5 Tips Agar Warna Cat Rambutmu Tahan Lama

Selain memilih warna dan produk yang tepat untuk mewarnai rambutmu, perawatan setelahnya juga sangatlah penting. Rambut yang diwarnai memerlukan langkah-langkah khusus untuk mempertahankan warnanya agar selalu seperti baru. Tak ingin kan rambut berwarnamu semakin luntur, terlihat kusam, dan tidak menarik? Untuk itu, ikutilah tips perawatan warna cat rambut berikut ini!

Pertahankan Warna Cat Rambut dengan 5 Tips Ini

5 tips ini bisa kamu coba untuk membuat warna rambutmu lebih awet:

Batasi Penggunaan Sampo

Batasi penggunaan sampo untuk mempertahankan warna cat rambut

Untuk menjaga warna cat rambutmu selama mungkin, pintar-pintarlah dalam mencuci rambut. Terlalu sering memakai shampo pada akan membuat warnanya teroksidasi dan berubah kekuningan. Kalau kamu harus mencucinya setiap hari, carilah pengganti shampo biasa. Misalnya saja sulfate-free cleansing conditioner, yang akan membersihkan kulit kepala dan helai-helai rambutmu tanpa membuat warna cat rambutmu semakin luntur. Biasanya produk-produk semacam ini memiliki formula yang creamy, tidak berbusa, dan lebih seperti kondisioner. Sehingga, kamu harus menggunakannya dalam takaran yang jauh lebih banyak dibandingkan shampo biasa.

Pilih Produk yang Tepat

Pemilihan produk dapat mempengaruhi kualitas warna cat rambut

Kalau highlight rambutmu berwarna terang, hati-hatilah memilih produk hair styling yang mengandung pewarna, seperti minyak rambut. Kebanyakan produk-produk tersebut berwarna kuning atau orange yang bisa mengubah warna highlight-mu menjadi kekuningan. Jadi, gunakan produk yang tidak mengandung pewarna. Begitu pula dengan shampo, hindari yang berwarna cokelat atau keemasan. Jika sudah terlanjur dan warna cat rambutmu berubah kekuningan, lawan dengan shampo atau kondisioner berwarna ungu.

Gunakan Kondisioner dengan Hati-hati

Gunakan kondisioner untuk mempertahankan warna cat rambut

Banyak yang berpikir jika mereka memakai masker rambut lebih lama dari yang dianjurkan, maka hasilnya pun akan lebih baik. Padahal, kondisioner membuat kantung rambut jenuh, dan ketika dibilas, ada sebagian warna cat rambut yang ikut terbuang. Kalau rambutmu perlu tambahan kelembaban, gunakan produk yang juga memiliki fungsi menjaga warna cat rambut. Ikuti juga aturan pakainya. Untuk rambut kering dan rusak, sebaiknya kamu melakukan treatment sebelum mewarnai rambutmu, bukan setelahnya agar warna cat rambut bisa lebih tahan lama.

Tutupi Rambutmu

Lindungi warna cat rambutmu dari sinar UV

Sinar UV bisa membuat warna cat rambut semakin pudar atau berubah menjadi orange. Sehingga, kamu perlu melindunginya dengan memakai topi atau headscarft ketika berada di luar ruangan. Selain itu, gunakan juga produk hair styling yang bisa mengurangi efek buruk sinar UV, terutama jika kamu sering terpapar sinar matahari.

Rawat Ujungnya

Rawat ujung rambutmu

Warna cat rambut pada bagian ujung juga mudah luntur dan berubah kekuningan, sehingga rambut akan terlihat lelah dan tidak sehat. Untuk menyegarkan warnanya kembali, warnai kembali ujung rambutmu. Di tengah-tengah proses pewarnaan ujung rambut, sisirkan sisa pewarna rambut ke sepanjang rambutmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Masalah Rambut Sekarang