3 Tips Mudah Perawatan Rambut di Musim Hujan

Menjaga penampilan di musim hujan bisa cukup merepotkan. Apalagi jika kamu adalah salah satu dari mereka yang lebih sering beraktifitas di luar ruangan. Basah, becek, dan dingin sudah pasti jadi tantangan yang harus diatasi. Namun, hal itu jangan sampai membuat penampilanmu terlihat asal-asalan. Meskipun musim hujan, penampilan tetap harus dijaga. Salah satunya adalah dengan menjaga kondisi rambut agar tetap sehat dan terlihat indah.

Pentingnya Merawat Rambut di Musim Hujan

Rambut tentu saja merupakan bagian penting dari penampilan. Bisa dibayangkan jika seluruh baju dan make up sudah OK, tapi rambut terlihat lepek dan berminyak, pasti akan merusak seluruh penampilanmu. Di musim hujan, rambut akan sering basah sehingga lebih lembab dan berminyak. Untuk itu, penting sekali menyiasati gaya rambut dan juga merawatnya dengan cara yang benar.

Cara Perawatan Rambut Di Musim Hujan

Simak cara-cara merawat rambut ini agar penampilan rambut kamu selalu cantik meskipun di musim hujan.

Gunakan Penutup Kepala

Air hujan mengandung polusi dan kotoran yang dapat merusak rambut dan kulit kepala. Apalagi di daerah perkotaan dengan polusi udara yang cukup tinggi, menjadikan kandungan zat asam di dalam tetesan air hujan semakin tinggi pula. Hal ini dapat menjadikan rambut kusam dan tidak bercahaya.

Jadi, mencegah rambut agar tidak terpapar secara langsung oleh air hujan akan sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut. Namun, gunakan penutup kepala yang tidak terlalu ketat, sehingga kulit kepala masih dapat bernafas. Di samping itu, penutup kepala juga dapat menghangatkan kepala dari udara dingin.

Segera Cuci Rambut Setelah Terkena Air Hujan

Jika tidak bisa menghindarkan rambut dari terpaan air hujan, maka sangat dianjurkan untuk segera mencucinya dengan bersih. Cara ini dapat segera membersihkan rambut dari kotoran-kotoran dan polusi yang menempel pada rambut dan kulit kepala. Ingat, gunakan shampo yang ringan dan cuci dengan lembut sehingga rambut tidak akan kering dan rusak meskipun dicuci berkali-kali.

Penggunaan air panas atau hangat sebaiknya juga dibatasi karena bisa menyebabkan kekeringan. Aplikasikan konditioner setelah itu.

Pilih Gaya Rambut Simpel Atau Gunakan Aksesoris Rambut

Agar tidak terus-terusan membenahi gaya rambut, lebih baik memilih gaya rambut yang simpel. Curling mungkin akan terlihat cantk, namun gaya rambut ini akan cepat rusak di musim hujan. Gaya rambut messy look juga cukup membantu.

Selain itu, penggunaan aksesoris juga dapat menyiasati penampilan rambut. Dalam kondisi darurat, bando atau mengucir rambut bisa menyembunyikan rambut lepek kamu. Jika kamu masih mau memperlihatkan poni, cuci bagian poni saja agar terlihat segar.

Masih banyak lagi yang bisa dilakukan untuk menjaga penampilan dan kesehatan rambut di musim hujan, termasuk melakukan creambath atau massage secara teratur, menjaga kebersihan dan kelembaban rambut, serta pola makan yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Masalah Rambut Sekarang