11 Perawatan Rambut Sebelum Dicatok – Paling Mudah

1. Pilihlah Catok Rambut yang Memiliki Suhu Stabil

Catok rambut yang baik adalah yang memiliki suhu stabil. Dalam mencatok rambut sebaiknya gunakan suhu yang tepat. Suhu yang terlalu tinggi atau terlalu panas dapat merusak rambut Anda. Suhu yang tinggi pada saat melakukan perawatan rambut menyebabkan rambut Anda menjadi kering dan kaku. Sebab rambut Anda kehilangan kelembapan alaminya. Namun, suhu yang terlalu rendah proses pencatokan rambut akan berlangsung lama. Jadi, alangkah lebih baik jika pilihlah catok rambut yang memiliki pengatur suhu. Sehingga Anda bisa menyesuaikan panas yang tepat untuk mencatok rambut Anda.

Bagi Anda yang pernah melakukan perawatan rambut seperti diwarnai, dikeriting, smoothing, rebonding, bleaching, dan perawatan lain. Suhu yang pas untuk mencatok rambut adalah sekitar 160-170 derajat. Namun bila Anda belum pernah melakukan perawatan rambut tersebut dan tekstur rambut Anda halus. Suhu yang tepat untuk mencatok rambut Anda 200-220 derajat. Jika rambut Anda bertekstur kasar settinglah catok rambut Anda pada suhu 220-240 derajat.

2. Pilihlah Ukuran Catok Rambut Sesuai Rambut Anda

Bagi Anda yang memiliki rambut panjang dan tebal pada perawatan rambut sebelum di catok yang berukuran besar. Catok rambut yang berukuran besar akan efektif dan mempermudah Anda dalam mencatok rambut Anda yang panjang dan tebal. Ukuran catok yang besar dapat mempermudah Anda dalam mencatok rambut. Sehingga Anda hanya sekali tarik saja. Tidak perlu berkali-kali. Hal ini dapat mengurangi dampak panas yang merusak rambut Anda.

Namun bila Anda memiliki rambut yang tipis dan pendek, pilihlah catok rambut yang berukuran kecil atau sedang. Sebab catok rambut yang kecil menghindari saat mecatok rambut terkena kulit kepala Anda. Selain itu mempermudah Anda dalam mencatok rambut karena ukurannya sesuai dengan ketebalan rambut Anda.

3. Pilihlah Bahan Catok Rambut yang Tepat

Bahan pelapis catok rambut memiliki banyak jenisnya. Umunnya terdiri dari alumunium, keramik, titanium, dan tourmaline. Catok rambut dari bahan alununium harganya lebih murah dari pada bahan alumunium yang lain. Namun, catok rambut yang dilapisi alumunium sangat tidak disarankan karena dapat merusak rambut. Catok rambut dari keramik, titanium, dan tourmaline merupakan bahan yang bagus.

Namun, harga catok rambut dari titanium sangat mahal dibandingkan dengan catok dari bahan yang lain. Namun catok rambut dari bahan ini tidak merusak rambut dan membuat rambut Anda halus dan berkilau.

4. Pertimbangkan Desain dan Jenis Catokan

Untuk fitur yang paling penting dari sebuah perawatan rambut sebelum di catok adalah fitur pengatur suhu. Sehingga pada saat mencatok rambut, Anda bisa menyesuaikan suhu yang tepat. Bagi Anda yang selalu berpergian pilihlah catokan yang memiliki desaian yang praktis. Sehingga memudahkan Anda untuk membawanya ke mana-mana.

5. Pilihlah Catok Rambut yang Sesuai dengan Jenis Rambut Anda

Sebelum memutuskan memilih catokan yang Anda beli. Sebaiknya kenali terlebih dahulu jenis rambut Anda. Rabalah terlebih dahulu rambut Anda untuk mengetahui jenis rambut anda. Bila rambut Anda teraba halus sebaiknya Anda menggunakan catok rambut dengan bahan keramik. Bila rambut Anda teraba kasar pilihlah catok rambut berbahan titanium.

6. Pertimbangkan Fitur Apa yang Anda Butuhkan

Catok rambut sekarang sudah dilengkapi dengan teknologi canggih dan banyak fitur. Selain dapat meluruskan rambut, catok rambut sekarang bisa digunakan untuk mengkeriting rambut dan membuat rambut bergelombang. Catok rambut yang memiliki fungsi tersebut biasa disebut catok rambut multitasking. Jadi, jika Anda yang hoby gonta-ganti model rambut lurus, keriting, dan gelombang ada baiknya Anda memilih catok rambut ini. Hal itu bertujuan agar mengurangi dampak panas yang dapat merusak rambut Anda.

7. Sesuaikan Dengan Budget Anda

Catok rambut yang dijual di pasaran dengan harga yang bervariasi. Biasanya semakin canggih dan dilengkapi fitur yang lengkap, catok rambut dibandrol dengan harga yang lebih mahal dari pada catok rambut biasa. Namun, Anda bisa menyesuaikan jenis catok rambut apa yang akan Anda sesuai dengan budget Anda. Jangan terlalu memaksakan diri untuk membeli yang mahal bila Anda tak mampum sebab masih banyak catok rambut yang harganya terjangkau namun dilengkapi fitur dan teknologi canggih.

8. Jangan Tergiur Dengan Harga Murah Dan Promo

Harga murah dan promo mungkin akan menghemat pengeluaran Anda untuk membeli catok rambut. Banyak sekali orang yang khilaf ketika melihat barang promo dan diskon. Namun, alangkah lebih bijaksana jika Anda memperhatikan jenis rambut Anda, fitur yang ada, dan hal-hal yang sudah dijelaskan sebelumnya. Agar selain menghemat pengeluaran Anda tetapi Anda juga menjaga kesehatan rambut Anda. Jika rambut Anda sehat akan menambah rasa kepercayaan diri Anda. Sebab rambut yang sehat pasti indah dan sedap di pandang mata.

Content retrieved from: https://gayarambut.co.id/perawatan-rambut-sebelum-dicatok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *