7 Penyebab Rambut Rontok Berlebihan

Rambut adalah mahkota, terutama bagi apra kaum hawa. Rambut dijaga dan dirawat sebaik-baiknya agar tetap dapat menyempurnakan penampilan. Walaupun sudah berusaha semaksimal mungkin dalam merawat rambut, terkadang beberapa masalah tetap saja muncul seperti rontok. Rambut rontok bisa dikatakan normal apabila jumlahnya sedikit.

Jika jumlah rambut yang rontok sudah terlalu berlebih, tentu hal tersebut akan membuat perasaan jadi khawatir. Bagaimana tidak? Rambut yang rontok berlebih bisa saja berujung pada rambut yang tipis atau bahkan kebotakan. Ini akan membuat seseorang jadi merasa kurang percaya diri, khususnya wanita.

6 Penyebab Rambut Rontok Berlebihan

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menjadi akar masalah rambut rontok berlebihan:

1. Gangguan Hormon

Gangguan hormon dapat menyebabkan kerontokan rambut yang cukup parah. Saat tiroid bekerja terlalu aktif atau malah tidak sama sekali, salah satu dampak yang terasa adalah rontoknya rambut.

2. Masa Kehamilan dan Persalinan

Saat wanita hamil atau setelah melakukan proses persalinan, biasanya rambut akan banyak yang rontok. Sekitar 3 bulan setelah melahirkan, biasanya seseorang akan mengalami masalah rambut rontok yang parah. Hal ini tergolong masalah yang alami terjadi, tetapi pastikanlah kamu tetap mengonsumsi makanan-makanan sehat untuk gizi lengkap agar rambut rontok bisa berkurang. Kamu bisa juga menggunakan hair tonic agar kulit kepala terasa segar dan membantu pertumbuhan rambut.

3. Stres

Gangguan emosional seperti stres juga merupakan salah satu penyebab kerontokan rambut yang sering dialami seseorang.

4. Mengonsumsi Obat-obatan

Kerontokan juga bisa terjadi akibat mengonsumsi obat-obatan. Beberapa obat memiliki efek samping memicu rambut rontok. Ketika kita berhenti mengonsumsi obat tersebut, efek samping rambut rontok juga akan berhenti. Beberapa obat yang menjadi penyebab rontok antara lain obat dengan kandungan vitamin A yang sangat tinggi, obat asam urat, pengencer darah, antidepresean, kontrasepsi, dan kemoterapi.

5. Penyakit dan Infeksi

Beberapa penyakit terbukti dapat menyebabkan kerontokan rambut, seperti misalnya penyakit lupus dan diabetes. Selain itu, kondisi kulit kepala yang tidak sehat seperti terdapat jamur, atau infeksi pada kulit kepala, rambut juga akan lebih mudah rontok.

6. Kurang Gizi dan Vitamin

Saat menjalani diet yang terlalu ketat, seringkali tubuh menjadi kurang gizi dan vitamin. Akibatnya, rambut juga akan lebih mudah rontok, bahkan dalam jumlah yang tidak sedikit. Pastikan asupan gizimu selalu cukup, agar kebutuhan tubuh selalu terpenuhi ya, ladies!

Incoming search terms:

  • penyebab bulu cucak ijo keriting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Masalah Rambut Sekarang