5 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Alami dan Praktis

5 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Alami dan Praktis

Ketombe merupakan salah satu musuh terbesar bagi wanita karena keindahan rambut akan terganggu jika ketombe sudah mulai muncul. Sangat menyebalkan jika ketombe sampai menimbulkan rasa gatal yang tidak tertahankan karena kamu pasti ingin selalu menggaruk kulit kepala agar rasa gatal itu berkurang.

Penyebab utama ketombe adalah karena adanya jamur yang berkembang biak di dalam pori-pori kulit kepala. Selain itu, jamur juga bisa tumbuh jika rambutmu jarang terkena sinar matahari. Ada banyak cara dan kebiasaan yang simpel untuk mencegah timbulnya ketombe pada kulit kepala, contohnya jangan menggunakan helm ketika rambut masih basah atau rajin keramas setiap hari dengan sampo anti ketombe.

Tetapi, jika cara-cara tersebut masih belum mampu mengatasi masalah ketombe pada rambutmu, mengapa kamu tidak coba menghilangkannya dengan bahan-bahan herbal dan alami? Cara menghilangkan ketombe secara alami tentu tidak sulit, ladies. Selain itu, menghilangkan ketombe secara alami juga dapat dikatakan lebih murah dan bahan-bahannya juga mudah didapatkan. Yuk, simak 5 cara menghilangkan ketombe secara alami berikut ini!

Cuka Putih

Campurkan cuka putih dengan sedikit air dan gunakanlah pada saat bilasan terakhir ketika kamu keramas. Cuka putih memang sudah terkenal sebagai obat tradisional penghilang ketombe. Kamu juga mencampurkan cuka putih dengan minyak goreng kemudian kamu oleskan pada kulit kepala sambil dipijat-pijat dengan lembut agar menyerap ke dalam kulit kepala dengan baik kemudian bilas hingga bersih, setelah itu baru keramas.

Soda Kue

Menggunakan soda kue untuk menghilangkan ketombe sangatlah mudah. Cukup kamu campurkan soda kue dengan air secukupnya dan gunakan pada saat kamu berkeramas. Soda kue bisa memberikan pengaruh pada proses produksi kelenjar minyak supaya bisa menghambat pertumbuhan jamur penyebab ketombe.

Jeruk Nipis

Cara penerapannya adalah potong jeruk nipis menjadi dua bagian lalu gosokkan ke atas kulit kepala kamu. Jika terdapat luka di kulit kepala akibat sering menggaruknya karena gatal, mungkin menggunakan jeruk nipis akan sedikit perih.

Garam

Kalau biasanya kamu menggunakan garam sebagai bumbu dapur, kamu juga bisa menggunakannya sebagai obat penghilang ketombe. Kamu bisa campurkan garam dengan shampoo yang kamu gunakan untuk keramas. Garam dinilai mampu menetralisir perkembangbiakan jamur pada kulit kepala dan kamu akan terbebas dari ketombe.

Lidah Buaya

Tanaman yang satu ini sangat berguna sekali dalam hal penyembuhan berbagai masalah kesehatan dan kecantikan. Untuk menghilangkan ketombe, kamu bisa petik lidah buaya kemudian kupas dan ambil bagian lendirnya. Setelah itu, gosokkan lendir lidah buaya tersebut ke bagian kepala yang berketombe. Cara ini adalah cara paling mudah dan ampuh untuk menghilangkan ketombe sekaligus merawat keindahan rambut.

Itulah tips menghilangkan ketombe dengan cepat dan alami. Semoga bisa bermanfaat untuk kamu ya, ladies!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *