arahkan langsung pada rambutmu. Berikan jarak sekitar 3 inchi dari rambut dan arah kan ke bawah jangan langsung ke rambut.

7. Gunakan Minyak Zaitun, Minyak Kastor, dan Dry Shampoo

Minyak zaitun

Tidak bisa dipungkiri, untuk mendapatkan rambut yang indah tidak bisa mengandalkan sampo dan kondisioner saja. Kamu juga perlu memberikan vitamin pada rambutmu. Coba gunakan minyak zaitun dan minyak kastor sebelum keramas dan biarkan selama beberapa saat. Jika kamu tidak sempat keramas, coba gunakan beberapa tetes minyak zaitun dan dry shampoo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Masalah Rambut Sekarang