4 Tanda-tanda Rambutmu Mulai Menua yang Harus Kamu Perhatikan

Rambut Berubah Abu-Abu

Tanda-tanda rambut menua - Rambut Berubah Abu-abu

Perubahan warna rambut menjadi abu-abu atau keputih-putihan adalah tanda yang paling jelas menunjukkan bahwa rambut sudah mengalami penuaan. Menurut Dr. Jeffrey Benabio, seorang ahli dermatologi dan direktur healthcare transformation di Kaiser Permanente, San Diego mengatakan bahwa tanda-tanda ini bisa muncul ketika seseorang berusia 30an. Namun kebanyakan mulai mengalaminya di usia 40an.

Berubahnya warna rambut menjadi abu-abu dikarenakan sel-sel tidak lagi memproduksi pigmen rambut. Hal ini sangat normal terjadi seiring bertambahnya usia. Di usia 50 tahun, 50% dari kita sudah memiliki rambut keabu-abuan.

Produk perawatan rambut tersohor, L’Oreal baru-baru ini meluncurkan produk baru mereka yang diklaim bisa melindungi pigmen rambut. Akan tetapi, produk yang berupa pil ini ternyata hanya berfungsi untuk mencegah rambut berubah menjadi abu-abu. Pil ini tidak bisa merubah warna rambut yang sudah berubah menjadi abu-abu kembali ke warna rambut semula.

Bruno Bernard, kepala hair technology dari L’Oreal menyatakan bahwa tidak ada yang salah dengan rambut abu-abu. Bahkan banyak selebriti dan orang-orang tenar lainnya cukup percaya diri dan tetap terlihat menarik dengan helai-helai rambut keperakan mereka.

Rambut Menipis

Tanda-tanda Rambut Menua - Rambut Menipis

Dr. Benabio juga menyebutkan bahwa penuaan rambut bisa ditandai dengan volume rambut yang semakin berkurang. Jika rambutmu rontok sebanyak 100 helai per hari, itu merupakan hal yang wajar tidak peduli berapa usiamu. Rambut yang kian menipis ketika umur bertambah adalah juga hal yang sangat normal. Hal ini umum terjadi pada pria dan wanita.

Pada wanita, perubahan hormon bisa mempengaruhi pola pertumbuhan rambut mereka. Seperti di masa menopouse, lambat laun biasanya wanita mengalami penipisan dan kerontokan rambut. Bukan hanya pada rambut di kepala, tapi juga pada rambut-rambut di bagian tubuh lainnya. Misalnya saja rambut di kaki yang menipis, namun bersamaan dengan itu rambut di bagian atas bibir atau dagu justru semakin lebat.

Dr. Heather Woolery-Lloyd, seorang ahli dermatologi di Miami Beach, Florida, menjelaskan lebih jauh mengenai penyebab menipisnya rambut. Semakin tua, folikel rambut semakin mengecil sehingga rambut yang dihasilkan sangat tipis dan hampir tidak bisa dilihat. Itulah sebabnya terjadi kebotakan, baik pada pria maupun wanita.

Salah satu cara untuk mengatasi penipisan rambut adalah dengan menggunakan myoxin. Meskipun zat ini tidak bisa menumbuhkan rambut, namun dapat memperkuat rambut dan membuatnya tampak lebih tebal. Rambut juga tidak akan mudah patah, yang akan menambah volume rambut.

Rambut Kering

Tanda-tanda Rambut Menua - Rambut Kering

Selain folikel yang semakin kecil, kelenjar minyak ternyata juga semakin kurang produktif menghasilkan minyak ketika kita semakin tua. Di usia muda, minyak dari kantung rambut secara alami akan turun ke sepanjang rambut dan melapisi seluruh permukaan rambut. Dengan bertambahnya usia, minyak yang diproduksi tidak akan sebanyak itu, yang mengakibatkan rambut lebih kering.

Untuk mengatasinya, usapkan minyak atau produk pelembab lainnya ke rambutmu agar tidak terlihat kering. Jauhi juga teknik-teknik hairstyling yang terlalu keras dan menggunakan panas sehingga rambut tidak semakin kering.

Rambut Rapuh

Tanda-tanda Rambut Menua - Rambut Rapuh

Dr. Benabio menambahkan satu lagi tanda yang menunjukkan rambut mulai mengalami penuaan, yaitu rambut rapuh. Dengan bertambahnya usia, elastisitas rambut semakin berkurang. Hal inilah yang menyebabkan rambut menjadi rapuh.

Namun, rambut rapuh bukan hanya disebabkan oleh penuaan, tapi juga sering terjadi karena penggunaan produk atau bahan kimia yang kurang tepat, seperti pada saat bleaching, meluruskan rambut, atau mewarnai rambut. Vitamin rambut yang mengandung biotin dan silica bisa membantu rambut lebih kuat, kata Dr. Woolery-Lloyd.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Masalah Rambut Sekarang