4 Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Obat Alami

4 Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Obat Alami

Obat ketombe ada yang berbahan alami atau herbal dan ada juga yang mengandung zat kimia. Untuk artikel ini, kita akan membahas obat ketombe berbahan alami.

1. Jeruk Nipis

Obat ketombe yang pertama adalah menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis memang salah satu obat ketombe yang paling ampuh untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala. Selain itu jeruk nipis juga sangat mudah ditemukan oleh kita. Untuk cara menggunakanya juga sangat mudah, iris jeruk nipis menjadi beberapa bagian, lalu kamu bisa langsung mengoleskan jeruk nipis ke kulit kepala atau memerasknya terlebih dahulu baru di oleskan ke kulit kepala secara merata.

Biasanya ini akan sedikit menimbulkan rasa perih dikulit kepala akibat bekas garukan dikulit kepala yang terlalu kencang dan menimbulkan luka atau lecet di kulit kepala. Tapi jika kulit kepala kamu tidak ada luka atau lecet maka tidak akan merasakan perih saat mengoleskannya. Setelah di oleh, diamkan selama 30 menit atau setengah jam. Lalu bilas, kamu bisa menggunakan shampo agar lebih bersih. Dan pastikan saat membilas tidak ada busa shampo yang tertinggal. Bilaslah rambut kamu hingga bersih.

2. Cuka Putih

Mungkin sebagaian dari kita merasa bingung, membersihkan rambut dengan cuka. Sebagaimana yang kita tau, cuka memiliki bau yang sangat mengengat. Tapi dibalik bau nya tersebut cuka putih atau yang bisa dikenal dengan cuka apel ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk obat ketombe yang alami. Cuka apel bisa membersihkan kulit yang kering yang akan menjadi ketombe pada kulit kepala kita selain itu fungsi lain dari cuka ini adalah mampu membasmi berbagai macam jenis jamur penyebab timbulnya ketombe.

Cara menggunakan cukup simpel, gunakan setengah cangkir cuka apel yang dicampurkan pada setengah cangkir yang berisi air hangat. Selanjutnya balurkan campuran tersebut ke kulit kepala dan diamkan selama semalaman. Kamu bisa menggunakanya sebelum tidur. Setelah itu besok pagi nya bilas menggunakan shampo hingga bersih dan bau nya hilang.

3. Fenugreek

Sebagian dari kita mungkin baru mendengar fenugreek. Fenugreek adalah sejenis tanaman yang berasal dari India yang disebut Hilba atau Hilbah. Di Indonesia sendiri Fenugreek disebut sebagai KelabatTanamanan ini biasanya digunakan sebagai umum untuk membuat kari atau kare tapi ternyata selain untuk bumbu, tanamana ini ternyata bisa dimanfaatkan untuk obat ketombe.

Cara menggunakannya adalah dengan ambil bumbu ini sebanyak 2 sendok makan lalu direndam semalaman. Besok paginya haluskan bumbu tersebut dan setelah halus balurkan ke kulit kepala kamu hingga merata dan diamkan sekitar 30-45 menit. Setelah 45 menit baru bilas rambut kamu dengan air hingga bersih.

4. Sinar Matahari Pagi

Cara menghilangkan ketombe yang terakhir adalanya dengan sinar matahari pagi. Kita tau sinar matahari pagi memang sangat baik untuk tubuh kita tidak terkecuali untuk rambut kita. Setelah keramas sebaiknya jemur rambut kamu selama 10 menit. Ini bertujuan agar kulit kepala kita tidak selalu lembab. Cara ini cukup mudah bukan?

Oke itu dia 4 Cara menghilangkan ketombe menggunakan obat yang berbahan alami. Setelah melakukan cara-cara di atas, semoga ketombe di kepala kita akan segera hilang dari kepala kita dan rambut kamu terlihat indah dan bersih. Lakukan lah perawatan ini secara rutin dan terus menurus agar ketombe tidak kembali lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *