7 Kebiasaan Kecil yang Merusak Rambut

7 Kebiasaan Kecil yang Merusak Rambut

Rambut adalah mahkota bagi para wanita. Seorang wanita akan tampil lebih cantik jika memiliki rambut yang sehat dan indah. Berbagai cara perawatan rambut pun dilakukan untuk mendapatkan rambut yang sehat dan indah. Sayangnya, beberapa kebiasaan-kebiasaan kecil yang tanpa sadar sering dilakukanpun ternyata bisa merusak keindahan rambut. Apa saja kebiasaan yang bisa merusak kesehatan dan keindahan rambut?

1. Tidak Memerhatikan Kesehatan Kulit Kepala

Kulit kepalapun sudah seharusnya mendapatkan perhatian dan perawatan yang intens. Sebab kulit kepala yang sehat akan menghasilkan rambut yang kuat dan sehat.

2. Sering Terkena Sinar UV

Ini yang sering tidak kita sadari, ketika kamu pergi jalan-jalan ke luar rumah, tentunya rambut akan sering terkena paparan sinar UV. Sebaiknya gunakanlah produk perawatan yang memberikan perlindungan untuk rambut agar rambut tidak rusak.

3. Terlalu Sering Keramas

Sampo dan air yang digunakan untuk keramas dapat membuat rambut menjadi kering dan kehilangan kelembapan alaminya. Jika kamu memang harus keramas setiap hari karena jenis rambutmu berminyak, maka fokuslah beri sampo ke kulit kepalamu saja.

4. Asal Menggunakan Sampo

Pemilihan sampo yang tepat merupakan salah satu faktor pendukung untuk mendapatkan rambut indah. Sesuaikan formula sampo yang dapat menjawab kebutuhan rambutmu. Jangan tergiur pada merek ‘luar’ yang mungkin tidak diformulasikan untuk kondisi rambut pada iklim tropis seperti di negara kita.

5. Menggosok Rambut Basah dengan Handuk

Setelah keramas biasanya kita secara tidak sadar langsung menggosokkan handuk ke kepala untuk mengeringkannya. Kebiasaan ini ternyata dapat menyebabkan rambut rapuh dan rontok. Cukup tekan-tekan dengan lembut saat mengeringkan rambut.

6. Menyisir Saat Rambut Dalam Keadaan Basah

Sebaiknya keringkan terlebih dahulu rambut dengan cara diangin-anginkan. Jika memang harus menyisir, gunakan sisir kayu bergigi jarang agar rambut tidak rontok.

7. Sering Mengikat dan Mengepang Rambut

Terlalu sering mengikat atau mengepang rambut dapat merusak ketahanannya, terutama bila kamu melakukannya setiap hari. Mengikat atau mengepang rambut dalam keadaan basah dapat membuatnya lebih cepat rusak. Hal ini dikarekanakan rambut lebih rapuh saat kondisinya basah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *