6 Cara Mengatasi Rambut Bercabang

6 Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Salah satu masalah yang ditakutkan oleh para wanita adalah rambut bercabang. Rambut bercabang tentunya bisa mengganggu penampilan serta kepercayaan diri ya, ladies! Banyak faktor yang mempengaruhi rambut bercabang dan pecah-pecah seperti kurang nutrisi, penggunaan produk kimiawi yang berlebihan, cuaca yang tak menentu, seringnya terkena sinar matahari berlebihan, penggunaan setrika rambut, serta faktor usia rambut. Dan biasanya rambut bercabang malah lebih sering ditemukan pada wanita daripada pria.

6 Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Rambut panjang sering mengalami rambut bercabang, tetapi bagi yang memiliki rambut pendek juga dapat mengalami masalah tersebut jika tidak memperhatikan kesehatan rambut serta kulit kepala. Berikut ini adalah cara mengatasi rambut bercabang tanpa harus memotongnya:

Menggunakan Minyak Zaitun

Cara mengatasi rambut bercabang dengan minyak zaitun

Minyak zaitun memang sudah dikenal memiliki manfaat yang begitu besar untuk kesehatan rambut serta kulit. Untuk mengatasi rambut bercabang menggunakan minyak zaitun caranya yaitu dengan membalurkan minyak zaitun ke permukaan kulit kepalamu. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 5 menit, kemudian bilas menggunakan sampo sampai bersih. Untuk mendapatkan hasil maksimal lakukan cara ini 2 kali dalam satu minggu.

Campuran Minyak Zaitun, Madu dan Telur

Cara mengatasi rambut bercabang dengan campuran minyak zaitun, madu dan telur

Cara mengatasi rambut bercabang selanjutnya yaitu dengan menggunakan campuran minyak zaitun, madu dan telur. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 kuning telur, 1 sendok makan madu, dan 3 sendok makan minyak zaitun. Setelah benar-benar tercampur rata kemudian balurkan pada kulit kapala dan rambutmu. Lakukan pula pemijatan secara perlahan. Setelah itu bungkus rambutmu menggunakan penutup rambut atau shower cap selama 40 menit. Langkah terakhir yakni membilas rambutmu sampai bersih.

Campuran Alpukat dan Minyak Zaitun

Cara mengatasi rambut bercabang dengan campuran alpukat dan minyak zaitun

Sebelum menerapkan cara ini bahasi dulu rambutmu. Setelah itu siapkan bahan-bahannya. Caranya yakni dengan menghaluskan 1 buah alpukat, kemudian campurkan dengan minyak zaitun sebanyak 1/2 sendok teh. Setelah tercampur rata langkah selanjutnya yakni membalurkan campuran tersebut pada rambut  dan diamkan selama 30 menit. Langkah terakhir yakni membilas rambutmu menggunakan air sampai bersih.

Pepaya dan Yogurt

Cara mengatasi rambut bercabang dengan pepaya dan yogurt

Kedua campuran bahan alami ini ternyata juga cukup efektif mengatasi rambut bercabang. Caranya yakni dengan menghaluskan buah pepaya secukupnya, setelah itu campurkan dengan minyak zaitun sampai tercampur rata. Balurkan campuran kedua bahan alami tersebut pada kulit kepala serta rambutmu. Tunggu selama 15 menit dulu kemudian bilas dengan air sampai bersih.

Campuran Yogurt, Madu dan Lemon

Cara mengatasi rambut bercabang dengan campuran yogurt, madu dan lemon

Pertama-tama siapkan dulu bahannya, yaitu 2 sendok makan madu, 2 sendok makan yogurt, dan perasan lemon. Setelah itu campurkan semua bahan tersebut sampai benar-benar tercampur rata. Oleskan pada kulit kepala serta rambutmu. Untuk hasil maksimal jangan langsung dibilas, tapi diamkan dulu selama 15 menit barulah bilas rambutmu sampai bersih.

Hindari Pemakaian Alat Styling Rambut

Cara mengatasi rambut rontok dengan menghindari pemakaian alat styling rambut

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas bahwa salah satu penyebab rambut bercabang yakni pemakaian alat-alat styling rambut. Sebaiknya hindari pemakaian catokan maupun alat pengering rambut karena dapat menyebabkan rambut menjadi bercabang. Selain itu aktivitas rebonding juga dapat menjadi pemicu terganggunya kesehatan rambutmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *