4 Tips Merawat Rambut Kering yang Seharusnya Kamu Lakukan

4 Tips Merawat Rambut Kering yang Seharusnya Kamu Lakukan

1. Untuk Mencegah Rambut kering: Ganti Shampomu

Mengganti shampo

Sebagian besar produk shampo kemasan memiliki kandungan sodium lauryl sulfates (SLS), yang merupakan bahan deterjen yang keras. Bahan ini dapat menghilangkan kandungan minyak alami dari kulit dan rambutmu. Inilah yang sering membuat rambut kering, kusam, dan susah diatur. Bukan berarti kamu tidak boleh mencuci rambutmu, hanya saja pilihlah produk yang tepat untuk rambut keringmu.

Misalnya saja cleansing conditioner untuk mengganti shampoo yang biasa kamu pakai. Cleansing conditioner mengkombinasikan fungsi membersihkan dari shampo, serta fungsi melembabkan dari kondisioner, sehingga rambutmu pun akan bersih tanpa menjadi kering. Dengan produk semacam ini, rambut akan lebih lembut dan terhidrasi.

2. Untuk Merawat Rambut Kering: Stop Memakai Hair Mask Di Shower

Hairmask

Kalau kamu seringkali mengaplikasikan deep conditioner dan hair mask pada rambut basahmu sembari mandi di shower, sebaiknya kamu segera hentikan kebiasaanmu itu. Apa alasannya? Rambut dalam keadaan basah sebenarnya akan membengkak, sehingga akan sulit bagi kondisioner ataupun hair mask-mu untuk masuk terserap ke dalam rambut. Walhasil, deep conditioner dan hair-mask yang kamu pakai pun  tidak akan maksimal bekerja memperbaiki rambutmu yang kering.

Sebagai gantinya, tirulah cara yang berikut ini. 30 menit sebelum kamu masuk ke shower, sisirlah rambutmu dengan menggunakan hair mask. Pastikan rambutmu dalam keadaan kering ketika memakainya. Aplikasikan bagian per bagian agar lebih merata. Jika sudah, jepit rambut ke atas, dan kamu bisa lanjutkan mandi. Gunakan hair mask satu atau dua kali setiap minggunya.

3. Untuk Menjaga Kelembaban Rambut: Ganti Dry Shampo-mu

Dry conditioner

Selain shampo biasa, kamu pun perlu mengganti dry shampo yang biasa kamu pakai untuk menghilangkan minyak dari rambutmu dalam sekejap. Gantilah dengan dry conditioner. Seperti halnya dry shampo, kamu bisa memakai dry conditioner tanpa air.

Teksturnya dry shampoo dan dry conditioner hampir serupa. Bedanya, dry conditioner dibuat dengan formula micro conditioner, seperti buah-buahan dan nut oils, yang akan menambahkan kelembaban pada rambutmu dalam sekejap. Jadi, kalau rambutmu terasa kering dan susah diatur, lembutkan dengan memakai dry conditioner spray.

4. Untuk Memperbaiki Kerusakan Rambut: Coba Masker Alami

Alpukat

Rambut kering biasanya cukup sensitif terhadap bahan-bahan kimia yang keras yang terkandung dalam produk-produk shampo, hair care, dan hair styling lainnya. Untuk lebih amannya, kamu bisa mencoba alternatif bahan-bahan alami, yang tentu saja bebas dari kontaminasi bahan kimia yang bersifat merusak. Beberapa bahan alami yang cukup efektif untuk mengembalikan kelembaban rambut dan membuatnya semakin berkilau adalah alpukat, madu, kuning telur, minyak zaitun, minyak kelapa, pisang, yoghurt, dan lain sebagainya. Kamu bisa mengkombinasikan bahan-bahan tersebut agar manfaatnya semakin lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *