5 Cara Mudah Melindungi Rambut dari Kerusakan Akibat Perubahan Cuaca

Musim hujan telah tiba dan menyebabkan perubahan suhu menjadi lebih dingin. Perubahan suhu ini ternyata bisa mengganggu kesehatan rambut kamu. Untuk itu, kamu harus mulai memikirkan cara untuk melindungi rambut kamu agar tetap sehat. Ini dia 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat rambutmu tetap sehat.

Jangan Lupa Lindungi Rambut Saat Keluar Rumah

View image | gettyimages.com

Cara paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan topi saat keluar rumah untuk melindungi rambut kamu dari angin dan hujan. Buat kamu yang tidak suka menggunakan topi atau tidak suka dengan ‘cetakan’ yang ditinggalkan pada rambut, kamu bisa menggunakan scarf sutra, pasminah, atau selendang untuk melindungi rambut.

Lakukan Treatment Seminggu Sekali

View image | gettyimages.com

Disaat musim hujan seperti sekarang ini, sebaiknya kamu lebih rajin untuk melakukan deep conditioning treatment paling tidak seminggu sekali. Perawatan ini akan membantu menjaga kelembaban rambut kamu dari udara dingin di luar ruangan dan udara panas kering di dalam ruangan.

Jangan Terlalu Sering Keramas

View image | gettyimages.com

Kalau biasanya kamu mencuci rambut setiap hari, sebaiknya hentikan dulu. Cukup cuci rambut kamu 2 atau 3 kali saja dalam seminggu. Dengan begini kamu bisa mengurangi resiko rambut terlalu kering. Jangan lupa untuk mengeringkan rambut sebelum pergi keluar rumah, selain bisa membuat kamu sakit, rambut lembab kamu akan terkontaminasi dengan udara dingin yang semakin membuat rambutmu rapuh dan kering.

Rapikan Rambut Secara Rutin

Saat udara dingin, sebaiknya kamu rutin merapikan ujung-ujung rambut kamu atau trim rambut kamu setiap 6-8 minggu sekali. Terutama untuk kamu yang memiliki rambut panjang, jangan biarkan rambut kering diujung rambut merusak rambut indahmu.

Jaga Kelembapan Ruangan

Menjaga kelembapan ruangan adalah hal penting yang harus kamu perhatikan. Jangan sampai suhu didalam ruangan kering karena kamu menggunakan pemanas ruangan atau menutup semua ventilasi udara agar tidak kedinginan. Kamu bisa menjaga kelembapan ruangan dengan menggunakan humidifier. Humidifier ini bisa menjaga rambut dan kulit dari kering akibat udara dingin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Masalah Rambut Sekarang