5 Kebiasaan Tidak Disangka yang Dapat Membuat Rambut Rusak

Rambut adalah mahkota wanita yang sangat berharga. Karena itu, diperlakukan perawatan yang tepat agar bisa senantiasa menjaga keindahannya. Untuk merawat rambut banyak wanita melakukan perawatan ke salon dan melakukan perawatan dengan menggunakan berbagai macam produk rambut yang dijual di pasaran. Tapi, kamu perlu berhati-hati, ladies! Walaupun kamu sudah susah payah melakukan perawatan maksimalm semua akan percuma jika kamu masih saja melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk yang merusak rambut. Coba perhatikan kebiasaan merusak rambut ini, bisa jadi tidak kamu sadari dan kamu sering melakukannya lho!

5 Kebiasaan Tidak Disangka yang Dapat Membuat Rambut Rusak

Apa saja kebiasaan buruk yang dimaksud? Simak selengkapnya di bawah ini yuk, ladies!

1. Menyisir Rambut Saat Masih Basah

Rambut rusak

Kebanyakan wanita menyisir rambutnya saat masih basah, tujuannya agar tidak kusut, memberikan efek bergelombang pada rambut, atau agar menghemat waktu. Namun, kondisi rambut yang basah merupakan kondisi yang paling rapuh. Untuk meminimalisir kerusakan, gunakanlah sisir yang bergigi jarang. Sesuaikan jenis sisir dengan tipe rambutmu. Jika rambutmu keriting, gunakanlah sisir bergigi jarang, jika rambutmu cenderung ikal atau lurus, kamu bisa gunakan sisir yang giginya lebih rapat.

2. Menggosok Rambut dengan Kasar

Mengeringkan rambut

Caramu mengeringkan rambut juga memiliki peran penting dalam menjaga kualitas rambut. Menggosok rambut dengan handuk sungguh bukan ide yang baik, ladies. Tekstur handuk yang agak kasar akan membuat rambutmu jadi pecah-pecah dan rusak, terlebih jika kamu menggosoknya. Sebaiknya, kamu menekan-nekan rambut dengan lembut menggunakan handuk yang lebih lembut. Kemudian, bungkus rambut dengan handuk selama beberapa saat hingga mengering.

3. Selalu Membiarkannya Terikat

Mengikat rambut

Mengikat rambut memang cocok saat kepanasan. Tetapi mengikatnya terlalu sering dan kencang dapat meruskanya, ladies. Bagian rambut yang terlalu sering diikat akan lebih mudah patah dan rontok. Jika kamu sering merasa pusing, ini juga bisa disebabkan oleh kunciran yang terlalu kencang dan sering. Hindari juga untuk tidur dengan kondisi rambut terikat. Sesekali urailah rambutmu dan buarkan ia bernafas lega.

4. Tidak Pernah Mengganti Belahan Rambut

Menyisir rambut

Setiap wanita memang seringkali memotong atau mengubah gaya rambut untuk mengganti suasana. Jangan lupa untuk sesekali mengganti belahan rambutmu juga, agar bagian belahan rambut yang lain dapat bernafas juga.

5. Salah Memilih Sampo dan Kondisioner

Memakai sampo

Pemilihan produk sampo dan kondisioner memiliki peran yang sangat besar untuk kualitas dan kesehatan rambut. Sampo dan kondisioner yang tak cocok bisa membuat rambut jadi rontok atau berketombe. Tak hanya rambut saja, kulit punggung juga bisa jadi berjerawat karena hal ini. Pilihlah sampo dan kondisioner yang sesuai dengan tipe rambutmu ya, ladies!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Masalah Rambut Sekarang