6 Kesalahan Merawat Rambut dalam Menggunakan Conditioner yang Tidak Kamu Sadari

6 Kesalahan Merawat Rambut dalam Menggunakan Conditioner yang Tidak Kamu Sadari

Kesalahan Nomer 1: Kamu Mengaplikasikan ke Akar Rambut

Memakai conditioner

Akar rambut sebenarnya tidak membutuhkan kondisioner karena akar rambut dapat memproduksi minyak sendiri. Selain itu, akar rambut juga tidak mengalami kerusakan sebanyak ujung rambut. Akar rambutmu merupakan bagian paling muda dan sehat dari setiap helai rambutmu. Oleh karenanya, pakailah kondisioner pada bagian ujung rambut saja. Fokuslah pada 3 inchi ujung rambutmu, karena bagian inilah yang paling tua dan paling kering.

Kesalahan 2: Kamu Menggunakan Terlalu Banyak

Memakai terlalu banyak conditioner

Gunakan kondisioner secukupnya saja. Terlalu banyak menggunakan kondisioner akan memperberat rambutmu, terutama jika rambutmu adalah jenis yang halus. Hal itu dapat membuat rambutmu tampak lepek. Sesuaikan dengan tebal rambutmu, jika tidak yakin, ambil sedikit terlebih dahulu, kemudian tambahkan lagi nanti jika masih kurang.

Kesalahan #3: Kamu Melewatkannya Sama Sekali

Tidak memakai conditioner

Bahkan jika rambutmu sangat berminyak, kamu masih perlu memakai kondisioner, terutama jika rambutmu keriting. Tanpa kondisioner, rambut akan rapuh dan kurang hidup. Kamu bisa melewatkannya sesekali, namun jangan menghindarinya sama sekali. Kalau rambutmu berminyak, pilihlah kondisioner yang tidak mengandung silicone karena bahan ini akan membuat rambut lebih berat dan lepek, serta terasa kotor.

Kesalahan #4: Kamu Tidak Melakukan Deep-Conditioning

Conditioner

Merawat rambut dengan deep-conditioning dapat mengembalikan kondisi rambut yang kering dan rusak. Melakukan deep-conditoning setidaknya seminggu sekali cukup direkomendasikan, terutama jika rambutmu kering atau diwarnai. Gunakan campuran argan oil, extra virgin olive oil, dan jojoba oi untuk memperbaiki dan melembutkan rambutmu. Jika rambutmu lembut, gunakanlah leave-in kondisioner karena deep-conditioning terlalu berat untuk jenis rambut halus.

Kesalahan #5: Kamu Membiarkannya Terlalu Lama

Keramas

Pakailah kondisioner sesuai dengan petunjuk pemakaiannya. Terlalu lama membiarkannya menempel di rambut akan membuatnya lepek atau terasa berminyak. Dua atau 3 menit saja biasanya sudah cukup.

Kesalahan #6: Kamu Selalu Menyampo Terlebih Dahulu

Menyampo

Kali ini cobalah memakai kondisioner terlebih dahulu, baru kemudian menyamponya. Cara ini sering digunakan oleh para model selama fashion week, di mana rambut mereka harus dikondisioner, namun tetap terlihat bervolume. Dengan memakai kondisioner dulu dan membilasnya dengan shampo yang lembut, rambut akan lebih lembut namun tetap memiliki volume yang bagus karena shampoo dapat membilas kondisioner dengan lebih bersih. Jadi, perhatikan lagi caramu memakai kondisioner agar manfaat yang kamu dapatkan lebih maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *