5 Tips Merawat Rambut Ikal yang Perlu Kamu Ketahui

Memiliki rambut keriting atau berombak memang tidak mudah. Selain membutuhkan banyak usaha untuk merawatnya, perawatan yang salah juga malah akan membuat rambutmu menjadi tampak mengembang seperti singa. Terkadang kamu pastinya iri dengan teman-temanmu yang dikaruniai rambut lurus, karena rambut mereka tampaknya selalu lurus dan rapi.

Salah satu perawatan yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan rambut yang rapi dan cantik kamu sering harus mem-blow dry, mencatok, atau bahkan smoothing rambutmu. Perawatan yang kamu berikan pada rambut ikalmu itu justru bisa membuat rambut tampak lelah, rusak, dan tidak sehat. Nah, agar kamu bisa memerlakukan rambutmu dengan tepat, gunakan tips ini ya, ladies!

5 Tips Merawat Rambut Ikal yang Perlu Kamu Ketahui

Kunci pertama untuk kamu yang memiliki rambut ikal adalah, belajar untuk menerima jenis rambutmu apa adanya tanpa perlu memaksanya untuk lurus.

1. Jangan Lupa Hidrasi

Menjaga kelembapan

Rambutmu akan terlihat lebih bagus ketika terhidrasi sempurna. Maka itu, jangan pernah lupa untuk pakai kondisioner setiap habis keramas. Dan dua kali seminggu, manjakan rambutmu dengan perawatan deep conditioning. Ada banyak kok produk deep conditioner, berupa hair mask atau bahkan resep-resep DIY yang bisa kamu coba buat sendiri di rumah. Jika kamu tidak punya waktu untuk membiarkan rambutmu menyerap berbagai masker rambut tiap dua minggu sekali, hair oil atau serum bisa menjadi alternatif.

2. Sikat Itu Musuh!

Sisiran

Menyikat rambutmu hanya akan membuatnya jadi frizzy alias mengembang berantakan! Jadi, hindari menyikat rambut setelah keramas. Lakukanlah sebelum atau saat keramas. Namun, jika kamu merasa ingin mengurai rambut kusutmu setelah keramas gunakan sisir bergigi lebar dan jarang.

3. Jangan Digosok Pakai Handuk

Mengeringkan rambut

Saat mengeringkan rambut setelah keramas, jangan menggosok-gosok handuk ke rambut. Cara yang harus kamu lakukan adalah memeras rambut dengan lembut sehingga sisa-sisa air terbuang, kemudian tepukkan handuk ke rambut untuk menyerap air yang masih menetes-netes. Lebih baik lagi jika kamu menggunakan kaos katun kamu untuk mengeringkan rambutmu. Hal ini karena katun tidak akan menyerap kelembapan di rambutmu, sehingga kelembapan di rambutmu akan lebih terjaga.

4. Jauhkan Tanganmu!

Pegang rambut

Ketika sedang dikeringkan, jauhkan tanganmu dari rambut. Tahan keinginan untuk memegang atau bahkan menyentuh rambut. Minyak yang terdapat di jemarimu bisa pindah ke rambut, sehingga nanti rambutmu jadi lepek.

Hair do

Ikat rambut

Ketika semua cara masih gagal juga, gunakan plan B. Gelung rambutmu membentuk messy bun, dan tambahkan kesan feminine dengan cara membiarkan sisi depan rambut menjuntai keluar, membingkai wajahmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Masalah Rambut Sekarang