7 Tips Merawat Rambut Pendek agar Selalu Menarik di Depan Gebetanmu

7 Tips Merawat Rambut Pendek agar Selalu Menarik di Depan Gebetanmu

1. Tidak Perlu Keramas Setiap Hari

Keramas

Semakin pendek rambutmu, maka semakin sedikit kotoran yang melekat pada batang rambutnya. Oleh sebab itu, kamu tidak perlu keramas tiap hari karena keramas setiap hari bisa membuat rambut jadi kering dan kusam. Kamu hanya perlu keramas setiap 2 hingga 3 hari sekali untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rambut serta kulit kepala.

2. Jangan Sembarangan Memilih Sampo, Ya!

Memilih sampo

Rambut yang pendek bukan berarti bisa membuatmu sembarangan memilih sampo. Kamu harus memilih sampo yang sesuai dengan karakteristik rambutmu. Rambut normal, kering, berminyak, atau sensitif butuh sampo khusus agar kondisinya membaik. Begitu pula halnya dengan rambut pendek yang diwarnai. Jangan sampai salah memilih sampo bikin warna rambutmu jadi lekas memudar, kusam, atau merusak tekstur rambut.

3. Cara Mengeringkan Rambut yang Benar

Mengeringkan rambut

Jangan menggosok-gosokkan rambut dengan handuk ketika mengeringkannya. Hal ini bisa membuat rambut basah jadi rentan rontok. Sebaiknya kamu mengangin-anginkan rambut agar kering secara alami. Maka bentuk rambutmu pun akan lebih rapi kalau tidak dikeringkan dengan handuk secara kasar. Agar kelembapan rambut terjaga, kamu juga bisa mengeringkan rambut dengan kaos katun dibandingkan dengan handuk agar kelembapan rambutmu tetap terjaga.

4. Menggunakan Produk Perawatan Rambut Penting Lainnya

Memakai conditioner

Selain sampo yang tepat, ternyata kamu juga butuh produk perawatan rambut lain seperti conditioner dan serum. Produk pendukung perawatan rambut ini akan membuat rambutmu lebih sehat dan senantiasa lembap. Rambut sehat yang nutrisinya tercukupi pasti tampak lebih indah dan mudah diatur.

5. Menata Bentuk Rambut Tanpa Merusaknya

Styling rambut

Mungkin kadang-kadang kamu bosan dengan bentuk rambutnya. Rasanya ingin menata rambut dengan gaya yang berbeda. Kalau begitu, gunakan saja catokan atau hair dryer untuk memperbaiki bentuk rambutmu. Kamu bisa menggunakannya sesekali ketika akan menghadiri acara penting, sehingga penampilanmu kelihatan luar biasa dan rambutmu tidak rusak karena penataan berlebihan.

6. Agar Rambutmu Lebih Bervolume

Rambut pendek

Rambut pendek akan tampak kurang menarik jika lepek dan tidak bervolume. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menggunakan sisir bergigi rapat atau sisir berbentuk bulat agar rambut lebih bervolume. Usai keramas, biarkan rambut kering sempurna sebelum menatanya dengan sisir. Maka bentuk rambutmu pun akan kelihatan lebih mengembang.

7. Harus Gunting Rambut Secara Teratur

Gunting rambut

Berbeda dengan rambut panjang yang tidak perlu sering digunting, rambut pendek justru harus digunting secara teratur. Usahakan untuk menggunting rambut pendek setiap 3 hingga 7 minggu sekali agar bentuknya tetapi rapi. Ujung-ujung rambut yang bercabang atau kering pun segera teratasi kalau kamu menggunting rambut secara teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *