10 Cara Menata Rambut Keriting dengan Jenius agar Tidak Mengembang

Meskipun mayoritas rambut wanita Indonesia memiliki rambut lurus, namun bagi wanita yang memiliki rambut keriting pasti memiliki masalah untuk menata rambutnya. Bagaimana tidak? Masalah utama bagi pemilik rambut keriting adalah susah di atur, apalagi jika ke daerah yang memiliki kelembapan tinggi. Rambut rasanya banyak keluar-keluar dan mengembang seperti singa.

Mempunyai rambut keriting memang sangat unik. Kamu memerlukan kesabaran dan ketelatenan yang ekstra untuk bisa mendapatkan rambut yang rapi. Kamu memang mungkin akan merasa kesulitan dalam menata dan merawat agar bentuk keritingnya tetap sempurna. Nah, agar rambut keriting kamu menjadi mudah diatur dan tidak keluar-keluar, yuk, simak tips berikut ini.

10 Cara Menata Rambut Keriting dengan Jenius agar Tidak Mengembang

Yuk, tata rambut keriting kamu dengan cara ini dengan mudah.

1. Lapisi Washtafel dengan Plastic Wrap 

Washtafel

Ketika menyisir rambut, pasti kamu sering merasakan banyak rambut rontok yang berjatuhan. Agar kamu tidak perlu lagi membersihkan rambut yang menyumbat saluran air, kamu bisa menggunakan plastic wrap untuk menutupi lubang air sebelum memulai menguraikan rambut kusut, sehingga lubang air tidak mampet akibat rambutmu.

2. Gunakan Sisir Bergigi Jarang

Sisir

Rambut keriting memiliki kecenderungan untuk lebih mudah rontok karena tersangkut di sisir. Nah, untuk mencegahnya, sebaiknya ketika menguraikan rambut yang kusut, gunakan jarimu atau menggunakan sisir yang bergigi besar untuk mencegah rambut menjadi patah dan tetap menjaga bentuk rambut keritingmu.

3. Jangan Sisir dari Akar Rambut

Menyisir rambut

Ketika menyisir rambutmu, sisir rambut dari bawah menuju keatas secara bertahap dibandingkan memulai dari akar dengan satu tarikan langsung. Dengan menyisir bagian bawah rambut, akan lebih mudah untuk menguraikan rambut yang kusut dan meminimalisir kerontokan.

4. Deep Conditioner Rambutmu

Memakai shower cap

Sebelum mandi, sebaiknya aplikasikan deep conditioner ke rambut dan tutup dengan shower cap kemudian lakukan aktivitas mandimu seperti biasa, nantinya uap dari air mandi akan membantu rambut menyerap lebih maksimal vitamin yang terkandung dalam kondisioner.

5. Kondisioner Lalu Sisir

Menyisir rambut

Daripada kamu menyisir rambutmu setelah kering, sebaiknya aplikasikan kondisioner ketika mandi dan segera sisir rambutmu di kamar mandi ketika basah. Pemakaian kondisioner ketika digunakan akan membuat rambut menjadi bebas dari kusut dan tentunya akan lebih mudah disisir.

6. Campurkan Sampo dengan Kondisioner

Membuat sampo dengan kondisioner

Campurkan sedikit sampo kamu yang bebas dari sulfat dengan banyak conditioner (kira-kira komposisi sampo 80%, kondisioner 20%), kemudian aplikasikan ke kepala. Campuran ini berfungsi untuk melembapkan rambut mulai dari kulit kepala dan fokus ke akar karena area ini mengandung banyak minyak. Kemudian bilas dengan air bersih dan biarkan selama beberapa menit. Melalui cara ini, rambutmu akan lembut tanpa menghilangkan minyak rambutmu.

7. Jangan Membilas Bersih Conditioner Kamu

Keramas

Ketika kamu keramas dan menggunakan conditioner, jangan bilas bersih bagian conditioner kamu. Biarkan sisanya menempel sedikit pada rambut kamu. Hal ini akan membuat rambut keriting kamu ter-moisturizing dengan lebih baik dan tidak membuat rambut keluar-keluar.

8. Keringkan Menggunakan Kaos

Mengeringkan rambut

Untuk mencegah kusut dan rambut megar, gunakan kaos untuk mengeringkan rambut. Handuk menyerap terlalu banyak air dari rambut yan dapat membuat rambut keriting menjadi lebih megar. Lembutnya bahan kaos juga dapat membantu melembutkan rambut keritingmu.

9. Cepol Rambut

Cepol rambut

Jangan menunggu rambut kamu untuk kering terlebih dahulu untuk menguncirnya. Sambil menunggu rambut kering, cepol seluruh rambut keatas untuk mencegah bentuk keriting menjadi “jatuh” yang akan membuat rambut menjadi kaku.

10. Minyak Kelapa

Minyak kelapa

Minyak kelapa dapat kamu gunakan sebagai bahan deep conditoner sebelum keramas. Untuk rambut yang sangat kering, oleskan lebih banyak minyak kelapa pada bagian ujung rambut untuk mendapatkan rambut yang lebih berkilau.

Itu dia cara merawat rambut keriting, ladies! Memiliki rambut keriting memang lebih banyak dibutuhkan perawatan dibandingkan rambut lurus namun tidak bisa dipungkiri kalau rambut keriting terlihat lebih unik terlebih jika rambut keritingmu berkilau sempurna!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Masalah Rambut Sekarang