5 Cara Merawat Rambut Alami dengan Mudah Menggunakan Cuka Apel

5 Cara Merawat Rambut Alami dengan Mudah Menggunakan Cuka Apel

1. Membuat Rambut Berkilau

Rambut yang berkilau

Untuk menghasilkan rambut yang berkilau, setelah keramas cucilah rambut dengan cuka apel. Campur ½ sendok makan cuka apel dan 1 gelas air, kemudian bilas rambut dengan campuran cuka tersebut. Setelah itu bilas dengan air dingin. Kamu juga bisa menggunakan campuran cuka apel dengan air hangat sebagai kondisioner alami untuk menghasilkan rambut yang lebih bersinar.

2. Membuat Rambut Lebih Halus

Rambut yang halus

Cuka apel mengandung asam alpha-Hydroxy yang membantu dalam meningkatkan kualitas rambut. Mencuci rambut dengan cuka apel juga membantu dalam menutup kutikula dan membuat rambut lebih halus.

3. Membantu Pertumbuhan Rambut

Cuka apel

Nutrisi yang terkandung di dalam cuka apel merangsang folikel rambut sehingga rambut menjadi cepat tumbuh. Caranya adalah mencuci rambutmu terlebih dahulu dengan cuka apel sebelum kamu menggunakan sampo.Lakukan ini selama 2-3 kali dalam satu minggu untuk hasil yang maksimal.

4. Dapat Mengatasi Ketombe

Ketombe

Sifat anti bakteri dan jamur pada cuka apel membantu dalam mencegah ketombe, infeksi kulit, gatal-gatal, meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala dan membuat rambut lebih sehat. Sifat anti bakteri dan jamur tersebut juga menghambat pertumbuhan Malassezia furfur yang merupakan jamur yang menyebabkan ketombe.

5. Mengatasi Rambut Rontok

Rambut rontok

Rambut yang rontok bisa disebabkan karena adanya penumpukan sel kulit mati. Untuk itu kamu bisa menggunakan campuran cuka apel dengan gula merah. Lalu gunakan campuran cuka apel dengan air untuk membilasnya, dan setelah itu bersihkan rambut dengan air. Atau kamu juga bisa memasukkan cuka apel yang dicampur air ke dalam alat penyemprot. Semprotkan cuka apel tersebut ke kulit kepala untuk mengatasi rambut rontok ataupun rambut yang menipis.

Cara Lain Memanfaatkan Cuka Apel untuk Rambut

Nutrisi dalam cuka apel membantu dalam mempertahankan pH kulit kepala dan membantu dalam membersihkan sel-sel kulit mati. Oleh karena itu, cucilah rambut secara teratur dengan cuka apel yang sudah dilarutkan dalam air untuk meningkatkan volume dan kilau rambut. Untuk menjaga kesehatan rambut, kamu juga bisa langsung meminumnya lho, ladies! Caranya minum segelas air putih yang dicampur dengan satu sendok makan cuka apel. Untuk mengurangi rasa asam bisa ditambahkan madu. Bila diminum secara teratur dapat meningkatkan stamina tubuh dan juga untuk meningkatkan pertumbuhan dan memperkuat rambut.

Selain cara di atas, kamu juga bisa melakukan perawatan masker rambut cuka apel yang dikombinasikan dengan bahan lain seperti berikut ini:

Bahan 1 : Cuka apel, air, lavender esential oil, rosemary essential oil

Bahan 2 : Cuka apel, pisang, alpukat, yogurt, minyak kelapa

Bahan 3 : Cuka apel, castor oil (minyak jarak), gliserin, telur

Cara Pembuatan:

1. Campur semua bahan-bahan hingga tercampur rata.

2. Aplikasikan pada rambut secara merata.

3. Pijat perlahan selama lima menit, lalu diamkan selama 30 menit.

4. Bilas dengan air bersih.

Perawatan ini dapat kamu lakukan dua minggu sekali. Nah, dengan mengetahui manfaat cuka apel untuk rambut, setuju kan kalau harus menyediakan cuka apel di rumah untuk kesehatan rambut sekaligus kesehatan tubuhmu, ladies! Selamat mencobanya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *