6 Cara Praktis Mengatasi Rambut Bau yang Mengganggu

Keramas dengan Sampo Khusus

Keramas

Wanita yang berambut bau membutuhkan shampo khusus dengan perpaduan kandungan anti bakteri dan belerang. Sampo dengan anti bakteri tentu akan membantu menyingkirkan bakteri yang membuat rambut bau, sedangkan belerang berfungsi sebagai zat ampuh untuk mengurangi kadar minyak pada kulit kepala. Sehingga rambut pun terasa lebih bersih dan segar dalam waktu lama. Penggunaan sampo khusus ini harus disesuaikan dengan anjuran dokter supaya tidak membuat kulit kepala dan rambutmu jadi kering.

Memotong Rambut

Memotong rambut

Memotong rambut sebenarnya bukan hal wajib bagi wanita berambut bau. Namun, memotong rambut akan membuat rambut jadi rapi dan mudah ditata. Risiko kotoran dan bakteri yang menempel di batang rambut pun bisa diminimalkan jika rambut sudah lebih pendek.

Jangan Gunakan Conditioner Rambut

Menggunakan conditioner

Bagus sekali jika kamu tahu bahwa conditioner rambut tidak boleh digunakan pada kulit kepala. Tetapi jika kamu bermasalah dengan rambut bau, sebaiknya kamu tidak menggunakan conditioner rambut sama sekali. Conditioner yang tidak sengaja mengenai kulit kepala dan tidak dibilas hingga bersih hanya akan menjadi sumber makanan bagi bakteri penyebab rambut bau.

Mengeringkan Rambut dengan Benar

Mengeringkan rambut

Rambut yang lembap akan memicu perkembangbiakan bakteri dan jamur. Jika selama ini kamu hanya mengeringkan rambut dengan handuk, mungkin kini kamu harus melakukan usaha lebih. Gunakanlah hairdryer untuk mengeringkan rambutmu secara maksimal. Rambut yang benar-benar kering akan meminimalkan jumlah bakteri dan pencetus rambut bau lainnya.

Gunakan Jus Tomat

Jus Tomat

Jus tomat memiliki manfaat untuk mengatasi rambut bau. Karena kandungan asamnya akan menetralkan pH kulit kepalamu. Cara penggunaannya juga sangat mudah. Blenderlah tomat segar hingga halus kemudian baluri seluruh kulit kepala dan rambut dengan jus tomat tersebut. Diamkan selama 15 menit sebelum dibilas agar seluruh nutrisi jus tomat meresap pada kulit kepala dan rambutmu.

Air Perasan Lemon Juga Tak Kalah Ampuh

Air lemon

Sudah bukan rahasia lagi kalau air perasan lemon mengandung zat anti bakteri alami. So, manfaatkan air perasan lemon untuk rambutmu. Basahi kulit kepalamu dengan air perasan lemon kemudian pijatlah agar lebih meresap. Tetapi jangan menggunakannya saat ada luka di kulit kepala, ya karena air perasan lemon pasti membuat lukamu jadi makin perih.

Nah, itu dia cara mudah mengatasi rambut bau kamu. Jangan berkecil hati dengan rambut bau yang mengganggu rasa percaya dirimu. Segera atasi masalah tersebut supaya kamu bisa kembali ceria dan bersemangat saat berkumpul dengan orang-orang yang kamu sayangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Masalah Rambut Sekarang